Tips Jajan Setiap Hari, tapi Keuangan Tetap Terkendali

Memastikan diri kita memiliki kondisi finansial atau keuangan yang baik dan independen di masa mendatang merupakan hal baik yang harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Akan tetapi, niat dan tekad yang kuat tentunya tidak cukup untuk mewujudkan keinginan atau impian tersebut. Diperlukan kiat dan cara yang tepat agar kondisi finansial kita dapat terkendali.

Di tengah gempuran hidup yang semakin konsumtif dan hedonis, tentu diri ini terkadang memiliki kesulitan untuk dapat mengatur keuangan, bahkan sekedar mengatur berapa budget yang dibutuhkan untuk sekedar jajan.

Oleh karena itu, di sini aku mau berbagi tips buat kamu agar kita sama-sama bisa mengontrol diri agar kondisi finansial kita dapat terkendali. Yuk! Simak tipsnya!

Advertisement

1. Menyiapkan Anggaran Keuangan

Foto oleh Karolina Grabowska

Foto oleh Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Anggaran keuangan ini penting banget sih, Sohip. Nggak perlu yang rumit-rumit dalam membuat aggaran keuangan cukup buat yang sederhana saja. Hal ini karena anggaran keuangan itu sendiri berfungsi sebagai acuan kamu dalam melakukan pengeluaran.

Anggaran keuangan ini bisa kamu buat perbulan misalnya, sehingga ketika kamu mengeluarkan uang, kamu bisa tahu apa saja hal yang kamu beli dan menghindari pengeluaran yang membengkak atau berlebihan.

Advertisement

Hal ini juga bisa menghindarkan kamu dari perilaku konsumtif lho karena kamu juga bisa belajar skala prioritas.

2. Belajarlah untuk menabung

Foto oleh cottonbro

Foto oleh cottonbro via https://www.pexels.com

Ini mungkin hal yang sangat klise ya dan kayaknya kita udah denger kalimat ini sejak kita masih kecil. Akan tetapi, menabung itu memang memiliki manfaat yang begitu banyak, Sohip.

Kita bisa menggunakan cara 50:30:20, dimana 50% dari gaji untuk kebutuhan hidup, 30% untuk kamu tabung, dan 20% untuk kebutuhan rekreasi atau self reward. Jika ini konsisten kita lakukan, maka ketika kita ada kebutuhan darurat,kita tidak kebingungan dan khawatir.

Advertisement

3. Hindari Berhutang

Foto oleh Andrea Piacquadio

Foto oleh Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Jangan sesekali sepelekan hutang ya, Sohip, walaupun itu nominalnya tidak seberapa karena hal ini bisa menjadi suatu kebiasaan. Jika ada tagihan atau utang yang masih menjadi beban tanggungan segeralah untuk melunasinya karena hal ini sangat menganggu kondisi finansial kamu, lo!

4. Buat prioritas kebutuhan

Foto oleh Polina Zimmerman

Foto oleh Polina Zimmerman via https://www.pexels.com

Terkadang alasan pengeluaran kita begitu membengkak karena kita membeli sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita sehingga kita tidak dapat terhindarkan dari perilaku boros dan pada akhirnya bahkan kita tidak punya tabungan. Untuk itu, buatlah prioritas kebutuhan mulai dari sekarang. Istilahnya sih, jangan laper mata ya Sohip. Jangan dikit-dikit checkout hehe. Hal ini juga bisa membuat kita hidup lebih minimalis, lo!

5. Mulailah berinvestasi

Foto oleh Lukas

Foto oleh Lukas via https://www.pexels.com

Saat ini banyak sekali anak milenial yang sudah akan hal ini. Tentu ini merupakan hal yang sangat baik karena investasi sangat dibutuhkan dan penting untuk menjaga asset kita. Jadi, selain misalnya kamu melakukan deposito kamu juga bisa menabung melalui investasi. Bisa dimulai dengan nominal yang kecil agar kita bisa belajar terlebih dahulu mengenai investasi.

Nah perihal investasi, aku selalu percayakan pada investasi ALAMI. Disini banyak sekali instrument investasi yang bisa kita coba dan tentunya gak perlu khawatir apakah legal atau tidak, karena sudah jelas sudah terdaftar di OJK. Kamu juga bisa kunjungi websitenya di https://alamisharia.co.id/id dan download aplikasinya di playstore. Mudah bukan ?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

CLOSE