Tidak Perlu Bersedih Jika Mengalami Kegagalan. Pahamilah 5 Hal Ini Agar Kembali Bangkit

Kegagalan pasti pernah dialami oleh banyak orang.

Kegagalan pasti pernah dialami oleh banyak orang. Kamu dan aku pasti pernah merasakan kekecewaan dan keputusasaan yang ditimbulkan olehnya. Kegagalan memang membuat kita terpuruk. Apalagi kalau kegagalan tersebut terjadi berulang kali. Namun, kalau hidup hanya diisi oleh hal-hal yang menyenangkan, hidup tidak akan pernah menarik untuk dijalani.

Tuhan menciptakan kebahagiaan, di saat yang sama ia juga menciptkan kegagalan agar kita tahu bahwa kebahagiaan dan kegagalan bagaikan saudara yang saling melengkapi satu sama lain.

Kegagalan tak selamanya buruk. Kalau kegagalan membuat kita terpuruk berlama-lama, itu karena kita tak mau untuk meyakini bahwa Tuhan Semesta Alam tidak memberikan kesulitan melampui kemampuan kita untuk menjalaninya.

Guys, janganlah terus bersedih dengan kegagalan yang kamu alami. Cobalah pahami 5 hal ini agar kamu bisa kembali bangkit.

Advertisement

1. Tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Kegagalan yang menimpamu saat ini adalah bagian dari Rencana Tuhan

Kegagalanmu adalah bagian dari rencana-Nya

Kegagalanmu adalah bagian dari rencana-Nya via https://www.pexels.com

Mungkin kamu merasa sedih akan kegagalan yang kamu sedang alami. Tak apa. Itu adalah manusiawi. Setiap orang juga tidak mau gagal. Luapkanlah segala emosi dan rasa yang ada dalam dirimu. Menahannya hanya akan membuatmu semakin rapuh. Tetaplah percaya bahwa apapun yang menimpamu adalah bagian dari rencana-Nya.

Ingatlah bahwa Tuhan berkuasa atas bumi dan langit. Kamu mungkin tidak tahu rencana Tuhan dibalik kegagalanmu. Percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi hambanya.

Advertisement

2. Yakinlah bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik. Jangan pernah menyalahkan dirimu sendiri apalagi membandingkan diri dengan orang lain

Jangan menyalahkan dirimu akan kegagalan yang kamu alami

Jangan menyalahkan dirimu akan kegagalan yang kamu alami via https://www.pexels.com

Menyalahkan diri bukanlah obat penenang kegagalan. Sebaliknya, itu akan racun yang merusak dirimu sendiri. Ingatlah bahwa kamu sudah berusaha, terlepas dari apapun hasilnya.

Banggalah pada dirimu sendiri bukan berdasarkan hasil yang kamu dapatkan, tapi pada bagaimana kamu bisa melangkah dalam proses-proses yang membentuk dirimu yang sekarang.

Dan yang penting, jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Ingatlah bahwa kamu adalah apa yang kamu pikirkan, bukan apa yang dipikirkan orang lain.

Advertisement

3. Hidup bukanlah sebuah pertandingan. Hidup adalah sebuah perjalanan yang harus dilalui dan dimenangkan oleh dirimu sendiri

Hidup adalah sebuah perjalanan bukan pertandingan

Hidup adalah sebuah perjalanan bukan pertandingan via https://unsplash.com

Ingatlah bahwa hidup ini bukan sebuah pertandingan atau perlombaan. Kamu tidak perlu pusing dengan siapa kamu beradu untuk menjadi yang terdepan. Kamu tak perlu menjadi yang lebih dulu agar bisa dipuji. Kamu tak perlu menjadi yang tercepat agar dielu-elukan. Berlarilah bersama dirimu sendiri. Belajarlah bersama dirimu sendiri.

Capailah garis finish dengan dirimu sendiri. Akan ada banyak persimpangan dalam setiap perjalanan, yang akan membuatmu lelah dan ragu, bahkan salah jalan. Tetapi, selama kamu terus berusaha dan belajar menikmati hidupmu, akan selalu ada akhir yang bahagia dalam setiap perjalanan.

4. Jangan pernah berhenti berharap. Semenyedihkan hidup, lebih menyedihkan orang yang hidupnya tak punya pengharapan

Jangan berhenti berharap

Jangan berhenti berharap via https://www.pexels.com

Teruslah berusaha, pelajarilah setiap kesalahan dan jangan pernah berhenti berharap. Jika besok kamu berharap masih bisa hidup, maka hiduplah dalam harapan itu. Jika kamu berharap suatu saat akan berhasil, hiduplah dalam harapan itu. Sekecil-kecilnya sebuah harapan, itu dapat mengubah kehidupanmu.

5. Lihatlah lebih dalam, mungkin ada pintu yang terbuka bagimu yang kau abaikan. Ambil dan cobalah itu

Lihatlah lebih dalam, mungkin ada pintu yang kau abaikan

Lihatlah lebih dalam, mungkin ada pintu yang kau abaikan via https://www.pexels.com

Seringkali kamu tidak menyadari bahwa mungkin kamu terlalu focus pada sesuatu yang tidak ditakdirkan untukmu. Sehingga kamu lupa bahwa ada pintu yang masih terbuka untukmu. Cobalah melihat lebih dalam, jangan sampai ada pintu-pintu yang kau abaikan. Sekarang, waktunya kau mencoba untuk masuk ke pintu-pintu tersebut.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE