Tips Metode Belajar Selama Perkuliahan

Tips belajar untuk mahasiswa

Hallo semuanya, gimana belajarnya? Semoga semakin meningkat ya, kali ini aku mau membagikan tips metode belajar selama perkuliahan. Tentunya para mahasiswa terutama Maba ni yaa pasti masih bingung dengan sistem perkuliahan itu gimana yang jelas beda ya dengan saat sekolah dulu yang dimana semua materi yang kita pelajari didapat dari guru. Nah diperkuliahan ini justru sebaliknya, mahasiswa mencari materi sendiri yang kemudian akan dipresentasikan kepada mahasiswa lain layaknya seorang guru (student learning center). Peran dosen disini hanya sebagai fasilitator atau penyedia sarana yang dapat membimbing mahasiswa dalam berpikir aktif dan kreatif.

Cara ini ga menjamin work buat semua orang  tapi ini akan jadi cara efektif buat kalian agar lebih mudah dalam mengerjakan soal ujian nantinya. Cara ini semacam study plan yang tersusun supaya kalian bisa gunain waktu dengan baik. Yuk simak!

Advertisement

1. Pree Class

Foto ole lumn3n dari pixels

Foto ole lumn3n dari pixels via https://www.pexels.com

Tahap pertama kalian bisa memulai dengan membaca buku materi yang bakal dibahas waktu kelas nantinya, biasanya pada awal perkuliahan akan dishare RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang isinya tentang materi apa yang akan kalian bahas selama semester kedepan. Tahap ini bisa kalian lakukan h-2/h-1 hari h kelas.

2. Notulensi

Foto oleh Pixabay dari pixels

Foto oleh Pixabay dari pixels via https://www.pexels.com

Tahap ini dilakuin pas waktu kelas beneran, kalian tulis sekaligus periksa penangkapan materi pada saat pree class, tentunya tahap ini akan membuat kalian lebih fokus dengan materi sampai akhir kelas.

Advertisement

3. Pelajari Kembali Materi

Foto oleh Canva studio dari pixels

Foto oleh Canva studio dari pixels via https://www.pexels.com

Nah, tahap ini bisa kalian lakuin h+1 kelas atau bahkan lebih, yang penting satu minggu itu beres ya. Tentunya buat mastiin kalian paham atau tidak dengan materinya, tahap ini bisa kalian isi dengan diskusi atau mereview materi dengan teman-teman. Selain itu, kalian juga bisa menambah catatan kalian dengan sumber-sumber yang lebih banyak itu lebih bagus buat nambah wawasan kalian.

4. Baca Sekilas

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels via https://www.pexels.com

Cukup baca saja tanpa mendalaminya, kalian bisa membaca sekilas dengan bersuara serta menandai poin-poin yang menurut kalian penting dengan bolpen berwarna atau yang lainnya. Fungsinya buat memudahkan kalian mengingat materinya.

5. Tulis Sistematis

Foto oleh Ketut Subiyanto dari pixels

Foto oleh Ketut Subiyanto dari pixels via https://www.pexels.com

Setelah kalian baca dan tau arah materinya, tahap akhir adalah menyusun materi secara sistematis, gunanya supaya nanti kalian mudah untuk membacanya kembali. Selain itu, kalian juga bisa kerjakan latihan-latihan soal untuk menguji kemampuan kalian dalam pemahaman materi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hey, ayo minum air putih dulu.

CLOSE