Terkadang ketika di tempat yang tinggi kamu takut, cemas bahkan mual itu adalah kondisi psikologis yang dialami seseorang karena pengalaman traumatis, sehingga muncullah ketakutan yang berlebihan. Tingkat ketakutan yang dialami seseorang selalu berbeda-beda. Jika kamu sudah sampai pada tahap muntah, pingsan dan histeris maka di sarankan untuk terapi.

Namun, jika masih sebatas cemas, pusing, dan takut, dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Milikilah Keinginan Untuk Sembuh

Keinginan

Keinginan via http://positifnews.id

Mulailah dari keinginan yang kuat untuk sembuh, dari diri sendiri, jika ini sudah tertanam makan akan menjadi suatu motivasi dan alat untuk berubah. Caranya bisa kamu ingat ingat atau kamu tulis di buku catatan.

2. Kenali Tingkatan Ketakutan

Mengenali Tingkat Ketakutan

Mengenali Tingkat Ketakutan via https://media.beritagar.id

Advertisement

Setelah memiliki keinginan, lalu kenalilah tingkatan ketakutan kamu. Dengan cara misalnya ketika naik gedung di ketinggian berapakah kamu sudah mengalami cemas atau takut. Dengan itu maka kamu bisa tau porsi ketakutan masing-masing.

3. Lakukanlah Relaksasi

Relaksasi Diri

Relaksasi Diri via https://lifestyle.kompas.com

Lakukanlah relaksasi diri misalnya dengan menarik napas sedalam-dalamnya lalu keluarkan perlahan dan lakukan berulang. Tenang dan santai.

4. Melatih Diri

Melatih Diri

Melatih Diri via https://www.insuara.com

Untuk meredam ketakutan, kamu bisa melakukan hal sederhana seperti melihat gedung-gedung tinggi atau menaiki tangga secara bertahap, ingat lakukan secara bertahap dan mintalah orang lain untuk mengawasi.

5. Mencoba Semua Hal di atas Berulang-ulang

Lakukan Berulang-ulang

Lakukan Berulang-ulang via https://bahasteknologi.com

Advertisement

Agar keadaan yang di dapat maksimal, sebaiknya melakukan hal-hal yang di sarankan diatas tidak hanya sekali saja, namun harus dicoba berulang-ulang, agar otak merespon kejadian yang sama dan meminimalisir ketakutan yang berlebih itu muncul kembali

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya