5 Tanda Kamu Udah Butuh Me Time. Istirahat Dulu ya Dari Tumpukan Pekerjaanmu~

tanda butuh me time

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kamu tentu pernah merasa lelah dan jenuh dengan segala tekanan dan tuntutan yang diberikan. Baik itu dari teman, rekan kerja, ataupun keluarga sendiri. Hal itu mungkin bisa berupa kerjaan yang menumpuk, konflik yang belum terselesaikan ataupun tanggung jawab lain yang harus dilakukan dengan terpaksa. Semua itu lama kelamaan tentu akan membuat mu stres dan mengganggu pikiranmu setiap harinya. Jika sudah begitu, kamu perlu istirahat sejenak dengan melakukan me time untuk menjernihkan pikiranmu dan menstabilkan emosimu.

Me time adalah kondisi dimana kamu perlu waktu untuk sendiri dengan tujuan merefleksi kan diri tanpa adanya kehadiran orang lain untuk sementara waktu. Dengan demikian untuk mengatasi rasa stres yang kamu alami, kamu tentu perlu mengetahui tanda-tandanya terlebih dahulu. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Advertisement

1. Kamu tidak lagi bersemangat dalam menjalani hari

photo by Joshua Rawson- Harris

photo by Joshua Rawson- Harris via https://unsplash.com

Salah satu tanda kamu sedang mengalami stress adalah kamu tidak lagi bersemangat dalam menjalani hari. Kamu tetap merasa letih dan lelah tidak peduli seberapa banyak kamu tidur. Dalam hal ini, memang fisikmu sudah beristirahat namun hatimu tentu merasakan kegelisahan yang kamu pendam berhari-hari. Hal itu tentu saja mempengaruhi suasana hatimu sehingga kamu tidak bersemangat lagi untuk menjalani hari. 

2. Susah tidur di malam hari

photo by Ben Blennerhasset

photo by Ben Blennerhasset via https://unsplash.com

Ketika kamu mengalami stress, kamu tentu tidak bisa tidur dengan baik di malam hari. Segala masalah yang ada di pikiranmu tidak kunjung hilang walaupun kamu sudah mencoba untuk memaksa tidur. Dalam hal ini, ada baiknya kamu perlu melakukan meditasi ataupun mendengar lagu yang bisa menenangkanmu sebelum tidur. Hindarilah bermain gadget apapun agar kamu terhindar dari segala pikiran yang membuatmu gelisah. Dan cobalah tidur dan beristirahat untuk mengisi kembali energimu.

3. Merasa lelah ketika bertemu orang banyak

photo by whoislimos

photo by whoislimos via https://unsplash.com

Jika di tengah keramaian atau sedang berkumpul dengan teman-temanmu kamu mulai merasa letih dan malas untuk memulai obrolan, bisa jadi kamu memang butuh untuk me time. Dalam kondisi seperti ini, yang kamu butuhkan adalah luangkan waktu untuk diri sendiri dan beristirahat sejenak dari keramaian. Jangan memaksakan diri untuk bertemu dengan orang jika memang kamu sedang membutuhkan istirahat. Coba lah untuk memberi pengertian kepada orang terdekatmu bahwa kamu ingin istirahat dan menjernihkan pikiran dulu. Dengan melakukan itu, mereka pasti memahaminya. Karena kamu perlu memberi ruang sejenak untuk dirimu sendiri.

4. Tidak bisa fokus dalam hal apapun

photo by Nik Shuliahin

photo by Nik Shuliahin via https://unsplash.com

Ketika kamu sedang stress dan banyak pikiran, hal ini akan membuatmu tidak bisa fokus dalam mengerjakan apapun. Pikiranmu tidak bisa sepenuhnya tertuju pada apa yang sedang kamu kerjakan. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan dan tuntutan yang diberikan orang lain padamu, sehingga kamu terus memikirkannya. Tidak jarang ini membuatmu gelisah dan  menghantui pikiranmu setiap harinya. 

5. Mudah marah dan emosi

Advertisement
photo by Icon8teams

photo by Icon8teams via https://unsplash.com

Saat kamu sedang stress, emosi mu akan cenderung tidak stabil. Selain itu, kamu juga akan mudah untuk melampiaskan amarahmu tanpa peduli waktu dan tempat. Hal ini terjadi saat kamu tidak bisa berpikir jernih lagi karena terlalu lama menahan tekanan dan beban pikiran. Jika sudah begitu, tentu hal tersebut akan merugikanmu dan orang disekitarmu. Cobalah untuk mengambil waktu sejenak dengan menenangkan diri sendiri dan carilah udara segar untuk sementara waktu. 

Nah itu dia 5 tanda kamu sedang mengalami stress dan perlu banget melakukan me time. Cobalah memberi waktu dan ruang untuk diri sendiri karna dirimu juga berhak untuk bahagia dan hidup dengan nyaman. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE