5 Mantra dalam Menghadapi Anakmu yang Mulai Aktif. Udah Nggak Zamannya Main Bentak

Tips hadapi anak yang mulai aktif

Menghadapi anak yang mulai aktif dan susah diatur memang kadang menjengkelkan. Setiap usaha yang kita lakukan, justru semakin memperparah keadaan. Mereka semakin bandel dan sedikit-sedikit marah, nangis, dan merengek agar permintaan mereka dipenuhi.

Apabila diteruskan, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk lho. Sebaiknya segera ambil tindakan dan mulailah membangun hubungan yang baik dengan mereka. Karena sebaik-baik anak adalah mereka yang patuh dan berperilaku baik terhadap orangtuanya.

So, langsung simak aja yuk, sederet solusi buat papa dan mama muda, dalam menghadapi anak yang susah diatur.

Advertisement

1. Pertama, jadilah role model untuk mereka

Jangan Hanya Bisa Nyuruh!

Jangan Hanya Bisa Nyuruh! via http://parenting77.com

Kebiasaan anak ialah senang meniru apa yang mereka lihat. Mereka senang mencontoh setiap gerak-gerik yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Karena itulah sikap orang tua sebaiknya memberikan contoh yang bagus buat anak-anaknya. Sebab anak tanpa sadar melakukan setiap perbuatan yang dilihatnya sehingga sebagai orang tua hendaknya hati-hati dalam melakukan sesuatu.

2. Hindari menggunakan kata ‘jangan’

Berikan Solusi, Mereka Kan Masih Kecil

Berikan Solusi, Mereka Kan Masih Kecil via https://www.pexels.com

Beberapa efek buruk ketika orang tua menggunakan kata ‘jangan’ ialah membatasi perkembangan anak. Karena dalam kata ‘jangan’ sama sekali tidak ada solusi yang mampu memecahkan masalah. Selain itu kata ‘jangan’ juga mempersempit dan memotong aktivitas sehingga bisa jadi anak-anak mengalami stress yang menyebabkan mereka sulit diatur. Karena itu cobalah untuk mengganti kata ‘jangan’ dengan perkataan yang lebih pantas.

Advertisement

3. Lakukanlah pendekatan dengan mereka

Cari Tau Keinginan Mereka!

Cari Tau Keinginan Mereka! via http://parenting77.com

Apabila kita sudah dekat dengan anak-anak maka kecil sekali kemungkinan mereka membentak dan sulit diatur. Cobalah untuk sedikit demi sedikit mengajak mereka mengobrol bersama diskusi dan berikanlah nasehat di sela-selanya. Dan usahakan untuk tetap konsisten dalam berkata-kata karena anak-anak sangat detail dalam memperhatikan setiap gerak-gerik orang tuanya.

4. Jangan selalu mengekang berilah sedikit kelonggaran

Anak Juga Ingin Bebas!

Anak Juga Ingin Bebas! via https://www.pexels.com

Memberikan aturan Sebenarnya bukan hal yang salah karena dibalik aturan juga ada efek baik berupa kedisiplinan. Jadilah fleksibel dan tidak terlalu kaku dalam menanggapi setiap perilaku anak. Langgar aturan jangan langsung memarahi melainkan ajak dulu mereka diskusi, alihkan perhatian, dan berikan alasan alasan mengapa mereka tidak boleh melakukan perbuatan yang melanggar.

5. Jangan sogok mereka tetapi berilah hadiah secara diam-diam

Advertisement
Ini Lebih Efektif!

Ini Lebih Efektif! via https://www.pexels.com

Bilang kepada mereka bahwa kita akan memberikannya hadiah setelah mereka melakukan sesuatu itu tidak selamanya baik. Justru mereka hanya akan melakukannya apabila ada hadiah dari kita sehingga mereka tidak tulus. Solusinya, berikan hadiah setelah mereka melakukan perbuatan yang kita inginkan tetapi jangan bilang kepada mereka terlebih dahulu. Berikan hadiah itu sebagai kejutan dan penghargaan atas perilaku baik mereka.

Kira-kira begitu, bun, sedikit tips dan trik dalam menghadapi anak yang susah diatur. Sebenarnya, mereka hanya kurang perhatian saja kok, bun. Semoga bisa menjadi solusi, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Cuma manusia yang kadang lupa. Calon Imam, dan pemimpin keluarga. Aku lahir di Jogja, besar di Jakarta, dan merapat di #BloggerJakarta .

Editor

Not that millennial in digital era.

4 Comments

  1. Lisa Elisabeth berkata:

    Bingung nih cari-cari informasi menarik seputar bola yang terkini ?
    kunjungi www(.)d-ew-a168(.)com.

CLOSE