Kesehatan dan kecantikan adalah elemen penting untuk mempertahankan kepercayaan diri terutama bagi seseorang wanita. Bagi anda yang pernah mengalami masalah pada salah satu elemen tersebut pasti bisa membuat kepercayaan dirimu berkurang.

Tetap semangat ya dan tetap percaya diri, masih ada 1001 cara untuk tetap tampil cantik dan sehat. Berbicara mengenai elemen kecantikan, menurut survei yang pernah dilakukan oleh penulis. Salah satu elemen kecantikan yang membuat rasa percaya diri berkurang adalah jerawat dan komedo.

Apakah benar?

1 dari 10 wanita menjawab iya. Lalu apa saja yang perlu diketahui mengenai jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang muncul ditandai dengan bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh. Umumnya terjadi di wajah. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Penyebab jerawat bermacam-macam.

Bisa jadi karena perubahan kadar hormone karena usia, siklus menstruasi dan masa kehamilan. Perubahan hormone tersebut berdampak pada kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut di kulit. Sebum tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Jerawat memang tidak bisa disepelekan apalagi jika sudah meradang. Perlu penanganan khusus agar tidak menimbulkan stress berkepanjangan dan depresi bagi penderita. Umumnya jerawat berangsur-angsur pulih selama 3 minggu. Meskipun penanganannya terbilang lama tapi disini saya akan berbagi tips bagaimana mengobati jerawat tanpa waktu yang lama dengan bahan alami. Berikut adalah tips cantik dan sehat alami ala saya :

1. Hindari Stress

No Stress

No Stress via http://google.com

Stres adalah pemicu naiknya hormone yang terdapat di dalam tubuh. Tak khayal jika penderita sedang stress hormone akan naik. Naiknya hormone merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat. Jadi, jika tidak ingin berjerawat berpikirlah sekedarnya saja, tak perlu berlebihan.

2. Konsumsi air putih yang cukup

Segelas Air Putih

Segelas Air Putih via https://google.com

Dengan cukup mengkonsumsi air putih maka dapat terhindar dari dehidrasi dan dapat mencerahkan wajah. Konsumsi air putih yang cukup (tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan), karena konsumsi air putih baiknya disesuaikan pada aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, jenis kelamin dan kondisi kesehatan per masing-masing individu.

Advertisement

Kurang konsumsi air putih menyebabkan berbagai gejala masalah tubuh lainnya seperti dehidrasi. Dengan konsumsi air putih yang cukup sesuai kebutuhan maka dapat membantu menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh, tubuh fit, membuat wajah cerah.

3. Rutin bersihkan wajah

Ritual Membersihkan Wajah

Ritual Membersihkan Wajah via http://google.com

Aktivitas sehari-hari membuat kotoran menumpuk di wajah apabila tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori dan membuat sebum pada wajah. Hal tersebut dapat memicu bakteri Propionobacterium acnes berkembang dengan cepat.

Bakteri ini penyebab jerawat, bakteri ini juga melepaskan semacam zat iritan yang akan mengiritasi kulit. Efek dan iritasi inilah yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak, di samping itu juga menyebabkan timbulnya nanah di balik kulit.

4. Masker jeruk nipis

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis via http://google.com

Advertisement

Bukan mitos bahwa jeruk nipis memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan terutama untuk wajah. Fungsinya antara lain dapat mengobati jerawat, mengurangi flek hitam, membersihkan komedo, menghilangkan komedo, menyamarkan bekas jerawat, mencerahkan jerawat, mengencangkan kulit.

Jeruk nipis mengandung antioksidan, kaya vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5. Selain itu, asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Berikut adalah tips untuk menggunakan masker jeruk nipis.

Cara praktis untuk menghilangkan jerawat dan komedo serta mencerahkan wajah antara lain :


  1. Siapkan satu buah jeruk nipis sebelum tidur

  2. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian hingga menjadi ½ bagian

  3. Cuci bersih wajah sebelum menggunakan masker

  4. Usapkan setengah bagian jeruk nipis tadi ke seluruh wajah

  5. Tunggu hingga pagi hari

  6. Sisa bagian yang lain dapat digunakan untuk jus jeruk nipis sebagai multivitamin dan menjaga kebugaran tubuh.

  7. Pagi harinya, basuh wajah dengan air untuk menghilangkan sisa masker jeruk nipis

  8. Rasakan kekencangan dan halusnya kulit wajah anda.

5. Olahraga Teratur

Berolahraga

Berolahraga via http://google.com

Panen jerawat dan komedo, bukan berarti malas berolahraga. Kutipan "mensana in corpore sano" sebaiknya tetap diterapkan untuk menjaga kesehatan dan membuat wajah cerah merona. Karena wajah cerah merona dambaan setiap wanita.

6. Pupuk rasa percaya diri

Percaya diri menjadi kunci utama agar tetap tampil cantik, meskipun anda menggunakan pakaian teranggun dan make up bak putri raja namun jika anda masih kurang percaya diri maka kecantikan yang dimiliki tidak akan terpancar. Jadi, apapun kondisimu tetap pupuk rasa percaya diri. Panen komedo dan jerawat, yakinlah akan ada obat untuk membasminya.

Nah, itu tadi sekedar tips untuk mengatasi kepercayaan diri yang pupus akibat jerawat dan komedo. Dengan rutin memakai masker jeruk nipis maka jerawat berkurang, komedo berkurang, kulit kencang dan halus. Selain itu, badan pun bugar setelah minum jus jeruk nipis sebelum tidur.

Silahkan dicoba, dengan rutin menggunakan masker jeruk nipis, kurang lebih dalam seminggu jerawat saya hilang tanpa bekas dan komedo pun tidak ada. Cara ini menurut saya terbilang praktis dan cepat namun tetap dengan konsep back to nature (kembali ke alam).

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya