Pada paham nggak sih gaes kalo jadi ibu rumah tangga atau bahasa bekennya full time mother itu adalah tugas yang paling menguras energi? Buat yang belum menikah mungkin kalian bisa bilang “Ah masa sih? Nyokap gue nyatanya santai-santai aja” tapi buat kami semua itu butuh perjuangan. Pernah kan gaes denger cerita macem-macem tentang khasus kejiwaan sampai tindakan kriminal yang pelakunya bu ibu rumahan. Yes, itu semua memang mungkin bisa terjadi pada siapa saja karena hidup sebagai ibu itu benar-benar penuh dengan gejolak terutama gejolak emosi nih gaes. Apalagi bagi mereka yang baru saja menyandang status baru sebagai sosok ibu di masa post partum.

Kok bisa begitu sih? Ini personal banget jadi nggak bisa digeneralisasikan penyebabnya. Nah, tugas kita adalah memberikan mereka waktu untuk bicara, waktu untuk dirinya dan ruang untuk berkarya. Well, salah satu aktivitas yang tak hanya menjadi me time namun memberikan banyak keuntungan bagi seorang ibu rumah tangga adalah dengan ngeblog. Mereka bisa tetap berkarya dari mana saja.

1. Jadi media terapi jiwa

Sebagai seorang ibu, aku juga pernah mengalami berbagai gejolak jiwa dan emosi yang terkadang membuatku merasa putus asa dan butuh meluapkan semuanya. Namun, tidak semua ibu bisa melakukannya, ibu-ibu introvert macam aku gini terkadang susah untuk bicara, mereka lebih nyaman mengungkapkan rasa lewat tulisan.

Advertisement

Nah, dari ngeblog aku bisa mengurangi kegelisahan dan tingkat stress dalam diri ini. Ini bisa menjadi terapi untuk mengembalikan energi positif yang sempat redup. Nulis di blog meskipun hanya sekedar curhat keseharian anak-anak, bagiku dapat memberikan manfaat besar terutama kepada kesehatan jiwaku. Karena lagi-lagi lewat tulisan aku dapat meluapkan segala perasaan, mengurangi beban di otak dan menjadi diri yang baru.

Selain menjadi me time terbaik bagi diri sendiri, menulis juga dapat memberikan manfaat kepada sesama jika memang dituangkan dengan bahasa yang baik dan mengandung energi positif.

2. Sebagai kelas untuk belajar

Tidak dipungkiri lagi bahwa menjadi blogger artinya kita telah masuk dalam sebuah kelas belajar yang baru, di mana didalamnya banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dengan cuma-cuma. Ngeblog dapat terus melatih kemampuan kita dalam menuangkan ide melalui tulisan yang baik. Menjadi jalan bagi kita untuk menghasilkan karya-karya yang dapat kita bagikan kesesama.

Advertisement

Bukan hanya belajar merangkai kata-kata hingga menjadi sebuah naskah tetapi kita bisa belajar tetang cara bersikap, belajar menghadapi berbagai isu sosial, politik maupun agama yang semuanya tidak pernah bisa jauh dari kehidapan sehari-hari.

3. Membuat jejak kehidupan

Kalian tau nggak gaes kalau dengan ngeblog ternyata kita juga membuat sebuah jejak kehidupan yang kelak tidak hanya dikenang tetapi bisa dinikmati oleh anak cucu kita.

Di era digital seperti saat ini kita tidak akan kesulitan dalam mendokumentasikan dokumen apapun termasuk jejak hidup sehari-hari. Namun, jika tidak pandai-pandainya mengelola hari dan menyimpannya maka dijamin hari-hari kita akan terlewat begitu saja. Memang sih dengan smartphone canggih saat ini, segala sesuatu dapat kita dokumentasikan lewat gambar/foto. Tapi, tau sendiri kan berapa sih kapasitas memori penyimpanan terbesar yang ada? Tentunya semua pasti butuh backup.

Nah, lewat blog bisa menjadi media untuk menyimpan seluruh dokumentasi kehidupan kita. Selain mudah diakses, juga dapat kita selipkan narasi dari gambar sesuai dengan kisah nyatanya yang dikemudian hari dapat kita baca-baca kembali sebagai pengingat. Blog tidak akan pernah mati selama terus kita perpanjang domain dan hostingnya.

4. Menambah teman atau koneksi

Kalau menurutku ini sangat penting, karena koneksi adalah salah satu tangga untuk mencapai kesuksesan. Melalui blog  bisa mengenal banyak orang dengan berbagai keahlian yang mereka miliki. Melalui komunitas blogger, ibu-ibu dapat memperoleh berbagai informasi tidak hanya terbatas pada urusan digital tetapi juga dengan berbagai aspek kehidupan. Ribuan blogger secara cuma-cuma membagikan keahlian mereka, ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan skill.

Memiliki banyak teman berbagi juga tentu saja menambah dukungan untuk menjadi ibu yang sehat secara jasmani dan rohani. Selain berbagi tetang dunia blogging kita bisa saling berbagai dalam urusan parenting. Masalah parenting adalah salah satu hal yang selalu menjadi pikiran utama seorang ibu.

5. Menambah penghasilan ibu rumah tangga

Konsistensi kita dalam menulis blog akan selalu mendapat penghargaan lho gaes, minimal akan mendatangkan income. Blog yang sudah banyak pengunjungnya pasti diminati sama iklan-iklan, afiliasi, atau sponsor yang ingin namanya disebut di blog.

Keuangan sering sekali menjadi penyebab berbagai masalah yang muncul dalam kehidupan seorang ibu rumah tangga. Gaji suami yang habis dibagi-bagi untuk kebutuhan rumah tangga, biaya sekolah anak, dan tabungan membuat ibu tak lagi kebagian untuk kepentingan pribadinya. Nah, asyik kan kalau ibu rumah tangga bisa menghasilkan income sendiri melalui blog, jadi bisa dialokasikan untuk kebutuhan pribadinya.

Yuk, ibu-ibu mulai berkarya demi menjaga kewarasan kita. Tak perlu menunggu jadi terkenal karena sekarang #SemuaBisaJadiPenulis.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya