Berkomunikasi adalah hal yang selalu kita lakukan setiap harinya sebagai mahluk sosial yang berinteraksi, tetapi tidak jarang dan sering kita tidak sadari sudah sampai dimana kita melakukan komunikasi dalam kesehariannya. Apakah kita merasakan ada hal yang salah dalam berkomunikasi, atau apakah kita pernah bertanya apakah orang lain yang berkomunikasi dengan kita telah merasakan hal yang baik atau merasa nyaman dengan pola komunikasi yang terjalin dengan kita. Beberapa hal yang membantu dalam Patron berkomunikasi akan di tawarkan sebagai berikut.

1. Pengertian Komunitas

Kata communication (komunikasi) memiliki akar kata yang sama dengan community (komunitas) dari kata latin , communio (persekutuan). Dalam hal ini komunukasi tidak terutama masalah tehnik melainkan terutama menyangkut hubungan seseorang dengan Tuhan, diri sendiri dan sesama manusia. komunikasi mencakup tugas panggilan membangun hubungan sehat dengan sesama melalui perjumpaan, keterlibatan, komunikasi verbal dan non verbal yang meneguhkan.

2. Spiritualitas

jpg.merpati via http://Spirit.com

Spiritualitas yang tangguh merupakan dasar komunikasi yang membangun dan meneguhkan komunitas.Dengan spritualitas yang tangguh kita juga tidak akan mau membius diri dengan mimpi mimpi yang ditawarkan di tv dan berbagai media lainnya. Kita juga akan menyikapi segala peristiwa kehidupan dalam terang iman kristiani. Spiritualitas kristiani mengarahkan kita fokus kepada tuhan dan mewujudkan kehendakNya.

3. Bahagiah Dengan Diri Sendiri

Advertisement

bahagia via http://bahagia.com

Yang membuat seseorang tidak bahagia bukan terutama karena ia kekurangan seseuatu atau karena memiliki sesuatu kekurangan, tetapi karena melihat orang lain memiliki sesuatu yang tidak ia miliki serta menginginkannya. Ketidak bahagiaan akan serta merta mencerminkan diri seseorang. Ketika seseorang bersifat pahit, justru karena itulah yang ia miliki di dalam hatinya. Atau, ketika seseorang bersikap manis kepada orang lain bisa saja karena seseorang itu ingin memberi kesan kepada orang lain, ia mungkin amat tergantung pada apa yang orang pikirkan tentang dirinya. ia pun menjadi robot yang dilengkapi dengan remote control yang dikendalikan oleh orang lain, seperti pimpinan, pengikut, klien langganan atau tetangga.

Di antara yang paling dibutuhkan untuk dapat berkomunikasi secara sehat dan menjadi berkat seseorang perlu memahami, menerima, dan mengasihi diri sendiri. mengasihi diri sendiri berbeda dengan selfish pementingan diri sendiri. Tuhan mengasihi kita karena itu kita mesti mengasihi yang Tuhan kasihi.

4. Penghargaan Tulus atas Keberadaan Sesama Manusia.

toleransi via http://toleransi.com

sikap hormat kita kepada allah merupakan bentuk sikap hormat kita kepada orang lain. salah satu bukti rasa hormat kita kepada allah adalah dengan menghargai sesama manusia karena semua dan setiap orang yang berharga di mata Allah rasa hormat kita kepada Allah dan penghargaan kita atas harkat sesama manusia ikut menentukan kualitas komunikasi kita dengan sesama. meskipun kita tidak terlibat dalam suatu percakapan dengan orang lain, tetapi jika kita mengasihi nya, itu jauh lebih baik ketimbang kita melempar senyum dan menyapa dengan kata kata lembut ketika kita sedang menipunya. yang disebut terakhir ini bisa saja kita alami ketika kita berhadapan dengan seseorang yang mempromosikan sebuah produk tertentu. yang berbicara dengan lembut kepada kita disertai senyuman yang menawan padahal niat hati hanya untuk meraup untung sebesar besarnya tanpa peduli apakah produk yang ditawarkan yang baik atau tidak.

5. Cinta dan Kasih

cinta kasih via http://cintakassih.com

Diatas semua itu rangkaian dalam interaksi sosial yang terjadi akan semakin manis dan natural terjadi adanya jika kita hidup dalam cinta kasih sebagai buahnya komunikasi yang baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat, dan pemerintahan.