Cara Mudah Mahasiswa Mengerjakan Tugas Kuliah dengan Baik

Keluh Kesah Mahasiswa

Kita para mahasiswa pastinya selalu pusing dengan tumpukan tugas kuliah yang sangat banyak. Apalagi untuk mahasiswa yang sudah memasuki semester tua. Pasti jauh lebih pusing. Di dunia perkuliahan kita tidak akan asing dengan dosen-dosen yang hobi memberikan tugas dadakan disertai deadline yang sangat mepet.

Terlebih jika sudah memasuki waktu ujian semester, pastinya project dan tugas sudah sangat menumpuk. Biasanya dosen yang malas membuat soal ujian rata-rata pasti menggantinya dengan membuat tugas dan itu sangat menyebalkan sekali. Tambah beratlah beban tugas kita. Kitapun pastinya sangat memikirkan bagaimana caranya kita menyelesaikan tugas tersebut dengan baik dan lancar.

Biasanya ide yang sering terlinta di pikiran mahasiswa “Yaudah sih, tinggal copy paste kan gampang. jadi ga perlu susah mikirnya.” Tapi, kita sebagai mahasiswa yang bermartabat, masa iya sih kita harus copy paste terus atau mengerjakan asal jadi aja bahkan bisa jadi malah plagiat. Ya pastinya nggak baiklah ya.

Mungkin kali ini saya akan membagikan cara mudah untuk mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik tanpa harus di cap plagiat.

1. Kumpulkan Niat, Segera Membuat Perencanaan Tugas, dan Jangan Lupa Diawali dengan Doa

 Photo by Ivan Samkov from Pexels

Photo by Ivan Samkov from Pexels via https://www.pexels.com

Mengumpulkan niat itu penting. Tapi harus dibarengi dengan kesungguhan dari diri kita. Jika hanya mengumpulkan niat tanpa ada usaha pastinya tidak akan mulai untuk mnegerjakan. Setelah niat terkumpul langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan atau outline tugas kita.

Semua bisa dimulai kapan saja, entah diwaktu kosong atau waktu yang lainnya. Misalnya kita susun rancangan tugas yang harus dikumpulkan di waktu yang dekat dan semua perencanaan pasti membutuhkan ide. Biasanya ide-ide cemerlang akan datang di waktu yang tak terduga.

2. Singkirkan Para Penghambat/Penghalang

 Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Sering kali tugas kita lama di selesaikan karena adanya faktor-faktor yang menghalangi. Misalnya media sosial. Saran saya saat mengerjakan tugas baiknya semua media sosial kita diistirahatkan dahulu agar kita lebih fokus untuk mengerjakan tugas. Kita ingin tugas kita segera selesai maka dari itu kita harus fokus ada satu titik yaitu tugas.

3. Menggunakan Sumber yang Valid/Jelas

 Photo by Christina Morillo from Pexels

Photo by Christina Morillo from Pexels via https://www.pexels.com

Dalam mengerjakan tugas pastinya kita membutuhkan bahan referensi dari internet. Internet memberikan kita akses, pastikan bila kita mendapatkan sebuah fakta atau konten yang akan kita gunakan untuk menyelesaikan tugas, kita harus mencari tahu dari mana asal fakta atau konten tersebut.

Banyak juga situs-situs atau blog yang berisikan fakta-fakta palsu atau konten bacaan yang tidak jelas asal usulnya. Lebih baik kita cari jurnal jurnal yang di publish oleh kampus di dalam atau di luar negeri yang sudah terpercaya dan berdasarkan hasil riset sebelumnya.

4. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

 Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Photo by Vlada Karpovich from Pexels via https://www.pexels.com

Fokus anda dalam mengerjakan tugas juga sangat berhubungan dengan suasana belajar anda. Jika anda adalah mahasiswa yang tinggal di tempat kost maka kerjakan saat suananya sudah bisa membuat anda nyaman. Terkadang suasana kost bisa tiba-tiba menjadi sangat ribut dan bisa sangat sunyi.

Jika tidak bisa, maka anda bisa mengerjakan di tempat lain. Seperti di taman kampus, perpustakaan dan tempat lain yang bisa membuat anda nyaman. Intinya bahwa kenyamanan anda dalam bekerja sangat penting.

5. Paraphrase

 Photo by Monstera from Pexels

Photo by Monstera from Pexels via https://www.pexels.com

Kita sebagai mahasiswa pernah mendengar istilah paraphrase. Dalam dunia perkuliahan keahlian ini sangat membantu kita dalam mengerjakan tugas. Jika kalian menemukan sebuah artikel atau jurnal yang pas dengan tugas kalian, bacalah artikel atau jurnal itu dengan seksama, pahami materi yang ada di dalamnya dengan cara mengetahui kata kunci atau kalimat penting dalam artikel atau jurnal tersebut. Kemudian tuliskan lagi dengan pemahaman dan opini kita yang kita tangkap dari hasil membaca tadi.

Pastikan kita tidak copy paste hanya untuk memenuhi atau membuat seolah olah tugas kita terlihat banyak. Karena apabila tugas kamu terlihat banyak tapi konten yang kita tulis tidaklah jelas atau plagiat nilai yang kita dapat juga akan buruk.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Regita Dyah Ramadhani, lahir 29 November 2000 di Ponorogo. Saat ini sedang menempuh pendidikan di IAIN Ponorogo dengan Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Hobi menulis, menggambar dan membaca. Profesi saat ini selain menjadi mahasiswi ia juga menjadi Guru di sebuah Madrasah Ibtida'iyyah Negeri di Ponorogo.