Saat ini hampir semua aktivitas yang kita lakukan bergantung pada smartphone. Meski ketergantungan terhadap teknologi terkadang bisa membawa dampak buruk, namun jika digunakan seperlunya dan memang dapat memudahkan pekerjaan yang kita lakukan tentu tidak akan masalah. Yang jadi masalah mungkin karena banyak kegiatan kita yang membutuhkan jasa smartphone, kita pun selalu menggunakannya di setiap waktu hingga smartphone overheat.

Memang saat ini banyak smartphone yang lebih tahan terhadap penggunaan yang intens, namun dibeberapa kondisi overheat bisa saja tetap terjadi. Jika terlalu sering digunakan hingga sangat panas, tentu akan mengurangi umur dan menurunkan kinerjanya perlahan. Nah simak beberapa cara berikut ini yang bisa menhindarkan smartphone kamu dari overheat.

1. Simpan ditempat yang tepat

Simpan ditempat yang lebih lega via http://www.infodantutorial.com

Meski terdengar sepele, menyimpan smartphone sebarnya sangat berpengaruh dalam hal ini. Tempat yang sempit dan cenderung kedap udara seperti saku celana atau dompet juga bisa menyebabkan smartphone kepanasan. Terlebih jika smartphone sedang terkoneksi internet dan memproses sesuatu. Ada baiknya Anda menyimpan smartphone ditempat yang lebih luas dan masih terkena sedikit udara.

2. Hindari penggunaan smartphone saat panas

Hindari cuaca ekstrim via https://google.com

Panas yang dihasilkan smartphone tidak hanya dihasilkan dari pemrosesan di dalamnya, bisa juga dari luar. Misalnya Anda sedang berada di luar ruangan dengan matahari yang bersinar terik, usahakan untuk tidak memainkan smartphone dalam kondisi itu. Karena akan menambah panas smartphone dan dapat mempengaruhi kinerjanya, lebih baik masuk dulu ke dalam ruangan yang lebih dingin.

3. Jangan dimainkan saat sedang di-charger

Advertisement

Lebih baik diamkan smartphone selama proses charging via http://www.kwiknews.my

Nah poin ini pasti sering kamu lakukan, entah karena bosan atau saking senangnya dapat gebetan baru. Smartphone yang sedang dicharge cenderung menghasilkan panas dibagian baterai, jika kamu mainkan akan menimbulkan panas tambahan dan hasilnya smartphone pun bisa overheat. Selain dapat merusak karena overheat, baterai smartphone kamu juga bisa cepat drop. Ada baiknya matikan smartphone saat di-charger, paling tidak gunakan mode pesawat dan letakkan dipermukaan yang dingin seperti ubin.

4. Perhatikan penggunaan aplikasi

Jangan gunakan banyak aplikasi di background via http://www.networkedindia.com

Smartphone selalu melakukan proses saat Anda membuat suatu aplikasi. Nah jika aplikasi yang dijalankan ini cukup berat membebani prosesor, tentu akan menghasilkan panas. Jika aplikasi tersebut tidak penting tetapi masih kamu biarkan berjalan dibelakan layar, tentu akan membuat kinerja smartphone meningkat dan membuat baterai lebih boros. Untuk itu usahakan tidak membiarkan aplikasi berat berjalan terus dibelakang layar. Lalu ada baiknya juga melakukan reboot beberapa hari sekali untuk penyegaran smartphone-mu.

5. Perhatikan kondisi sinyal

Perhatikan sinyal bar via https://www.digitaltrends.com

Pengguna smartphone saat ini sangat bergantung pada koneksi internet. Karena memang sebagian besar pengguna smartphone lebih menyukai chatting daripada sms. Nah internet yang baik adalah yang memiliki sinyal stabil karena tidak akan membebani smartphone. Sinyal yang kurang stabil bisa membebani kinerja smartphone untuk mencari sinyal agar semua proses di dalamnya berjalan lancar, namun hal inilah yang akan menimbulkan smartphone lebih cepat panas dan baterainya lebih boros. Jadi perhatikan kondisi sinyal dari provider yang Anda pakai, jika tidak stabil itulah sebab smartphonemu jadi panas.

6. Lepas case bila perlu

Terkadang case bisa menyebabkan smartphone overheat via https://pinterest.com

Smartphone menggunakan layar sentuh tentu lebih rentan, apalagi saat ini banyak vendor yang mendesain bodinya dengan sangat indah. Rasanya sayang jika tergores dan lecet, itulah mengapa banyak orang menggunakan case. Namun disuatu kondisi case bisa menyebabkan smartphone overheat, misalnya saat sinyalmu tidak stabil atau saat bermain game berat. Disaat seperti ini lebih baik lepas case-mu agar smartphone mendapatkan udara.

7. Perhatikan spesifikasi smartphone

Sebelum membeli penting untuk melihat review lengkap pembeli lain via http://infodantutorial.com

Setiap smartphone yang diproduksi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada baiknya kamu melihat review orang-orang yang sudah membeli smartphone yang kamu inginkan untuk memastikan bahwa smartphone tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Karena ada smartphone yang lebih kuat menangkap sinyal namun tidak disarankan untuk bermain game berat, dan sebaliknya.

Jika kamu ingin smartphone-mu panjang umur, perhatikan hal-hal ini agar tidak cepat overheat yang bisa mengakibatkan kerusakan pada smartphone-mu