Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Tanpa kita sadari, hari ini pun akan segera berlalu dan menjadi masa lalu. Setiap hari kita akan selalu dihadapkan pada dua pilihan. Mencapai sesuatu sebelum waktu berlalu atau membiarkan waktu berlalu dan meninggalkanmu dengan seribu penyesalan.

Setiap waktu yang berlalu haruslah disikapi dengan bijaksana dan dengan persiapan yang matang. Cobalah untuk menata dan mendesain hidup sesuai dengan keinginanmu. Temukan goals-goals seperti apa yang ingin kamu raih dan segeralah berjuang untuk meraihnya!

Untukmu yang memilih mencapai sesuatu sebelum waktu berlalu, mungkin beberapa tips singkat ini bisa membantumu untuk mendesain hidup seperti apa yang kamu inginkan.

1. Temukan Passion-mu

Temukan Passion mu

Temukan Passion mu via https://www.pexels.com

Orang-orang beranggapan ketika kita berbicara tentang passion itu berarti kita sedang berbicara tentang 2 sisi mata uang yang berbeda. Di satu sisi dia bisa sangat memberdayakan, di sisi lainnya dia bisa menjadi hal yang sangat membingungkan bagi orang-orang yang belum menemukannya.

Advertisement

Hidup akan terasa lebih mudah bagi orang-orang yang tau apa yang menjadi passion-nya, dan apa yang ingin ia raih dalam hidupnya. Temukan apa yang menjadi passion-mu dan segera mulai mendesain kehidupan yang kamu inginkan.

2. Buat visi Misi dan To Do List

VISI - MISI - TO DO LIST

VISI – MISI – TO DO LIST via https://www.pexels.com

Visi : Tujuan utama atau gambaran besar dari tujuan kita

Misi : Tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut

Advertisement

Tentukan apa yang menjadi visi dan tujuan hidupmu, lalu mulailah untuk menjabarkannya melalui misi-misi kecil yang bisa kamu kerjakan. Jangan lupa lanjutkan dengan membuat to do list harian sehingga kamu bisa mengontrol waktumu agar tidak terlewati dengan sia-sia. Setiap goals kecil yang kamu raih hari ini akan membawamu semakin dekat dengan visi utamamu.

3. Percaya Diri

Percaya Diri

Percaya Diri via https://www.pexels.com

Tidak ada orang hebat yang mengalami krisis kepercayaan diri. Dia sadar betul bahwa dirinya berkualitas, ia mencintai dan menaruh kepercayaan penuh pada dirinya, ia menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya.

Dia juga percaya bahwa dia bisa membahagiakan dirinya sendiri serta mampu menyelesaikan masalahnya tanpa merepotkan orang lain.

4. Mudah Memaafkan

Mudah Memaafkan

Mudah Memaafkan via https://www.pexels.com

Memaafkan disini bukan hanya bicara tentang memaafkan orang lain, tapi yang jauh lebih penting adalah tentang memaafkan diri sendiri. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, termasuk kamu. Berhenti menghakimi dan menyalahkan dirimu, semua orang pantas dimaafkan, termasuk kamu.

Toh tanpa kesalahan masa lalu itu kamu nggak akan jadi dirimu yang sekuat hari ini kan?

Everything in the past, just let go!

5. No Drama

Tak dipungkiri hidup kita seringkali diwarnai oleh drama-drama klasik yang sebenarnya tanpa kita sadari kita lah yang menciptakannya sendiri. Tapi orang yang dewasa dan matang memilih untuk selalu mengutarakan apa yang mereka butuhkan dengan jelas, tegas, dan tanpa bertele-tele.

Mereka paling anti untuk merengek-rengek apalagi memberi "kode-kode" aneh berharap orang lain memahami tanpa harus mengatakannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya