Surabaya merupakan kota paling sibuk nomor dua setelah Jakarta. Seperti yang kita tahu kalau kota ini juga menjadi jantung pemerintahan dari provinsi Jawa Timur. Kota surabaya terletak di pantai utara pulau Jawa atau terletak 796 km sebelah timur Jakarta, atau 415 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. 

Kota surabaya mempunyai wilayah yang luasnya mencapai 350,54 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 2.765.487 jiwa (2010). Dan hal ini yang menjadikan surabaya menjadi kota metropolitan yang berada di wilayah tersebut. Tidak hanya itu, Surabaya juga mempunyai julukan yang melegenda yang sudah banyak orang ketahui, apalagi kalau bukan sebagai kota Pahlawan.

Pada zaman dahulu, kota Surabaya menjadi bukti akan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan adanya peristiwa 10 November, dan menjadi salah satu pertempuran yang besar. Kota Surabaya ternyata tidak hanya terkenal sebagai kota Pahlawan, kota ini juga dikenal sebagai kota pariwisata oleh masyarakat sekitar.

Karena kota Surabaya mempunyai tempat wisata yang dikelola dengan cukup baik, dan hal inilah mampu membuat masyarakat tertarik untuk mengunjunginya. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang berada di Surabaya bisa kamu kunjungi bersama keluara. Yuk, simak!

1. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Taman Bungkul via http://broncksbeer.com

Taman Bungkul merupakan sebuah taman yang berada di Jalan Raya Darmo, Surabaya. Awal mula penamaan taman ini yaitu beredar kisah ada seorang penyebar agama Islam yang berada di Surabaya dan sekitarnya, tokoh tersebut bernama Ki Ageng Supo.

Advertisement

Yang mendapat gelar Sunan Bungkul dan pada akhir hayatnya. Sunan Bungkul yang disemayamkan di belakang taman ini dan sekarang menjadi tempat religius untuk diziarahi oleh para peziarah.

2. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark via http://google.com

Ciputra Waterpark adalah tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat wisata ini terletak di kawasan Made, kecamatan Sambikerep, kota Surabaya, provinsi Jawa Timur. Dengan wahana yang menarik yang membuat daya tarik bagi pengunjung agar betah berlama-lama di tempat wisata Ciputra Waterpark.

3. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam via http://broncksbeer.com

Nah bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah, kamu dapat berkunjung ke museum kapal selam ini.
Dulunya kapal selam ini menjadi kapal selam KRI dengan nama KRI Pasopati 410. Kapal buatan Uni Soviet ini menjadi andalan TNI Angkatan Laut pada tahun 1952.

4. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran via http://google.com

Advertisement

Seperti yang kita tahu kalau letak geografis Surabaya memang langsung berbatasan dengan laut Jawa.
Oleh karena itu, di sini ada pantai yang memiliki pemandangan yang cukup bagus. Namanya pantai Kenjeran, bagi kamu yang sangat suka dengan pantai, kamu dapat berkunjung ke sini. Apalagi harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu sebesar Rp.15.000 per-orang.

5. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya via http://broncksbeer.com

Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dituju oleh para wisatawan. Terutama para wisatawan lokal yang memang mencari tempat berlibur yang murah akan tetapi memiliki manfaat yang cukup besar.

Salah satu manfaat yang bisa kita nikmati dari kebun binatang adalah kita bisa dengan mudah mengenalkan berbagai macam jenis binatang kepada buah hati kita. Apalagi jika anak kita masih berusia dini dan belum begitu mengetahui nama-nama hewan yang ada di Indonesia.

Yuk, segera rencanakan destinasi wisata ke Surabaya bareng keluarga kamu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya