Tips Rumah Tinggal Menjadi Rumah Sehat

Rumah merupakan tempat tinggal, istirahat, tempat berlindung manusia dan juga tempat untuk mengembangkan fisik mental maupun sosial keluarga, sehingga sangat baik untuk merancangkan rumah tinggal menjadi rumah sehat. Rumah Sehat adalah rumah yang bebas dari pencemaran baik udara maupun lingkungan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rumah sehat adalah bangunan tempat berlindung dan beristirahat serta sebagai sarana pembinaan keluarga yang menumbuhkan kehidupan sehat secara fisik, mental dan sosial, sehingga seluruh anggota keluarga dapat bekerja secara produktif.

Sedangkan, secara umum kategori rumah yang tidak sehat seperti ruangan yang lembab, ventilasi dan saluran yang tidak dibersihkan, kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi atau exhaust fan, tidak menggunakan pembersih perabot yang sesuai, jarang membersihkan rumah sehingga berdebu, terlalu banyak barang dan hewan peliharaan tidur di kamar.  Sehingga dampak buruk dari rumah yang tidak sehat yaitu bisa menimbulkan penyakit bagi pengguna rumah. Lalu bagaimana sih mengubah rumah tinggal kamu menjadi rumah sehat? Yuk! Simak beberapa tipsnya:

Advertisement

1. Memaksimalkan ventilasi atau bukaan pada rumah

Photo by happynest.vn via pinterest

Photo by happynest.vn via pinterest via https://www.pinterest.com

Ventilasi sangat berpengaruh sebagai jalur pertukaran udara bersih dan udara kotor. Salah satu sistem yang baik diterapkan untuk memastikan sikulasi udara berjalan lancar yaitu sistem cross ventilation. Cross Ventilation merupakan bukaan atau jalur udara berupa jendela atapun pintu yang saling berhadapan pada satu ruangan. Fungsi dari cross ventilation yaitu dapat mengoptimalkan cahaya matahari, mengurangi penggunaan AC agar udara yang tercipta lebih baik, dan  sangat ramah lingkungan dengan hemat energi.

2. Memaksimalkan pencahayaan alami

Photo by madeleine ramhall via pinterest

Photo by madeleine ramhall via pinterest via https://www.pinterest.com

Pencahayaan alami sangat baik dalam perancangan rumah sehat. Pencahayaan alami juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia karena sinar matahari pada pagi hari sangat baik bagi kesehatan manusia dan juga dapat membunuh bakteri – bakteri dan jamur yang ada pada rumah . Fungsi ini dapat membuat kesehatan penghuninya meningkat menjadi lebih baik.

Advertisement

3. Membuat taman atau pekarangan kecil pada rumah

Photo by archdaily via pinterest

Photo by archdaily via pinterest via https://www.pinterest.com

Manfaat dari pembuatan taman atau pekarangan kecil pada rumah yaitu agar menciptakan suasana yang adem, asri dan hijau. Taman juga berfungsi untuk membantu mengolah sirkulasi udara pada rumah seperti menyaring udara kotor dan menghasilkan oksigen.  Selain itu taman dapat membantu psikologis manusia dalam menghilangkan stress atau  healing sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan psikis penghuninya.

4. Meminimalisir penggunaan material yang berbahan zat kimia berbahaya

Photo by adobe stock via pinterest

Photo by adobe stock via pinterest via https://www.pinterest.com

Usaha meminimalisir penggunaan material yang berbahan zat kimia berbahaya harus diperhatikan dalam merancang rumah sehat. Pemilihan material diawal pembangunan sangat penting untuk dipilih dengan baik agar kondisi lingkungan rumah tetap sehat bagi pengguna rumah. Contoh penggunaan material yang kurang baik pada perancangan rumah sehat yaitu asbes (biasanya digunakan pada atap rumah dan cerobong pipa). Asbes mengandung bahan-bahan Chrysotile  yang dapat menyerang paru-paru karena Chrysotile merupakan bahan mineral yang bersifat karsinogen. Material Polivinil Klorida (PVC) juga bisa menimbulkan  penyakit hati, ginjal, bahkan menyebabkan kanker.

5. Menggunakan material yang bebas hama

Photo by studio henk via pinterest

Photo by studio henk via pinterest via https://www.pinterest.com

Pemilihan material harus diperhatikan agar tidak menjadi tempat tinggal hama. Oleh karena itu harus memperhatikan penggunaan material kayu yang terbebas dari rayap dan juga tetap diberikan obat anti rayap sehingga kayu tidak menarik perhatian hama terlebih rayap.

Advertisement

6. Menggunakan material yang mudah dibersihkan

Photo by oh so spotless via pinterest

Photo by oh so spotless via pinterest via https://www.pinterest.com

Kebersihan merupakan salah satu faktor penting dalam perancangan rumah sehat. Sehingga sangat wajib untuk menggunakan material yang mudah dibersihkan seperti penggunaan cat dinding yang spotless yang bisa dilap dengan mudah jika terkena noda. Bersihkan karpet secara berkala karena karpet mudah menyimpan debu dan kotoran. Material lantai yang bercelah seperti parket dan kayu juga memiliki potensi menyimpan kotoran yang sulit dibersihkan.

7. Pengaturan alur limbah

Photo by home stratosphere via pinterest

Photo by home stratosphere via pinterest via https://www.pinterest.com

Pengaturan sampah dan limbah yang salah dapat membuat sumber bakteri dan membuat permasalahan kesehatan lainnya. Gunakanlah septic tank yang sesuai standar sehingga tidak mencemari tanah dan air yang terkandung didalamnya.

8. Sistem air bersih

Photo by dr. josh axe via pinterest

Photo by dr. josh axe via pinterest via https://www.pinterest.com

Umumnya air ledeng mengandung klorin, klorin dapat membunuh jamur dan parasit lainnya. Tetapi penggunaan klorin berlebihan dapat menyebabkan sel kanker bagi manusia. Oleh karena itu pastikan menggunakan penyaringan air yang tepat.

9. Menggunakan Air Purifier

Photo by apartment therapy via pinterest

Photo by apartment therapy via pinterest via https://www.pinterest.com

Air Purifier dapat membantu untuk membuat udara didalam rumah agar menjadi lebih segar dan sehat, terutama jika rumah tersebut berada didaerah perkotaan yang rawan tercemar polusi udara. Selain itu air purifier juga dapat meredakan gejala asma dan mengurangi kemungkinan penyakit yang menular melalui udara.

Demikian sembilan Tips Rumah Tinggal Menjadi Rumah Sehat dan yang terpenting dalam Rumah Sehat yaitu sirkulasi penghawaan dan pencahayaan alami. Semoga sembilan tips ini bisa bermanfaat untuk membuat rumah tinggal menjadi rumah  sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE