Apakah kamu salah satu orang yang memiliki masalah dengan kulit kering? Masalah ini memang seringkali membuat orang tidak nyaman. Hal ini karena kulit kering dapat mengakibatkan kulit wajah terlihat bersisik dan tidak segar.

Yang paling menakutkan, terutama bagi perempuan, adalah akibat dari kulit kering yang membuat wajah lebih cepat keriput. Oleh karena itu, untuk mengatasi kulit kering, hal berikut perlu kamu perhatikan.

1. Hindari menggosok muka dengan kasar

Hal yang mungkin tidak kamu sadari dan sering kamu lakukan adalah menggosok wajah dengan kasar. Selain itu, setelah membersihkan kulit wajahmu, kamu mungkin sering mengeringkannya dengan handuk yang kasar. Padahal, kebiasaan ini dapat menghilangkan minyak alami kulit wajahmu dan membuatnya menjadi kering. Apalagi jika saat kamu membersihkan wajah, kamu menggunakan alat gosok wajah seperti spons.

Oleh karena itu, jika kamu sedang membersihkan wajah dengan air, gosoklah kulit wajahmu menggunakan tangan secara lembut. Setelah itu, tepuk-tepuk wajahmu dengan handuk untuk mengeringkannya. Hindari gesekan handuk dengan kulit wajahmu.

Advertisement

2. Mencuci muka dengan air dingin

Job-like Magazine

Job-like Magazine via https://magazine.job-like.com

Jika kamu memiiki kebiasaan mencuci muka dengan air hangat, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan tersebut. Mencuci muka dengan air hangat akan membuat kulit wajahmu kehilangan unsur minyak, sehingga menjadi kering.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membiasakan diri mencuci muka dengan air dingin, atau bahkan air es. Air yang dingin akan menjaga kelembaban kulitmu lebih lama.

Advertisement

Selain air hangat, sebisa mungkin jangan sering-sering mandi uap (sauna). Mandi uap memang akan memberikan rileksasi pada kulit dan tubuhmu. Namun, temperatur air yang tinggi tersebut akan menghilangkan minyak alami kulitmu, sehingga kulitmu pun menjadi kering.

3. Meminum air putih yang cukup

Air putih memang memilik banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Jika kamu memiliki masalah dengan kulit kering, terapi yang kamu butuhkan adalah mengonsumsi air putih secukupnya. Kulitmu akan menyerap air yang kamu minum dan akan menghindarkanmu dari dehidrasi.

4. Menggunakan tomat sebagai masker alami

Masker tomat adalah jurus yang paling ampuh mengatasi kulit kering. Hal ini karena tomat mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kulit. Selain itu, kandungan air dalam tomat dapat menghindarkan kulitmu dari dehidrasi yang membuatnya menjadi kering.

5. Memakai sabun muka yang tepat. Wardah Facial Wash dapat menjadi pilihan bagimu

Jika kamu memiliki tipe kulit wajah yang kering, kamu tidak bisa menggunakan sabun cuci muka sembarangan. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan Wardah Facial Wash, karena sabun cuci muka ini cocok untuk semua jenis kulit, tidak mengandung deterjen yang justru dapat memperparah kulit keringmu. Sebaliknya, produk ini akan membuat kulitmu menjadi lebih lembab dan kesat.

6. Membersihkan sisa make up pada wajah dengan pembersih yang tepat. Wardah Cleanser Normal to Dry dapat membantu untuk membersihkan riasan wajahmu

Wardah Kosmetika online

Wardah Kosmetika online via http://wardahkosmetikaonline.com

Jika kamu tipe perempuan yang suka menggunakan berbagai produk make up setiap hari, hal yang wajib kamu ingat adalah membersihkan wajah sebelum tidur. Jangan sampai lupa, karena hal tersebut akan membuat wajahmu menjadi kering.

Sebagai pilihan pembersih wajah, kamu dapat menggunakan produk Wardah Cleanser Normal to Dry. Produk ini dubuat dengan kandungan pH balance sehingga tidak perih saat digunakan.

Wardah Cleanser Normal to Dry juga mengandung ekstrak lidah buaya yang dapat membantu menjaga kulitmu tetap lembab. Seolah mendapat bonus, kamu juga akan merasakan manfaat vitamin E dalam produk ini yang akan menjaga kulit wajahmu tetap terlihat cerah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya