Tipe-Tipe Orang Dalam Puasa Ramadhan

Yuk dipilih, kamu tipe yang mana nih

Pada bulan Ramadhan banyak sekali orang-orang yang menjalani puasanya dengan kebiasaan-kebiasaanya. Banyak sekali ciri-ciri atau prilaku yang orang habisakan untuk menghabisakan waktu puasanya untuk hal-hal yang mereka sukai. Orang-orang yang berbeda dareah pasti juga memiliki cara mereka sendiri untuk menantikan azan magrib. Dalam bulan Ramadhan pasti banyak orang yang menghabisakan waktunya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, tetapi tidak semua orang melakukan kegiatan-kegiatan yang baik tetapi juga ada orang yang melakukan hal-hal yang kurang mendapatkan pahala atau bisa dikatakan puasanya cuman dapat lapar saja. Disini saya akan memberikan contohnya tipe-tipe orang puasa Ramadhan.

Advertisement

1. Ada yang selalu melihat jam, ada juga yang tidur berjam-jam

Photo by JEESHOOT on Pexels

Photo by JEESHOOT on Pexels via https://www.pexels.com

Tipe orang yang melakukan puasa saat Ramadhan yang pertama adalah selalu melihat jam, tipe-tipe orang yang seperti ini akan terus memperhatikan jam dan akan sering bertanya-tanya kapan buka puasa. Orang yang seperti ini merupakan orang yang kurang memanfaatkan bulan Ramadhan senngan baik, dikarenakan orang itu cenderung tidak sabaran karena selalu melihat jam. Selain itu orang yang seperti ini akan mendapatkan sedikit pahala dalam puasanya.

Tipe orang kedua adalah tidur terus berjam-jam hingga mendekati waktu untuk berbuka puasa. Orang seperti ini cenderung tidak akan mendapatkan pahala puasa dikarenakan dia tidak melakukan aktivitas apapun dan tidak menambah pahala, meskipun ada yang berpendapat tidur pada saat bulan Ramadhan itu mendapat pahala, akan tetapi malah tidak mendapatkan pahala, bisa dapat mungkin cenderung kecil pahalanya.

Advertisement

Selain itu tidur berjam-jam tidak baik buat Kesehatan, contohnya adalah bisa terkena obesitas, sakit kepala, nyeri punggung, diabetes, kematian.

2. Si produktif dan si santai

Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels

Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels via https://www.pexels.com

Tipe orang berpuasa dalam Ramadhan selanjutnya adalah orang yang belajar saat puasa. Orang yang belajar pada saat menjalankan puasa Ramadhan akan mendapatkan pahala yang banyak, dia juga dapat meningkatkan kecerdasaanya dan akan melatih fokusnya. Orang yang berpuasa akan cenderung lebih fokus ketika belajar. Dalam puasa Ramadhan belajar adalah sebuah kegiatan yang baik untuk dilakukan sambal menantikan azan magrib.

Advertisement

Tipe yang ke empat yaitu adalah main game, pada saat berpuasa main game adalah hal yang paling enak dilakukan karena orang yang bermain game yang disukai akan cenderung bermain hingga lupa waktu dan lupa dengan keadaan sekitar. Bermain game juga bisa menyulut emosi atau berkata kasar ketika memainkan game tersebut.

Apabila bermain bersama teman-teman, main game juga bisa menyebabkan pertengkaran ketika kedua pemain saling mengalahkan adan apabila salah satu tidak menerima kekalahan mereka bisa berkelahi dan menyebabkan puasanya tidak berjalan dengan lancar. Puasa dalam keadaan tersebut malah bisa membatalkan puasanya dikarenakan emosi. Main game dalam puasa tidar di anjurkan tetapi boleh dilakukan asalkan tetap bisa menggunakan waktunya dengan baik.

3. Kerja dan puasa tetap jalan, atau kerja aja yang jalan?

Photo by Pixabay on Pexels

Photo by Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Tipe berpuasa yang ke lima adalah bekerja. Orang tua diluar sana pasti bekerja pada saat bulan Ramadhan ataupun bukan pada bulan Ramadhan karena sudah seharusnya orang tua bekerja dan mencari urang untuk keluarganya. Akan tetapi, biasanya pada saat bulan ramadhan para orang tua melalaikan kewajibanya untuk puasa dan untuk melaksanakan shalat.

Bahkan terkadang ada yang bekerja dan tidak melaksanakan kewajibanya untuk menjalankan puasa Ramadhan atau tidak berpuasa, orang seperti ini akan merugi dan malah akan mendapatkan dosa karena melalaikan apa yang menjadi kewajibanya.

Tipe orang yang ke enam adalah tidak berpuasa. Pasti terdapat orang yang seperti ini tidak melaksanakan kewajibanya malah mereka terlihat senang karena bisa makan dan minum, orang yang seperti ini akan mendapatkan banyak dosa karena bisa membujuk orang lain untuk membatalkan puasanya dan juga bisa menjadi pemicu orang lain untuk membatakan puasanya.

Biasanya orang yang tidak menjalankan puasa pada saat bulan Ramadhan mereka juga jarang untuk melakukan shalat lima waktu, mereka akan mendapatkan dosa dan mereka akan memiliki untang berpuasa dan shalat yang harus mereka kerjakan dan harus lunas.

4. Para pencari pahala dan berkah di bulan Ramadhan

Photo by RDNE Stock Project on Pexels

Photo by RDNE Stock Project on Pexels via https://www.pexels.com

Tipe yang terakhir orang berpuasa pada saat bulan Ramadhan adalah mengaji dan mencari banyak pahala, mereka akan cenderung ingin mendekatkan diri kepada sang pencipta. Mereka akan membaca Quran untuk menghabiskan waktunya sambal menunggu buka puasa, mereka juga akan melakukan banyak kebaikan-kebaikan agar puasanya dapat lebih baik dan mendapat banyak pahala. Orang yang seperti ini pasti mendapatkan banyak pahala dan mereka tidak menyia-nyiakan bulan yang penuh rahmat ini.

5. Kalau kamu tipe yang mana?

Photo by Ahmed Aqtai on Pexels

Photo by Ahmed Aqtai on Pexels via https://www.pexels.com

Seperti itulah tipe-tipe orang yang melakukan puasa yang sering saya jumpai pada saat bulan Ramadhan. Kalau kamu tipe yang mana nih waktu bulan Ramadhan? Bisa konsisten untuk puasa satu bulan atau ada yang bolong-bolong nih puasanya?

Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan penuh makna dimana setiap umat muslim berbondong-bondong mencari kebaikan, mencari pahala, dan mencari ketenangan. Jadi, manfaatkanlah bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya dan carilah pahala sebanyak-banyaknya ya! Karena pada bulan ini mudah sekali untuk mendapatkan pahala. Jangan sia-siakan bulan Ramadhan ini karena belum tentu pada Ramadhan selanjutnya kita masih hidup, jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain dan jangan menyia-nyiakan waktu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE