Tips Melakukan Pendekatan yang Baik Untuk Generasi Zaman Now

Sudah datang gemetaran ketemu orang, tapi tetap aja dicuekin

Pendekatan jaman sekarang bukan hal yang mudah. Khususnya untuk generasi zaman now, hal ini tentu menjadi sebuah tantangan tersulit dimana kita dihadapkan pada dunia nyata dan kita wajib untuk memperluas ruang gerak kita lebih luas lagi. Dalam dunia kerja, semakin luas pergaulan kita semakin besar peluang kita dapat hidup di dunia yang keras ini.

Pendekatan awalnya tidak selalu berjalan dengan mulus. Pendekatan akan selalu diberikan sedikit batu batu kerikil yang dapat menggoyahkan mental. Dan satu hal yang wajib kita tanamkan di dalam pikirkan kita adalah tentunya pendekatan ini dilakukan didasarkan untuk satu tujuan. Pendekatan tanpa tujuan malah cenderung tidak akan berhasil.

1. First Impresion

Advertisement

Ciptakan kesan pertama yang WOW! Jangan biarkan orang pergi dan meninggalkan kesan yang kurang baik dalam benaknya.

Kesan pertama tentu penting. Ini menentukan apakah hubungan yang akan kamu jalani ini dapat bertahan seberapa lama. Mungkin kamu sendiri pernah bertemu dengan seseorang yang membuat kita berpikir, "Ih, apa sih orang ini. Illfeel banget gue jadinya."

Mungkin kamu tersenyum, namun di dalam hati kamu ingin segera bergegas meninggalkan obrolan. Andai kehidupan nyata seperti aplikasi Line ataupun Whatsapp mungkin kita sudah left chat. Hal tersebut berlaku juga buat kita, orang lain menilai apa yang kita lakukan. Intinya, bersikaplah normal seperti orang-orang biasa. Jangan bertingkah aneh ataupun bertingkah terlalu sopan. Pandai-pandai lah menjaga porsi, kecuali kamu sudah mengenal baik orang tersebut.

Advertisement

2. Berpakaian Sewajarnya

how-to-meet-new-people

how-to-meet-new-people via http://healthcoachdrew.com

Masih tidak jauh dengan kesan pertama tadi, cara berpakaian adalah satu dari sekian banyak hal yang menjadi pertimbangan seseorang untuk menerima kehadiran kamu. Mata merupakan sumber informasi yang kejam, seketika dia melihat kamu, kamu sudah diberi nilai loh.

Cara berpakaianmu tergantung pada clienmu itu. Yang mempengaruhi gaya berpakaianmu bisa tergantung dari lokasi pertemuan dengan clienmu, apa maksud dan tujuan dari pertemuan itu. Contohnya apabila pertemuan di Cafe dengan tujuan membahas sebuah pekerjaan baru tentunya diusahakan bisa menggunakan setelan yang semi formal.

Catatan juga, disarankan untuk tidak menggunakan celana pendek (untuk cowok ataupun cewek) dan tidak menggunakan rok kembang pendek (untuk cewek tentunya) pada pertemuan pertama. Hal itu mengurangi poin kesopanan yang kamu miliki di depan clien loh.

3. Hindari Bermain HP Ketika Sedang Bertemu Dengan Orang

Hargailah orang yang sedang duduk di depan kamu. Bermain Handphone ketika sedang duduk bersama dengan clien tentu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Mengingat kembali bahwa kita memiliki tujuan utama yakni dapat diterima oleh orang yang menjadi sasaran kita.

Tunjukkan kepadanya bahwa kamu sangat ingin untuk mengenal dia dan ingin kita dapat diterima masuk ke dalam sebagian kecil dari kehidupan dia! Ingat, Respect jangan diremehkan.

4. Di Cuekkin? Jangan Nyerah!

Dalam hal ini, mental yang kuat tentu diperlukan oleh kamu yang ingin memperluas koneksi. Di dunia nyata, kamu akan berhubungan dengan banyak sekali tipe-tipe orang. Ada tipe orang yang welcome banget dengan orang baru, ada juga orang yang bahkan tidak mau menatap wajahmu.

Perih? Ya, tentu saja. Namun itulah kehidupan di dunia nyata. Sama juga dengan kamu di chat oleh temanmu, dan kamu tidak membalas pesannya. Sama, bukan? Namun dunia nyata tentu lebih menyakitkan, dan hal ini akan sering kamu temui di lapangan. Maka dari itu, persiapkan mentalmu. Jangan mental busa yang kamu pakai ya! Lembek!

5. Beritahu Siapa Kamu

aku-kamu-dia

aku-kamu-dia via http://www.genmuda.com

Jangan lupa kenalkan dirimu, dari mana kamu, dan jangan lupa kalau bisa jabarkan maksud dan tujuanmu namun jangan secara tegas. Ajak juga orang tersebut untuk masuk dalam percakapan.

"Hai, kenalin, aku William," Aku menjulurkan tanganku, berjabat tangan. "Kalau boleh tau, siapa namamu?"

"Aku Sandy," Jawabnya acuh.

"William dari perusahaan XYZ, tadi sekilas kayaknya lihat kamu pakai produk kami ya? Boleh dong sharing gimana rasanya uda pakai produk kami?"

Jangan lupa, tebarkan senyum paling manis yang bisa kamu keluarkan. Buat dia nyaman dengan perbincangan ini, tonjolkan kelebihan-kelebihan yang dia miliki.

6. Pertahankan Koneksi yang Sudah Dibangun

Kesan pertama, sudah nyaman nih. Gaya bicara juga asik. Lawan bicaramu juga nyaman. Ini namanya kamu sudah berhasil mendapatkan satu koneksi tambahan.

Perjuanganmu tidak sia-sia. Namun akan menjadi terbuang sia-sia apabila kamu tidak menjalin hubungan secara berkala dengan dia. Minta nomor telepon atau media sosial yang biasa sering dia gunakan. Tetap berhubungan secara terus menerus walaupun tidak bertatap muka (namun akan lebih baik apabila berjanjian dan bertemuan di suatu tempat).

Dan boom! Goal Achieved! Kamu berhasil bertambah luas koneksimu. Pertahankan cara yang sudah kamu pakai, jangan lupakan apa yang sudah kamu dapatkan. Dan satu hal lagi, tetaplah berhubungan baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A 96's child trying to figure out what is going on with this world.

CLOSE