Berbicara mengenai Britania Raya atau United Kingdom (UK) maka begitu banyak yang dapat dijabarkan. Mulai dari budaya yang multikultur, sejarah, hingga tempat tempat destinasi wisata yang menarik di sana. Ketika punya kesempatan untuk melancong kesana, maka jangan sampai lupa untuk sekedar mampir dan menikmati berbagai tempat yang ada di UK. Tempat-tempat yang bisa menunjukkan bukti bahwa kamu sebenarnya memang pernah ke sana.

Selain bisa menambah foto-foto hasil fotografimu, dengan menjelajah ke berbagai tempat di UK akan meningkatkan pengetahuanmu tentang negara Ratu Elizabeth ini. Mulai dari gemerlap dan megahnya bangunan kota yang modern hingga wisata alam dan sejarah yang lengkap di UK.

1. Big Ben

Big Ben

Big Ben via http://pexels.com

Tempat yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi kita. Setiap acara acara yang mengupas tentang UK apalagi khususnya kota London pastinya tak ketinggalan menampilkan Big Ben sebagai ikonnya.

Big Ben sendiri memiliki ketinggian sekitar 96, 3 meter. Dibangun ketika zaman Ratu Elizabeth II dan selesai dibangun pada tahun 1859. Sebenarnya nama aslinya bukanlah Big Ben seperti yang kita kenal sekarang, melainkan nama asli bangunan ini adalah The Clock Tower. Big Ben sendiri merupakan nama lonceng yang terdapat di dalam bangunan ini.

2. Tower Bridge

Tower Bridge or London Bridge

Tower Bridge or London Bridge via http://pexels.com

Advertisement

Tower Bridge atau London Bridge namaya kalau kita sering main monopoli pasti tahu. Dibagun selama selama 8 tahun mulai dari tahun 1886 hingga 1894. Desain jembatan ini sendiri menggabungkan dua jenis desain yaitu jembatan angkat dan gantung.Dengan panjang 244 meter, para pengunjung yang sedang melewati jembatan ini akan disuguhkan pemandangan indah kota London dan sungai Thames. Disini pula setiap tahunnya aka nada event Towet Bridge Exhibition yang memperkenalkan sejarah pembangunan Tower Bridge.

3. Tower of London

Merupakan sebuah kastil bersejarah yang terletak di pusat kota London. Tempat ini juga merupakan situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO. Jika kamu berkunjung kesini maka kamu dapat melihat mahkota permata kerajaan Britania Raya. Selain itu, bagian bangunan dari Tower of London yang juga terkenal adalah menara putih. Menara putih terdiri dari tiga lantai dan di dalamnya kamu akan mendapati kapel St. John. Nuansa ala arsitektur abad pertengahan sangat kentara akan kamu temukan di sini.

4. Buckingham Palace

Buckingham Palace

Buckingham Palace via http://timeout.com

Mari sempatkan sejenak menginjakkan kaki di lantai istana kerajaan inggris. Buckingham Palace merupakan istana yang merupakan kediaman ratu inggris. Serta berbagai kegiatan keneragaraan lainnya juga dilaksanakan di istana ini. Di sini pula kamu akan menemukan prajurit penjaga dengan pakaian merah dan topi panjangnya itu.

Advertisement

Selain Itu, pada Bulan April hingga Juli, akan ada atraksi “Changing of the Guard”, pertunjukkan arak arakan atau pawai seperti marching band akan dibawakan oleh para penjaga yang akan menambah kemeriahan ketika berkunjung ke sana.

5. Edinburgh Castle

Kastil Edinburgh

Kastil Edinburgh via http://ilovehdwallpaper.com

Kalau bicara soal UK yang sangat kental dengan raja dan ratu, maka tak lengkap bila tidak ada kastil yang menyertainya. Salah satu kastil yang terkenal di dataran UK adalah Ediburgh Castle atau Kastil Edinburgh. Tepatnya di Edinburgh, Skotlandia, kastil ini bediri tegak di atas bekas gunung berapi. Dan jika kamu tepat berkunjung saat malam tahun baru, maka kamu juga akan disuguhkan oleh kemeriahan kembang api yang diluncurkan langsung dari tempat ini.

6. Westminster Abbey

Westminster Abbey

Westminster Abbey via http://wallpapersafari.com

Westminster Abbey merupakan geraja yang penting di UK yang terletak di London. Di gereja ini pula penobatan raja atau ratu inggris raya. Westminster Abbey juga dipenuhi oleh makam makam dan tugu tokoh tokoh terkenal Britania, sebut saja Isaac Newton, David Livingstone dan Ernest Rutherford. Di sini pulalah berlangsung pernikahan antara Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011 silam.

7. Blackpool Pleasure Beach

Blackpool Pleasure Beach

Blackpool Pleasure Beach via http://blackpool.inlacs.com

Taman bermain Blackpool Pleasure Beach merupakan taman bermain yang terbaik di Britania tepatnya berada di Blackpool. Seperti kebanyakan taman bermain lainnya, kamu akan menemukan berbagai wahana yang sangat menarik untuk dicoba. Bahkan ada 10 roller coaster yang bisa kamu coba di sini. Big One merupakan salah satu roller coaster dengan panjang lintasan mencapai lebih dari 1 km dan ketinggian sekitar 71 meter.

8. Stonehenge

Jika kamu termasuk pecinta hal hal yang berbau misteri dan sejarah, maka destinasi yang satu ini cocok untukmu. Stonehenge merupakan sebuah kumpulan batu batu dengan pola melingkar. Diperkirakan Stonehenge dibangun pada zaman perunggu. Terletak di Wiltshire barat laut Salisbury. Stonehenge juga merupakan situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Banyak cerita mengenai asal muasal dan sejarah Stonehenge sendiri, dari hal yang paling mistis seperti pembangunannya dibantu oleh para setan atau di karenakan sihir dari Merlin, seorang penyihir dalam legenda raja Arthur.

9. Lake District

Lake District merupakan taman nasional yang terletak di wilayah Cumbria, sebelah barat laut Inggris. Kawasan taman nasional Lake District ini didominasi oleh panorama pegunungan serta hutan dan tentu saja sesuai namanya akan ada danau danau yang siap menentramkan perjalanan kamu. Setidaknya ada sekitar 21 danau yang terdapat di kawasan ini.

10. 221B Baker Street

Bagi kamu penggemar tokoh detektif fiktif Sherlock holmes, maka kamu pastinya sudah taka sing lagi dengan 221B Baker Street. Ya , 221B Baker Street merupakan kediaman dari Sherlock Holmes, beserta sahabatnya John Watson. Sesuai dengan cerita Sherlock Holmes di novelnya, letak tempat ini juga berada di London, tetapi fungsinya bukan sebagai kediaman melainkan sebuah museum yang di peruntukkan bagi kamu Sherlockian dan para pengunjung yang penasaran dengan sosok Sherlock Holmes sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya