Tips Generasi Geprek Kelola Keuangan

Belakangan ini muncul istilah Generasi Geprak. Istilah ini muncul dari cuitan seorang netizen mengenai kondisi yang sedang ia alami. Hal ini bermula ketika seorang netizen menanggapi cuitan tentang ulasan generasi sandwich yang viral beberapa waktu yang lalu dimana ia memiliki penghasilan 40 juta per bulannya. 

Tak jauh berbeda dengan istilah Generasi Sandwich, istilah Generasi Geprek ini juga muncul untuk menyebut orang-orang yang berpenghasilan menengah kebawah akan tetapi pengeluarannya melebihi dari penghasilan yang mereka miliki. Bahkan, tak jarang mereka harus menghadapi kondisi minus setiap harinya.

Sesuai dengan istilahnya, generasi geprek ini layaknya seperti ayam yang digeprek sampai hancur. Dimana ia memiliki pendapatan yang sangat terbatas hingga ia sulit untuk mandiri secara personal maupun finansial. Kondisi ini banyak dialami oleh generasi milenial berusia 20-an tahun ke atas.

Buat kamu yang sedang berada dikondisi ini atau kamu yang termasuk kedalam Generasi Geprek,aku punya beberapa tips supaya kamu bisa mengelola keuangan kamu yang terbatas sehingga bisa mencukupi kebutuhan hidup dan terhindar pelan-pelan dari kondisi minus setiap bulan!

Advertisement

1. Membuat pos khusus pengeluaran pasti terkait dengan kebutuhan

Foto oleh Karolina Grabowska

Foto oleh Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Buatlah daftar atau list kebutuhan pasti setiap bulannya. Dahulukan kebutuhan dibandingkan dengan keuangan. Kalau bisa buat list yang rinci agar terhindar dari membengkaknya anggaran dan pembelian suatu barang atau produk diluar daftar.

2. Buatlah pos dana darurat

Foto oleh Yan Krukov

Foto oleh Yan Krukov via https://www.pexels.com

Sebisa mungkin kamu tetap menyisihkan uang untuk kebutuhan dana darurat. Hal ini menghindarkan kamu dari hal cemas dan khawatir ketika kamu dihadapkan pada kondisi butuh dana mendadak.

Advertisement

3. Buat Skala Low Budget, Real Budget, dan High Budget

Foto oleh Karolina Grabowska

Foto oleh Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Hal ini membantumu agar kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan primer dan sekunder walau  keuangan sedang krisis. Contohnya jika dalam satu bulan biasanya kamu membeli sabun cuci muka dengan harga menengah, cobalah untuk membuat budget untuk harga sabun cuci muka yang lebih murah.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Foto oleh Elijah O'Donnell

Foto oleh Elijah O’Donnell via https://www.pexels.com

Sangat penting untuk para Generasi Geprek ini untuk memiliki penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan ini bisa didapat dengan memiliki side jobs seperti freelance. Tak jarang lho kerjaan freelance yang bahkan memiliki penghasilan tinggi.

5. Pisahkan antara uang untuk keluarga dan untuk pribadi

Advertisement
Foto oleh Karolina Grabowska

Foto oleh Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Seperti kita ketahui, Generasi Geprek mungkin tak hanya menghidupi dirinya sendiri melainkan mungkin ia memiliki tanggungan seperti orangtua maupun saudara. Untuk itu, kamu perlu mengatur mana uang yang akan kamu berikan kepada keluarga dan mana yang digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Buat kamu Generasi Geprek yang ingin tahu lebih lanjut mengenai tips dan cara mengelola keuangan atau bahkan ingin mandiri secara finansial dengan terlibat investasi, ALAMI adalah tempat yang tepat untuk kamu. Mengapa demikian? Karena di ALAMI selain kamu belajar mengenai investasi, disini juga ada mentoring mengenai pengelolaan keuangan bahkan membangun usaha / startup kamu lho.

Yuk kunjungi ALAMI Sharia sekarang juga atau download aplikasinya di Playstore.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

CLOSE