Sejak kecil kita diajarkan untuk rajin menabung. Namun semakin dewasa tidak semua orang menerapkan kebiasaan itu dalam hidupnya. Menabung bahkan seringkali dianggap sebagai beban bukan kewajiban. Terutama mereka yang memiliki gaya hidup boros. Padahal kebiasaan menabung ini memiliki banyak manfaat untuk dimasa depan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa mereka yang boros pun mungkin sebenarnya mengerti pentingnya menabung.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kamu, untuk dapat disiplin soal menabung.

1. Tentukan Tujuan Menabung

Berbagai macam tujuan menabung

Berbagai macam tujuan menabung via https://www.thestreet.com

Tujuan dapat menjadi motivasi diri untuk konsisten dengan hal yang dilakukan. Tujuan menabung juga dapat membantu menentukan target akhir dana yang harus dicapai.Sehingga dengan menentukan tujuan yang jelas, kamu juga akan lebih konsisten untuk menabung.

Ada orang menabung dengan tujuan untuk travelling keluar negeri. Ada juga yang menabung dengan tujuan membeli atau mencapai sesuatu, misal, punya mobil atau rumah, bahkan menikah. Ada juga yang menabung untuk tujuan melanjutkan pendidikan. Berbagai macam tujuan dapat kamu jadikan alasan untuk menabung. Tentukan tujuan kamu menabung sebelum kamu memulainya.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial dan Kebutuhan

Hitung kemampuan menabung

Hitung kemampuan menabung via https://bisnisukm.com

Advertisement

Untuk menentukan nominal tabungan yang akan kamu sisihkan setiap bulan, sebaiknya kamu sesuaikan dulu dengan keadaan finansial dan kebutuhan kamu. Ingat kebutuhan yang dimaksud disini adalah kebutuhan primer. Berapa pemasukan kamu, apa saja dan berapa besar nominal kebutuhan primer kamu perlu kamu rinci. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan angka yang realistis untuk menentukan besar nominal tabungan yang akan kamu sisihkan setiap bulan.

3. Sisihkan Diawal!

Sisihkan dana terlebih dahulu untuk ditabung

Sisihkan dana terlebih dahulu untuk ditabung via https://www.oairportparking.com

Sisihkan dana untuk menabung diawal sebelum pendapatan kamu digunakan untuk keperluan lain. Hal ini akan membantu kamu untuk menjaga konsistensi dalam memulai kebiasaan menabung. Jadi apa bila sudah mendapatkan penghasilan bulan ini (gaji, hasil usaha, dan sebagainya), segera sisihkan dana sesuai dengan nominal yang telah kamu hitung sebelumnya untuk ditabung.

Jika pada akhirnya, terdapat sisa dana atau dana lebih yang tidak digunakan, kamu juga dapat menambahkan ke tabungan kamu. Yang terpenting dana untuk tabungan yang sudah kamu tentukan sudah diamankan terlebih dahulu.

4. Pantau Pengeluaran Bulanan

Catat pengeluaranmu

Catat pengeluaranmu via https://www.vebma.com

Advertisement

Memantau pengeluaran dapat dilakukan dengan pencatatan setiap hari. Bagi kamu yang baru melakukan hal ini, membuat catatan pengeluaran adalah kegiatan yang sangat membutuhkan niat. Tapi percayalah hal ini akan membantu kamu dalam melihat gaya hidupmu, menentukan prioritasmu dan melakukan perencanaan keuangan.

Mencatat pengeluaran, kamu juga dapat mengukur kebutuhan kamu setiap bulannya. Dengan begitu kamu juga dapat menilai seberapa realistis angka yang kamu tentukan dari total danamu untuk ditabung.

5. Jadikan Kebiasaan

Bangun kebiasaan menabung

Bangun kebiasaan menabung via http://gunungrizki.com

Memang dibutuhkan konsistensi yang tinggi pada saat memulai program menabung. Namun dengan menjadikan menabung sebagai kebiasaan, maka paradigma bahwa menabung adalah beban akan hilang dengan sendirinya. Kamu akan merasakan manfaat menabung dengan sendirinya di kemudian hari.

Jadi ayo mulai belajar menabung dari sekarang. Tidak ada salahnya kan menyisihkan sedikit untuk masa depan. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya