Mencari baju bekas atau istilah kerennya thrifting adalah aktivitas yang sepertinya tengah digandrungi anak muda saat ini. Thrifting dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin tampil fashionable tapi gak mau menggusur penghuni dompet terlalu banyak. Dari thrifting, kamu bisa dapat pakaian murah dan one of a kind, kalau beruntung bahkan bisa dapat designer piece original, lho! Seperti cari harta karun!

Meski sekarang sudah banyak thriftshop yang berbasis online, tapi tentunya thrifting akan lebih seru jika kamu lakukan langsung di tempatnya, seperti Pasar Baru di Jakarta atau di Pasar Gedebage, Bandung. Untuk kalian yang ingin mencari baju second alias thrifting, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar pengalaman thrifting-mu menyenangkan.

1. Pakai baju yang memungkinkan kamu untuk leluasa bergerak, ya…

Outfit nyaman

Outfit nyaman via https://instagram.com

Ingat, ya! Thrifting itu aktivitas yang dilakukan di pasar tradisional atau pasar loak yang fasilitasnya gak senyaman mall-mall besar. Jadi, pastikan kamu pakai pakaian yang nyaman dan adem agar kamu gak risih sendiri saat berburu harta karun.

2. Selalu waspada ya, girls! Niat hati ingin tampil gaya, tapi barang malah menghilang

Selalu awas dengan keadaan sekitar

Selalu awas dengan keadaan sekitar via https://image.google.com

Simpan barang berhargamu dengan aman dan selalu waspada dengan keadaan sekitar. Bukannya berprasangka atau berpikir negatif, tapi lokasi thrifting yang tidak dijaga ketat oleh tenaga keamanan tentunya mengharuskan kamu untuk lebih awas dengan keadaan sekitar. Jangan sampai niat hati ingin tampil gaya, tapi barang bawaan hilang entah kemana.

3. Baju baru saja kadang ada cacatnya, apalagi pakaian bekas seperti ini. Harus selektif dan waspada yaaa…

Pilih pakaian dengan kondisi paling baik

Pilih pakaian dengan kondisi paling baik via https://image.google.com

Advertisement

Kondisi pakaian second tentunya tidak semulus pakaian baru. Kamu yang sedang thrifting jangan sampai lupa untuk teliti memeriksa kondisi pakaian yang kamu taksir. Cek kualitas jahitan, adanya noda, lubang, atau kerusakan lainnya. Meskipun pakaian second, selalu pilih yang kondisinya paling baik, ya!

4. Jangan Ragu untuk Menawar

Saatnya mengeluarkan skill menawarmu

Saatnya mengeluarkan skill menawarmu via https://images.google.com

Ini dia keuntunganmu thrifting langsung di pasar. Selain dapat harga yang tentunya lebih murah dibanding di online thriftshop, kamu juga masih bisa menawar harga pakaian yang ingin kamu beli. Jangan ragu untuk mengeluarkan semua kemampuan dan ilmu menawar yang kamu punya!

5. Cuci 'Harta Karun' thriftingmu sebelum dipakai

Cuci hasil berburumu dengan bersih

Cuci hasil berburumu dengan bersih via https://images.google.com

Biasanya, pakaian second dari pasar tidak dalam kondisi sudah dicuci bersih. Jadi, cuci dulu harta karun thriftingmu sebelum kamu pakai. Kamu juga bisa merendam pakaianmu di air panas sebelum dicuci kalau kamu masih ragu dengan kebersihannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya