Menjadi seorang CEO tentu saja tidak hanya dibekali dengan kemampuan dan bakat alami kamu yang seorang pemimpin apalagi hanya karena mengandalkan dirimu yang seorang turunan bangsawan pemilik konglemerasi perusahaan besar. 

Setidaknya inilah empat bidang ilmu yang perlu kamu miliki untuk mendukung karirmu menjadi seorang CEO hebat sekelas para chaebol di korea selatan. 

 

1. Politik

Dir Cha Muwon. Protect the boss via http://google.com

Bukan hanya karena kamu terjun di dunia pemerintahan saja harus punya ilmu pengetahuan dibidang ini. Menjadi seorang yang berkiprah dalam dunia bisnis juga harus memiliki kemampuan ini.

Karena sudah tentu bahwa kondisi sosial dan politik akan mempengaruhi sebuah kebijakan. Ini akan berkaitan seluruhnya dengan hubungan kemanusiaan yang menyangkut hidup orang banyak, Sebuah peraturan atau pengambilan keputusan dalam perusahaan pun bisa tiba-tiba berubah karena mengikuti kondisi dari suhu dan isu politik serta gejolak sosial suatu negara.

2. Hukum

Hakim Kang. Remember via https://www.google.co.id

Advertisement

Tidak Harus memiliki kemampuan mendetail tentang ini. Bagi Seorang CEO mempelajari sebuah hukum erat kaitannya dengan aspek legal juga peraturan lainnya yang akan mempengaruhi stabilitas keamanan perusahaan dan bisnisnya.

3. Ekonomi

Hyde and Jekyll via https://www.google.co.id

Ini cabang Ilmu yang sepatutnya wajib kamu miliki. Karena bisnis adalah hal dimana kamu sedang berada dalam lingkaran perputaran arus ekonomi. Perusahaan dan bisnis adalah elemen yang terdapat di dalamnya.

4. Administrasi

Manajer Choi Joon-Gi. High Society via https://www.google.co.id

Ini adalah ilmu yang paling mendasar . Berkaitan dengan ilmu kepemimpinan atau leadership. Bagaimana seorang pimpinan harus lebih memahami dan mengetahui fungsi dan struktur sebuah organisasi perusahaannya. Karena tidak jarang ada seorang pimpinan yang gagal menjalankan perusahaannya hanya karena tidak memahami pola manajemen atau administrasi yang rapi.

5. Melihat secara makroskopis

Direktur Chang Soo. High Society via https://www.google.co.id

Advertisement

Lalu, apakah dengan memiliki ke empat bidang ilmu ini kamu dijamin sukses menjadi seorang CEO? jawabannya hanya tergantung dari diri kamu sendiri. Penulis buku laris dan pakar pengembangan diri Korea, Yo-seb Ko menjabarkan dalam bukunya yang berjudul Samsung Savior . How The Prodigal Son Turned The Electronical Industry's Biggest Joke Into Its Biggest Success. Seorang Pimpinan Samsung Group . Lee Kun-Hee , mempelajari ke empat bidang ilmu tersebut hanya dari kebiasaanya yang membaca surat kabar setiap hari. Dan semua orang juga bisa melakukan hal yang sama. Namun kenapa Lee bisa menjadi seorang CEO yang sukses, adalah karena dia memiliki kemampuan memersepsi manajemen dengan pandangan makroskopis dari keempat bidang tersebut. Karena kebanyakan orang tidak membaca surat kabar dari perspektif seorang CEO. Mereka tidak mampu memersepsi hubungan antara hukum, politik, ekonomi dan administrasi dalam kaitannya dengan manajemen perusahaan. Jadi meskipun kamu memiliki keempat bidang ilmu pengetahuan ini, hal yang harus tetap kamu lakukan adalah mampu memersepsikannya dengan pola pikir seorang CEO.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya