5 Tips Menabung untuk yang Masih Sekolah atau Kuliah. Uang Jajan Pas-pasan, Nggak Masalah!

tips menabung pelajar

Menabung dapat dilakukan oleh siapa saja. Tidak hanya orang yang sudah berpenghasilan saja, kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah pun bisa melakukannya. Sebab dengan menabung, kita dapat dengan mudah untuk melakukan sesuatu. Contohnya untuk bantu orang tua atau ketika ada pengeluaran secara mendadak, kita dapat menggunakan uang yang telah kita tabung.

Nah untukmu yang masih sekolah, ini dia tips menabung paling realistis yang bisa dilakukan. Tenang, meski dilakukan sedikit demi sedikit, nggak apa-apa.

Advertisement

1. Pertama, kamu perlu tentukans tujuanmu menabung

Dream list/Photo by Bich Tran from Pexels

Dream list/Photo by Bich Tran from Pexels via https://www.pexels.com

Dengan menentukan tujuan ini, kamu menjadi lebih semangat untuk menabung. Ibaratnya, tujuan itu sebagai motivasi kita untuk menabung. Contohnya ketika kita ingin membeli tas baru, maka dengan membayangkan tas baru tersebut kita akan rajin menabung. 

2. Biar menabungmu bisa terlaksana, nggak ada salahnya bawa bekal saat beraktivitas di luar

bekal makan siang/Photo by Ella Olsson from Pexels

bekal makan siang/Photo by Ella Olsson from Pexels via https://www.pexels.com

Membawa bekal dari rumah, tentunya lebih irit jika dibandingkan dengan membeli makan di sekolah. Lalu uang jajanmu digunakan untuk menabung. Kamu bisa memulainya dengan rutin bawa air putih saat beraktivitas di luar rumah.

Advertisement

3. Mulai menabungmu dengan menyisihkan uang recehan per hari

menyisihkan uang/Photo by Jess Bailey Designs from Pexels

menyisihkan uang/Photo by Jess Bailey Designs from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa mulai menabungmu dengan cara menyisihkan uang jajanmu. Tidak masalah jika yang disisihkan hanya dua ribu atau lima ribu rupiah perhari. Selama kita konsisten pasti akan membuahkan hasil, yakin deh!

4. Tahan diri untuk jajan di luar. Kalau pun harus jajan, sesekali aja ya

makan di rumah/Photo by Elijah O'Donnell from Pexels

makan di rumah/Photo by Elijah O’Donnell from Pexels via https://www.pexels.com

Mengurangi nongkrong dan jajan di luar, sebaiknya makan di rumah saja. Atau kamu juga bisa masak di kos biar bisa menahan pengeluaran untuk jajan. Dengan begitu, uang yang semula akan kamu pakai untuk membeli makanan akhirnya bisa ditabung juga.

Nah kalaupun hasrat jajan tak terbendung lagi, ya nggak apa-apa. Kamu bisa jajan tapi sesekali aja untuk “melegakan” diri.

Advertisement

5. Terakhir, buka rekening sendiri! Ini nggak bisa ditawar lagi

mememberikan uang ke orang tua

mememberikan uang ke orang tua via https://www.google.com

Dengan punya rekening di bank sendiri, kamu bisa bertanggung jawab dan jadi lebih termotivasi untuk menabung. Pun kamu juga bisa terhindar untuk tidak tergoda menggunakan uang tabungan.

Nah itu dia 5 tips menabung untukmu yang masih sekolah atau kuliah. Nggak perlu ragu untuk memulai meski uang jajanmu bisa dibilang pas-pasan. Karena kalau nggak mulai menabung sekarang, lalu kapan lagi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Lahir di Pekalongan tanggal 20 juni 2002. Menyukai olahraga renang dan bersepeda. Tinggal di Pekalongan Barat bersama orang tua. Memiliki seorang adik laki-laki berusia 14 tahun.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE