6 Tips Agar Riasan Wajah Nggak Gampang Luntur Saat Kondangan. Tetap Bisa Cetar Seharian~

tips make up tahan lama

Selain menggunakan gaun atau dress yang anggun dan menarik perhatian, dandanan yang serasi juga adalah poin penting yang harus diperhatikan kala datang ke kondangan. Saking pentingnya, banyak dari kita yang mungkin ingin sekali riasan pada wajah bisa bertahan dengan lama. Terutama kalau menghadiri resepsi pernikahan di luar ruangan alias out door.

 

Kalau salah pake trik make up, bisa-bisa yang ada malah riasan jadi acak-acakan karena luntur terkena keringat. Bukannya jadi cetar, malah bikin mood turun, dong! Eits, tapi jangan khawatir dulu! Untuk membuat riasan wajah bertahan lama sebenarnya nggak terlalu susah, kok. Apalagi kalau kulitmu sudah kamu rawat dengan baik, pingin make up tahan seharian pun bukan jadi angan-angan belaka.

Nah biar kamu nggak nunggu terlalu lama, berikut tips-tips menjaga make up tetap awet dan cetar seharian ala MUA profesional.

Advertisement

1. Tips agar riasan wajah saat kondangan jadi tahan lama

pic by Murilo Simoes by Pixabay

pic by Murilo Simoes by Pixabay via https://www.pexels.com

Tips kali ini diambil dari diskusi langsung penulis dengan rekan Make Up Artist (MUA) sendiri, namanya Azmi Arifudin (23th). Meski tergolong masih baru, Azmi ini sudah dikenal karena kelihainnya merias wajah seseorang. Nggak perlu ditanya lagi deh, gimana hasil makeup-nya, jelas bagus banget. Azmi sebenarnya cara membuat riasan wajah bertahan lama tidaklah terlalu ribet. Menurutnya ada beberapa tahapan saja yang perlu dilalui, yang bakal diulas dengan jelas di bawah ini.

2. Pastikan kamu sering dan teratur merawat kulit wajah

Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels

Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels via https://www.pexels.com

Merawat kulit wajah, nggak cuma menjadikannya sehat dan cantik. Melainkan bisa berpengaruh terhadap hasil akhir riasan wajah yang kita kenakan, lo. Hal ini dikarenakan kulit wajah yang sehat akan membantu produk menyerap lebih cepat ke dalam kulit. Sehingga akan membuatnya bertahan lebih lama dan tidak mudah luntur.

Advertisement

3. Gunakan toner dan moisturizer

Dokumentasi Pribadi Mash Moshem Indonesia

Dokumentasi Pribadi Mash Moshem Indonesia via https://mashmoshem.co.id

Kedua step ini sangat krusial dan nggak boleh kamu lewatkan begitu saja. Cara pemakaiannya juga enggak bisa sekaligus, ya. Melainkan mulai dari toner dahulu, kemudian menggunakan moisturizer. Beri jeda sekitar 2 menit agar produk dapat terserap dengan sempurna dalam kulitmu.

Penggunaan pelembab sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan kulit. Apalagi jenis riasan wajah yang digunakan saat kondangan cenderung berat, dan berpotensi membuat kulit jadi kering. Nggak hanya itu, dengan menggunakan pelembab menurut Azmi, riasan wajah bisa bertahan lama.

4. Menggunakan primer

Advertisement
pic by lookstudio via freepik

pic by lookstudio via freepik via https://www.freepik.com

Setelah memakai pelembab dan mendiamkannya beberapa saat, kini langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan primer. Penggunaan primer ini terbilang penting karena bisa menjaga keadaan kulit wajahmu supaya tidak mudah kering atau bahkan berminyak kala siang hari.

Pemakaian primer tidak akan mengganggu fungsi dari moisturizer yang telah kamu gunakan sebelumnya. Sebaliknya, primer bisa membuat riasan wajahmu jadi lebih awet.

5. Gunakan foundation sesuai dengan jenis kulitmu

Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels

Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels via https://www.pexels.com

Yang dimaksud jenis kulit di sini bukan cuma warnanya, ya. Melainkan kondisi kulit wajah kamu, apakah berminyak, normal, atau bahkan kering.

Bagi pemilik kulit berminyak mungkin susah menemukan foundation yang cocok. Terlebih kalau ingin hasilnya bisa bertahan lama dan mampu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Hal ini bisa kamu atasi dengan menggunakan foundation yang mempu memberikan coverage tinggi. Dengan begitu pori-pori wajah akan dapat tersamarkan dan produksi minyak di wajah bisa lebih dikontrol.

Sementara bagi pemilik kulit kering pilihlah foundation dengan coverage yang tipis. Azmi menambahkan bahwa agar kulit tetap terhidrasi, ada baiknya untuk menggunakan foundation dengan formula krim yang cair, ringan dan berbahan dasar air.

Sementara untuk kulit yang cenderung normal, kamu bisa lebih bebas memilih jenis produk foundation yang kamu inginkan. Namun tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi wajahmu, ya. Jangan asal pakai juga.

6. Pakai produk kosmetik waterproof

Foto oleh Anderson Guerra dari Pexels

Foto oleh Anderson Guerra dari Pexels via https://www.pexels.com

Nah, yang ini kegunaannya udah jelas banget, dong. Formula waterproof ini membuat riasan wajah kamu bertahan lebih lama. Mau kena keringat, cipratan air hujan, atau apapun itu, dijamin riasan wajahmu bakalan aman.

Asal, jangan mudah menyentuh wajah kamu. Misalnya diam-diam gatal pingin garuk mata, garuk pipi atau bagian lainnya. Yang pasti bikin riasan wajahmu hilang dan mudah luntur.

7. Akhiri dengan setting spray

pic by Mash Moshem Indonesia via Dokumentasi Pribadi

pic by Mash Moshem Indonesia via Dokumentasi Pribadi via https://mashmoshem.co.id

Langkah akhir ini bisa dikatakan menjadi kuncinya kosmetik bisa bertahan dengan lebih lama. Pasalnya, setting spray berguna untuk mengunci make up di wajah kita. Hal inilah yang kemudian membuat riasan wajah kita bisa bertahan lama dan selalu cetar.

Lebih lanjut Azmi mengungkapkan, kalau menyukai cara-cara klasik, kamu bisa menggunakan es batu sebagai kompres wajah. Tapi tentunya hal ini dilakukan di awal langkah ya.

Penggunaan es batu sebagai kompres wajah ini, bertujuan agar kosmetik dapat terkunci dengan baik. Juga supaya pori-pori wajah jadi lebih kecil, sehingga bisa menekan produksi minyak berlebihan. Dengan demikian riasan wajah dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Nah, itu adalah tips-tips yang bisa kamu praktikkan agar riasan wajahmu bisa bertahan lama. Alhasil, tampilanmu akan selalu cetar, bahkan sampai acara kondangan yang dihadiri sudah mencapai akhir.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE