THR Sudah Cair? Berikut Ini 4 Tips Agar THR Berumur Panjang

tips mengatur THR

Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan hal yang selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia ketika hari raya Idul Fitri. Khususnya generasi milenial dan  generasi Z yang masih menjadi target penerima THR.

Namun, acap kali kita terlena dalam menggunakan THR yang seharusnya dapat dimanfaatkan lebih baik. Kecenderungan kita menghabiskan uang hanya sebatas kesenangan semata tanpa memikirkan manfaatnya, menimbulkan rasa penyesalan di akhir yaitu merasa bingung akan perginya uang kita yang tidak jelas peruntukkannya.

Advertisement

1. Membuat To-do-list rencana pengeluaran

Ilustrasi menulis To-do-list

Ilustrasi menulis To-do-list via https://www.canva.com

Kira-kira THR tahun ini akan kamu gunakan untuk apa? Belanja barang baru? Jalan-jalan? Atau ditabung? Agar tidak bingung, kamu perlu menulis to-do-list, dengan begitu anda dapat lebih mudah mengukur skala prioritas.

Pentingnya membuat to-do-list juga dapat kamu terapkan tidak hanya saat mendapatkan THR di hari raya, tetapi dapat kamu praktikkan saat mendapat gaji bulanan.

Advertisement

Kamu juga dapat mengatur keuangan dengan menggunakan skala persentase. Misalnya anda menyisihkan dana sebanyak 40% dari gaji untuk kebutuhan pokok, 30% untuk biaya melepas penat seperti nongkrong dengan teman, dan 20% kamu tabung untuk biaya darurat.

2. THR: Tetap Harus Reasonable

Pilihan reasonable atau unreasonable

Pilihan reasonable atau unreasonable via https://www.canva.com

Jangan mentang-mentang dapat suntikan dana, membuat kamu semena-mena dalam menggunakan THR. Akan lebih baik THR digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi oleh gaji.

Contohnya, hindari membeli barang-barang yang kurang penting, seperti barang branded yang menghabiskan biaya sampai puluhan juta, atau menghabiskan waktu untuk makan di restoran dan kafe-kafe mahal.

Lebih baik kamu membeli bahan makanan dan berkreasi sendiri di rumah, selain dapat menghemat pengeluaran, kamu juga bisa membangun hubungan keluarga menjadi lebih dekat.

3. Bandingkan Harga

Menghemat

Menghemat via https://www.canva.com

Jika memang ingin belanja, pastikan kamu selalu membandingkan harga sebelum membeli barang. Barang yang sama seringkali berbeda harga ketika telah sampai di pasaran. Contohnya minyak goreng akan berbeda harga antara dijual di pasar dengan di supermarket, maka rajin-rajin lah untuk membandingkan harga.

Namun ketika kamu memang ingin berbelanja di supermarket, jangan lupa untuk melihat potongan harga, atau memakai voucher yang kamu miliki.

4. Ingat-ingat tabungan yang menipis!

Di masa pandemi saat ini sebaiknya THR ditabung sebagai dana darurat atau diinvestasikan. Hal ini sangat penting karena kita tidak bisa memprediksi kapan musibah akan datang. Dana darurat seringkali dilupakan, padahal keberadaannya sangat membantu kamu ketika kondisi sedang rumit.

Selain itu, kamu juga dapat menginvestasikan THR dengan berbagai cara. Seperti bermain saham, membeli emas, atau diinvestasikan dengan membeli tanah atau properti. Walaupun hasilnya tidak bisa dilihat secara langsung, tetapi hasilnya akan sepadan di lain waktu.

5. THR: Telah Habis Lebaran

Ilustrasi ibadah

Ilustrasi ibadah via https://www.canva.com

Jika THR sudah habis, maka menandakan hari raya juga sudah selesai. Terasa sedih bukan? belum tentu Idul Fitri selanjutnya dapat kita jalani sebaik tahun ini. Maka dari itu, jadikan THR sebagai pengingat anda agar semakin kuat menjalani ibadah. Jangan sampai ibadah yang sebelumnya telah kamu jalani sia-sia begitu saja karena anda terlalu boros menggunakan THR.

Memang tidak mudah untuk mengatur pengeluaran, apalagi jika lingkungan sekitar mendukung kita untuk berperilaku boros. Tetapi dengan niat yang baik dan sikap disiplin terhadap diri sendiri, pasti anda dapat menjalaninya, yang terpenting ketika anda merasa boros, coba ingat-ingat lagi kebutuhan lain yang belum terpenuhi.

Semoga tips di atas bisa membantu anda untuk mengatur THR agar panjang umur ya, Selamat lebaran!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE