Ada dua jenis perempuan di dunia ini; perempuan yang dianugerahi kulit kering dan perempuan yang dianugerahi kulit berminyak. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, tentu dengan perawatannya masing-masing juga. Jika pemilik kulit berminyak lebih rentan akan jerawat, pemilik kulit kering lebih tahan akan musuh kulit satu itu.

Hal ini tentu membuat kulit berminyak membutuhkan perawatan khusus, tapi tahu nggak sih kalau kunci merawat kulit berminyak agar nggak berjerawat itu sebenarnya sederhana dan terjangkau. Penasaran?

1. Perawatan dimulai dari dalam, maka konsumsi makanan yang sehat

makanan sehat

makanan sehat via https://www.kurir.rs

Makan adalah cara manusia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuhnya. Nasehat untuk konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna mungkin terdengar klise dan lawas, tapi nyatanya masih banyak yang belum bisa melaksanakannya.

Advertisement

Konsumsi makanan sehat bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagian dalam, seperti pencernaan, namun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama makanan yang kaya akan antioksidan, seperti sayur dan buah, untuk menangkal serangan radikal bebas. Analoginya, si antioksidan itu menjadi tameng bagi tubuh, sehingga ketika ada radikal bebas yang menyerang ia akan menjadi pelindung bagi tubuhmu.

2. Minum air putihnya, jangan sampai kurang ya

Pernah nggak kamu merasa bibirmu kering banget dan setelah minum segelas air rasanya segar dan lembab lagi? Itu contoh kecil dari efek kalau tubuhmu kekurangan air. Kenapa ya air sangat penting bagi tubuh?

Begini, tubuh kita ini lebih dari 90% disusun oleh darah, dan si darah itu 95% penyusunnya merupakan air! Jadi kalau kekurangan air, maka wajar kalau terjadi ketidakseimbangan metabolisme tubuh, dan biasanya yang pertama kena dampaknya adalah ginjal. Ngeri ya! Nah, kalau kita cukup minum air, tentu metabolisme dalam tubuh juga akan berjalan dengan baik. Kalau metabolisme berjalan baik, tentu salah satu keuntungannya akan membawa efek baik bagi kulit.

3. Istirahat yang cukup juga berperan penting lho

Advertisement

Kalau kamu punya kantung mata, sebenarnya cara mengatasinya sederhana, tidur malam yang cukup dan menghindari begadang. Walau kamu pakai eye cream tapi kamu tetap rajin begadang, maka hasilnya nihil, kantung mata akan tetap nyaman tinggal di wajahmu.

Begadang terlebih karena kerja yang terlalu juga bisa menimbulkan stress. Kondisi stress itu akan mempengaruhi kerja-kerja hormon dalam tubuh. Bagi si pemilik kulit berminyak, kondisi seperti ini biasanya akan menimbulkan jerawat. Bukan hanya itu lho, seperti mesin, tubuh yang dipaksa bekerja terlalu keras juga akan lebih cepat mengalami kerusakan. Tentu nggak enak kan kalau umur kita masih muda tapi udah terlihat tua?

4. Rajin membersihkan wajah, ini poin utamanya

membersihkan wajah

membersihkan wajah via https://kumparan.com

Kali ini aku mau cerita pengalaman pribadi aku. Dari kelas 2 SMA, aku mulai jerawatan. Kondisi itu berlangsung sampai aku duduk di semester 6 perguruan tinggi. Wajahku yang tadinya mulus-mulus aja, jadi penuh dengan noda hitam bekas jerawat. Nggak nyaman banget kan. Aku pikir jerawatan itu karena aku salah produk, tapi anggapan itu ternyata nggak sepenuhnya salah dan nggak sepenuhnya benar. Sekarang aku ngerti kalau penyebab utama wajahku jerawatan adalah aku yang nggak rajin membersihkan wajah.

Buat kamu yang punya kulit berminyak, inilah poin paling penting untuk merawat kulitmu. Ya, menjaga kebersihan wajah, tentu dengan produk yang cocok untuk kulitmu. Kalau yang aku lakukan sekarang, setiap pulang dari manapun, menjelang mandi sore aku akan pakai milk cleanser dan face toner dulu untuk membersihkan make up dan semua debu yang nempel di wajah.

Nah untuk malamnya, aku punya jadwal sendiri di setiap harinya untuk pakai masker, scrub, dan sabun pembersih wajah. Hasilnya akan lebih bagus lagi kalau air yang kamu gunakan untuk membilas adalah air dingin.

5. Beri kesempatan kulitmu untuk ‘bernapas’

tanpa make up

tanpa make up via https://www.wowkeren.com

Make up memang membuatmu tampil cantik dan mampu menutupi kekurangan-kekurangan di wajah. Tapi kamu juga nggak boleh lupa untuk kasih kesempatan kulitmu ‘bernapas’. Maksudnya, dalam satu minggu, ada satu atau dua hari yang kamu kasih untuk wajahmu bebas dari make up dan rasakan kulitmu yang sebenarnya, hehehe.

6. Tabir surya sebelum keluar rumah, jangan sampai lupa

pakai sunscreen nya ya

pakai sunscreen nya ya via http://beautynesia.id

Sengatan sinar matahari yang ganas membuat kita juga harus pintar-pintar melindungi kulit darinya. Salah satu produk kecantikan yang nggak boleh telat adalah tabis surya, terlebih jika kamu itu seorang yang sering beraktivitas di luar.

Nggak perlu sedih kalau kamu nggak punya tabir surya, karena kamu juga bisa memakai krim siang yang umumnya sekarang sudah dibekali dengan SPF di dalamnya! Untuk perawatan satu ini, kamu bisa menggunakan Wardah Sunscreen Gel. Kalau aku sih biasanya pakai Wardah Lightening Day Cream yang juga dibekali SPF 30.

7. Memakai masker ketika bepergian menggunakan motor

memakai masker

memakai masker via https://www.klikpdpi.com

Poin terakhir ini juga salah satu cara untuk kamu mencintai kulitmu. Memakai masker ketika menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya membantumu untuk melindungi wajah dari debu dan polusi yang berasal dari asap kendaraan. Selain itu, memakai masker juga bisa melindungi wajah dari sengatan sinar matahari. Jadi untuk kamu yang lupa memakai sun block dan harus menghadapi jalan raya, pakai masker bisa banget nih dicoba.

Itu dia tujuh perawatan yang bisa dilakukan untuk kamu yang punya kulit berminyak. Sederhana dan nggak mahal kan? FYI untuk sabun cuci mukanya kulitku cocok banget sama Wardah Lightening Gentle Scrub, dan untuk eksfoliasinya, aku jatuh hati sama Wardah White Secret Exfoliating Scrub. Kedua produk itu pas banget untuk menghandle minyak berlebih di wajahku. Kamu bisa banget nih coba keduanya! Oke, sekian tips merawat kulit berminyak dari aku. See you nex time and stay #LoveYourSkin!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya