Agar Belajar di Rumah Tetap Menyenangkan, Lakukan Cara Ini!

Tips Belajar di Rumah Tetap Seru

Pandemi COVID-19 masih terus meningkat di Indonesia, meskipun sudah memasuki fase NEW NORMAL, namun masih terdapat beberapa pembatasan dalam melakukan kegiatan seperti bekerja dari rumah untuk beberapa perusahaan masih diberlakukan. Selain itu, aktivitas belajar mengajar di sekolah juga masih belum dijalankan, sehingga proses pembelajaran dilakukan via online dengan memanfaatkan media seperti google classroom, youtube, dan lainnya yang dapat menunjang proses pembelajaran.

Belajar dari rumah awalnya memang menyenangkan, akan tetapi lama-lama menjadi membosankan karena aktivitas yang dilakukan hanya itu-itu saja. Maka dari itu, agar kamu tetap bersemangat dalam menjalani kegiatan belajar dirumah, ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk membuat kegiatan belajar di rumah menjadi tetap seru dan mengasyikan.

Advertisement

1. Mengatur jadwal belajar

Jadwal Belajar

Jadwal Belajar via https://www.pikist.com

Sebagai seorang pelajar, belajar adalah kegiatan yang harus dipenuhi karena berada di rumah bukan berarti kamu sedang berlibur.

Buatlah pengaturan jadwal belajar layaknya jam sekolah seperti biasanya. Lakukan kegiatan belajar dengan mengikuti jam seperti saat berada di sekolah.

Begitu pula dengan jadwal mata pelajaran atau mata kuliah yang harus dipelajari, dimana disesuaikan dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang berlaku.

2. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Suasana Belajar

Suasana Belajar via https://www.pexels.com

Tentukan ruangan khusus untuk belajar di rumah, ciptakan suasana nyaman. Pilih tempat yang tenang dan terhindar dari gangguan seperti suara bising, atau lainnya sehingga kegiatan belajar di rumah menjadi nyaman, lancar, fokus dalam belajar.

3. Membuat jadwal istirahat

Advertisement
Kucing Peliharaan

Kucing Peliharaan via https://satriahewan.com

Terlalu sering belajar juga dapat menciptakan rasa jenuh dan lelah. Maka, cobalah buat pengaturan waktu istirahat selama belajar di rumah. Kamu dapat mengistirahatkan diri sejenak sekitar 15-30 menit setelah belajar selama 1 jam.

Dengan waktu istirahat tersebut kamu dapat menggunakannya untuk me-refresh pikiran dan mengusir penat. Kamu dapat bermain bersama kucing kesayangan atau hewan peliharaan lainnya, mendengarkan musik, olahraga ringan, atau berbaring untuk mengistirahatkan otak.

4. Online meet bersama teman

Video Conference

Video Conference via https://pixabay.com

Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan kamu juga bisa belajar dari rumah bersama dengan teman-teman. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi video conference seperti aplikasi Zoom, Skype, Google Meet, atau aplikasi video conference lainnya.

Selain membuat belajar menjadi lebih seru, kamu juga dapat berbagi materi pembelajaran bersama teman-teman.

5. Menggunakan aplikasi belajar online

Aplikasi Belajar Online

Aplikasi Belajar Online via https://id.caralogis.com

Agar semakin mempermudah dalam melakukan kegiatan belajar di rumah kamu dapat memanfaatkan aplikasi belajar online yang sudah banyak tersedia di Internet.

Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga sudah menyiapkan layanan belajar online gratis untuk anak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas yaitu Rumah Belajar yang dapat di akses melalui laman websitenya di kemdikbud.go.id.

Di mana layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar di seluruh wilayah Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat bacaan seputar hewan di satriahewan.com

CLOSE