Ternyata Keajaiban Dunia Tak Hanya Ada Tujuh, Tapi Delapan

Ada satu keajaiban dunia yang terlupakan dan tidak ada di daftar. Apa itu?

Dalam sampul belakang buku RPUL semasa saya bersekolah SD Nampak gambar gambar bangunan beserta nama keteranganya. Tujuh keajaiban dunia begitulah judulnya. Mungkin tak hanya dari sampul belakang RPUL saja, beberapa buku yang mengulas ilmu pengetahuan umum biasanya juga menyertakan gambar gambar dari tujuh keajaiban dunia.

Oh iya yang belum tahu atau lupa apa itu RPUL karena sudah terbiasa menggunakan Wikipedia maka saya akan beritahu apa itu RPUL sebernya. RPUL adalah singkatan dari Ranngkuman Pengetahuan Umum Lengkap. Isinya beragam mulai dari nama-nama ibukota provinsi di Indonesia, sebaran peta flora dan fauna hingga mata uang dari berbagai negara. Sebut saja Wikipedia offline.

Kembali kepada tujuh keajaiban dunia yang sudah kita ketahui bersama, ternyata daftar tersebut tak merangkum semua keajabain dunia. Ada satu keajaiban dunia yang terlupakan dan tidak ada di daftar. Sebelum itu mari mengetahui segala hal mengenai ketujuh keajaiban terlebih dahulu sebelum mengetahui keajaiban satunya yang tertinggal.

 

1. Tembok Besar Tiongkok

tembok besar Tiongkok

tembok besar Tiongkok via http://pexels.com

Advertisement

Merupakan tembok terpanjang yang dibuat oleh manusia. Dibangun pada masa Dinasti Qing, Han dan Ming yang secara berkala diperluas hingga mencapai panjang 8.000 km lebih seperti sekarang. Konon katanya, saking panjang dan besarnya tembok ini dapat dilihat dari luar angkasa sekalipun.

Tetapi jangan buru buru untuk langsung berangkat ke bulan, karena ternyata isu tersebut tidaklah tepat. Tembok ini tidaklah terlihat dari luar angkasa, sama sekali tidak.

 

Advertisement

2. Machu Picchu

Machu Picchu

Machu Picchu via http://pexels.com

Sebuah situs sejarah peninggalan suku Inca. Terletak di Negara Peru dan diperkiran dibangun pada tahun 1450 M. Machu Picchu merupakan situs peradaban suku Inca yang tinggal di dataran tinggi Peru. Setelah terbengakalai ber-abad abad karena ditinggalkan oleh penduduknya dengan cara misterius, situs Machu Picchu kembali muncul ke dunia setelah diketemukan oleh arkelog pada tahun 1911. Sebuah peradaban yang kembali ditemukan.

 

3. Petra

Advertisement
Petra

Petra via http://pixabay.com

Berlanjut dari Amerika Selatan menuju gersangnya pasir di Asia Barat. Sebuah bangunan megah nan indah terpahat rapi pada sebuah bukit di Negara Yordania. Bangunan itu bernama Petra. Menurut sejarah, nama Petra sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti batu. Dulu, sekitar tahun 300-an SM di mana bangunan ini dibangun, merupakan ibu kota dari Nabatea.

Pada saat itu Petra begitu ramai karena menjadi salah satu rute perdagangan dunia sebelum akhirnya dikuasai kerjaan Romawi tahun 106 M

4. Chitzen Itza

Chitzen Itza

Chitzen Itza via http://pixabay.com

Peradaban maya yang terkenal dengan ilmu kalendernya yang membuat dunia ini hampir kiamat juga mempunya peninggalan bersejarah. Pada masanya, bangunan luar biasa ini menjadi pusat kebudayaan dan ekonomi suku Maya. Juga menjadi tempat ritual dan pengorbanan.

Pembangunannya pun begitu menakjubkan dengan berbagai perhitungan astronomi. Contohnya saja jumlah tangga pada piramida adalah 365 atau sesuai dengan jumlah penanggalan kalender masehi.

5. Colosseum

colloseum

colloseum via http://pexels.com

Bentuknya menyurapai stadion olahraga hanya saja mungkin olahraga yang dilakukan zaman dulu sangat berbeda. Dibangun pada tahun 72 M di Roma. Jika kamu bertanya tanya dimanakah para gladiator yang tangguh itu bertarung maka di Colosseum lah tempatnya. Juga menjadi saksi kengerian berbagai pertunjukkan berdarah lainnya.

Pada malam hari maka kamu akan menemukan gemerlap cahaya emas yang terpancar dari lampu pada Colloseum. Sebagai simbol penghapusan hukuman mati di dunia.

6. Taj Mahal

taj mahal

taj mahal via http://pexels.com

Sebuah romantika melatarbelakangi dibangunanya banguna indah ini. Jika kamu penggemar sinetron India, kamu pastinya tahu alasan kenapa raja Mogul saat itu yaitu Shah Jahan membangunnya. Memang terkadang kekuatan kasih sayang begitu besar.

Memang ada beberapa versi sejarahnya, tetapi pastinya lebih suka yang tadi kan? Dibangun pada tahun 1632 dan dihiasi dengan ornament ornament kaligrafi didalamnya. Bukti bahwa cinta itu abadi. Halah.

 

7. Patung Yesus Penebus

Christ the redeemer

Christ the redeemer via http://pixabay.com

Memiliki tinggi hingga 38 meter dan berdiri kokoh di atas puncak gunung Corvocado. Seakan menegaskan perlindungan kasih dari Sang Kristus kepada manusia. Dibangun mulai tahun 1922 dan selesai pada Oktober 1931. Menjadi landmark kota Rio de Jeneiro dan tentunya tak perlu peta untuk menuju kesana karena saking besarnya.

 

8. Kamu

kamu, iya kamu

kamu, iya kamu via http://pexels.com

Keajaiban terakhir dan kadang terlupakan adalah kamu. Lihatlah dirimu, kamu begitu berharga, indah, cantik, rupawan, cerdas, baik hati dan banyak keajabain lainnya melekat pada dirimu. Memiliki visi kedepan yang panjangnya melebihi tembok besar cina, memiliki cita cita tinggi melebihi Machu Picchu, mempunyai kebermanfaatan ilmu seperti Suku Maya, mempunyai tekad tangguh bagai gladiator Colosseum, keindahan diri yang terpancar mengalahkan indahnya Taj Mahal dan juga kasih yang tak terbatas anugerah dari Tuhan.

Maka itulah kamu layak disebut keajaiban. Nggak usah malu malu, senyum aja nggak papa kok.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang yang menatap langit yang sama denganmu