1. Kondisi kendaraan jangan lupa di cek!

Cek kendaraan pribadimu!

Cek kendaraan pribadimu! via http://jeepservices.co.za

Gak mau kan, kendaraan mu tiba-tiba mogok ditengah jalan, dan menghambat perjalananmu sewaktu mudik. Oleh sebab itu, kamu harus periksa kendaraanmu dengan benar, mungkin bisa dimulai dari rem mobil, ini salah satu bagian yang paling vital, dan sangat berbahaya apabila sampai terlupakan.

Kemudian kamu bisa cek kondisi ban, apabila ban sudah mulai alus, lebih baik langsung diganti, agar perjalananmu nyaman dan aman. Pengecekan kendaraan harus dengan teliti, apabila ada bagian kendaraan yang rusak misalnya lampu tidak bisa menyala, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

Dan cek ulang lagi sebelum berangkat untuk memastikan kendaraanmu layak jalan. Jangan lupa juga SIM dan STNK wajib dibawa.

2. Kondisi kendaraan sudah prima, jangan lupakan soal kesiapan kondisi badanmu!

Saat tidak sehat, lebih baik jangan berkendara.

Saat tidak sehat, lebih baik jangan berkendara. via http://magyarborokhaza.hu

Saat kondisi kendaraan sudah dipastikan layak jalan, sekarang faktor paling utama adalah kondisi tubuh kita sendiri. Jangan pernah memaksakan berkendara dalam kondisi tubuh yang tidak fit, karena ini akan membahayakan diri kamu sendiri.

Apabila kondisi tubuh sudah fit, kamu baru boleh melakukan perjalanan mudik ini, dan apabila disaat perjalanan kamu mengalami rasa ngantuk atau kelelahan, segera mungkin untuk beristirahat sejenak, bisa di rest area, atau di tenda-tenda yang telah dipersiapkan dipinggiran jalan. Intinya kamu tidak boleh memaksakan diri saat tubuh dalam kondisi yang kurang baik.

3. Jangan berlebihan membawa barang.

Bawa barang seperlunya.

Bawa barang seperlunya. via http://travelwideworld.com

Jangan mentang-mentang kamu mudik, kamu bisa bawa barang sebanyak mungkin! Ini sangat tidak dianjurkan, selain akan mempersempit ruang kendaraan yang kamu naiki, ini juga bisa menambah beban mobil menjadi berlebih dan mengakibatkan bahan bakar bisa cepat habis. Bawa barang secukupnya dan jangan lupa untuk membawa bekal makanan, minuman dan obat-obatan.

4. Ingat, selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Patuhi aturan lalu lintas!

Patuhi aturan lalu lintas! via https://upload.wikimedia.org

Lebaran adalah moment yang istimewa untuk umat muslim, apalagi untuk orang yang sedang berada di perantauan. Moment seperti ini adalah moment yang sangat dinanti-nanti. Apalagi kamu telah bekerja dari pagi-siang-malam dan sudah dipastikan tidak sering bertemu mungkin orang tuamu, sodara dan kakek nenekmu.

Rasa ingin cepat-cepat bertemu selalu ada. Jangan pernah sekalipun mengabaikan rambu-rambu lalu lintas! Gunakan sabuk pengaman dan melajulah dengan hati-hati jangan terburu-buru, agar kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang kamu sayangi.

5. Satu hal yang tak kalah penting! Pertimbangkan baik-baik waktu berangkat.

Pilih waktu yang tepat untuk mudik lebaran.

Pilih waktu yang tepat untuk mudik lebaran. via https://upload.wikimedia.org

Perhitungkan waktu berangkat, karena ini akan memakan perjalan yang cukup lama apabila kamu tidak memilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik. Hindari puncak arus mudik, karena ini akan membuatmu kesal saat terjebak di kemacetan yang begitu panjang. Mungkin bisa jauh-jauh hari sebelum lebaran sudah melakukan perjalan.

Mau mudik di pagi hari ataupun malam hari tergantung dari diri sendiri, apabila ingin melakukan mudik dipagi hari, pastikan AC mobill berjalan dengan baik, karena saat siang datang, kamu tidak kepanasan didalam mobil dan kamu juga bisa melihat keindahan alam yang telah diberikan Tuhan untuk kita semua. Tapi jika kamu ingin melakukan mudik siang hari, kamu sudah pasti tidak akan kepanasan dan harus ekstra hati-hati!

Pemudik yang melukukan perjalan di malam hari biasanya sering kali melaju kendaraannya dengan cukup kencang dan yang terakhir adalah jangan sampai kamu mengantuk. Lakukanlah perjalanan dengan hati-hati tak perlu buru-buru, karena ada orang-orang yang menyayangimu yang sedang menanti kehadiranmu disana.

Manfaatkan waktu berharga ini untuk bisa melakukan kegiatan bersama-sama. Selamat mudik guys :) Semoga perjalananmu menyenangkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya