Ikan merupakan salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Nah tahukah kalian ternyata ikan ikan tersebut tidak semuanya berasal dari Indonesia. Berikut 5 jenis ikan yang banyak dikonsumsi dan daerah asalnya.

1. Ikan Mas

Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Selain itu "ikan mas punten" dan "ikan mas majalaya" merupakan hasil seleksi di Indonesia.

Ikan ini banyak disukai masyarakat Indoonesia, selain karena kandungan proteinnya cukup tinggi rasa daging ikan Mas juga enak dan gurih bahkan pada beberapa daerah di Indonesia, ikan Mas kerap di sajikan dengan bumbu spesial dan menjadi masakan khas.

2. Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele via http://duniaterpal.com

Advertisement

Asal-usul dan Penyebaran Lele, Lele merupakan ikan tanpa sisik yang dapat ditemukan di perairan tawar di dua benua, yaitu di Benua Afrika dan Asia. Ikan ini memiliki nama internasional sama dengan ikan patin dan baung, yaitu catfish. Dinamakan catfish karena ikan ini mempunyai sejumlah kumis yang cukup panjang, mirip kumis yang dimiliki kucing.

Kalian sudah pernah makan ikan lele? Rasanya memang mantap. Apalagi sekarang hampir semua warung makan menyediakan menu ikan lele.

3. Ikan Nila

Bibit Ikan Lele

Bibit Ikan Lele via http://minasejahtera.com

Ikan nila melakukan migrasi secara alami dari habitat aslinya di Sungai Nil di Uganda (bagian hulu Sungai Nil) ke arah selatan melewati Danau Raft dan Tanganyika hingga ke daerah Mesir (sepanjang Sungai Nil). Ikan nila juga terdapat di Afrika tengah dan bagian barat.

Advertisement

Populasi terbanyak ditemukan di kolam-kolam ikan di Chad dan Nigeria. Dengan adanya campur tangan manusia ikan nila telah tersebarluas ke berbagai daerah hinggga saat ini, mulai dari Benua Afrika, Eropa, Australia, Amerika, dan Asia.

4. Ikan Gurame

Ikan Gurame

Ikan Gurame via http://pixabay.com

Gurami merupakan ikan asli Indonesia, tepatnya berasal dari perairan daerah sunda ( Jawa Barat, Indonesia ). Kemudian ikan ini menyebar ke Malaysia, Thailand, Ceylon, dan Australia. Ikan berbentuk pipih lebar ini hidup di air tawar yang tidak mengalir.

5. Ikan Bawal

Budidaya Ikan Bawal

Budidaya Ikan Bawal via http://duniaterpal.com

Ikan Bawal banyak terdapat di Lautan Hindia selain terdapat juga di Afrika, Malaysia dan Jepang. Ikan Bawal hidup dan berenang secara bergerombol. Bawal sering juga ditemukan beriringan dengan udang di dasar laut. Namun ada yang menyebutkan ikan ini berasal dari Hawaii.

Nah itulah daerah asal masing masing ikan yang sering dikonsumsi orang Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya