Tidak dapat dipungkiri makeup adalah hal yang penting dalam hidup perempuan, sebagian perempuan mengklaim tidak suka make-up namun ketika wajah mereka dirias, mereka akan memunculkan respon positif karena wajah terlihat lebih menarik.

Foundation mengambil andil yang penting dalam look kalian ketika memakai makeup, makeup tanpa foundation bagai rumah tanpa pondasi, hehehe.

Namun, foundation juga akan merusak riasan wajah kamu kalau kamu salah dalam memilih jenis foundation untuk kulit wajahmu. Sebelum kalian membeli foundation yuk intip 5 tips ini:

1. Ketahui Warna Dasar Kulit

Warna Foundation di berbagai jenis kulit via http://www.wikihow.com

Kebanyakan orang masih sulit untuk menentukan warna dasar dari kulit mereka. Ada 3 jenis warna dasar kulit manusia: warm (kuning), cool (pink), dan netral.

Cara melihat apakah jenis kulit kamu, kamu bisa melihat dari pembuluh darah yang terlihat pada pergelangan tangan. Apabila pembuluh darah cenderung ke biru-biruan berarti kamu memiliki cool undertone, sedangkan jika pembuluh darah kamu hijau maka kamu warm undertone.

Advertisement

Apabila kamu memiliki kedua warna tersebut maka kamu memiliki undertone yang netral.

Cara lain untuk menentukannya adalah, untuk warm undertone lebih terlihat fresh ketika memakai accessories (gelang, jam, cincin) yang berwarna emas sedangkan pink undertone lebih cocok memakai accessories berwarna perak.

2. Mencoba Foundation di Rahang

mencoba foundation di rahang via http://www.tampilcantik.com

Advertisement

Caranya adalah dengan menarik garis lurus dari pipi bagian bawah menuju rahang hingga leher, tips ini mampu untuk mencocokkan warna foundation agar tidak terlihat belang antara wajah dan leher ketika kamu menggunakannya.

3. Memilih Foundation yang Sesuai dengan Jenis Kulitmu

Jenis-jenis kulit via http://innaistantina.com

Apakah kulit mu Dry? Oily? Atau kombinasi?

Kulit yang berminyak atau oily direkomendasikan untuk memakai foundation yang Matte, karena foundation matte dapat menutup kilap-kilap diwajahmu

Sedangkan untuk kulit yang kering atau dry direkomendasikan untuk memilih foundation yang Dewy, foundation yang Dewy dapat membuat wajah terlihat lebih segar dan sehat.

4. Pilih Tekstur Foundation

Tekstur Foundation via https://www.today.com


  • Foundation Padat

Foundation padat sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak, teksturnya yang padat membuat dia tidak cepat creasing ketika digunakan oleh wajah yang berminyak


  • Foundation Cair

Foundation cair lebih direkomendasikan untuk kulit kering karena efek melembabkannya, namun jaman sekarang foundation cair pun sudah tersedia untuk kulit berminyak. Foundation cair adalah foundation yang paling ringan dari jenis lainnya.


  • Cream Foundation

Cream foundation mirip dengan foundation padat namun teksturnya lebih creamy, foundation ini biasanya memiliki coverage yang full karena mampu menutupi flek-flek hitam di wajah.


  • Powder Foundation

Powder foundation adalah foundation yang dikemas dalam bentuk bedak, foundation ini cocok untuk kulit berminyak karena mampu mengikat minyak dan membuat wajah Matte lebih lama.

5. Coba Langsung di Wajah

tips ketika beli foundation di Mall via http://www.byrdie.com

Ini hal yang biasa saya lakukan ketika ingin membeli foundation di mall, berhubung saya berhijab jadi hal ini sangat efektif mengingat tidak bisa mencoba di leher, saya akan berangkat ke Mall tanpa makeup dan mencoba foundation yang ingin saya beli di Mall tersebut, setelah dicoba, saya lanjut berkeliling Mall, setelah beberapa jam saya akan mengecek apakah foundationnya cocok dikulit saya dan sekaligus mengecek seberapa lama foundation tersebut akan oxidizing, ketika saya merasa cocok saya akan kembali ke toko tersebut untuk membelinya.

Atau cara kedua adalah saya mengetes foundation di Mall lalu saya pulang kerumah, karena biasanya cahaya lampu di Mall lebih cerah sehingga terlihat wajah sangat menarik namun ketika dibawa kerumah, warna foundation tidak semenarik saat pertama melihat di Mall

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya