Trauma Karena Menonton Berita? Yuk, Kenali Gejala Vicarious Trauma

Kenali Gejala Vicarious Trauma

Apakah kamu pernah merasa takut setelah membaca sebuah berita? Merasa stress melihat berita di media sosial? Jadi, trauma tidak hanya dialami oleh orang-orang yang menjadi korban saja. Dengan menonton berita bencana atau aksi kekerasan juga bisa memicu perasaan takut, khawatir dan trauma bagi penontonnya. Kondisi ini dinamakan vicarious trauma atau secondary traumatic stress.

Vicarious trauma merujuk pada trauma yang terjadi secara tidak langsung yang terjadi ketika seseorang mendengar cerita dari orang lain atau media. Gejala yang terjadi adalah merasa terbayang-bayang dan sulit melupakan berita yang dilihat sehingga menimbulkan kecemasan.

Vicarious trauma biasa terjadi pada dokter, perawat, relawan, atau pekerja sosial yang memiliki faktor resiko trauma tinggi. Dengan kemudahan akses informasi seperti sekarang, kondisi ini bisa dialami oleh siapapun.

Orang yang mengalami vicarious trauma biasanya akan mengalami paling tidak satu dari lima gejala berikut.

Advertisement

1. Gajala Emosi

Gejala Emosi Dari Vicarious Trauma

Gejala Emosi Dari Vicarious Trauma via https://www.pexels.com

Gejala yang nampak seperti perasaan sedih, duka atau kecemasan. Beberapa juga mengalami perubahaan suasana hati dan menjadi lebih sensitif. Pada kasus aksi kekerasan dapat menimbulkan perasaan cemas dengan keselamatannya saat berada di tempat-tempat umum atau ibadah.

2. Gejala Perilaku

Gejala Perilaku Dari Vicarious Trauma

Gejala Perilaku Dari Vicarious Trauma via https://www.pexels.com

Pola makan yang berubah, gangguan tidur, adanya peningkatan konsumsi alkohol atau tindakan untuk mengisolasi diri. Gejala perilaku dari Vicarious trauma juga berupa tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri sebagai akibat dari kecemasan yang dirasakan, menjauhi lingkungan sosial, serta kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Advertisement

3. Gejala Fisik

Gejala Fisik Dari Vicarious Trauma

Gejala Fisik Dari Vicarious Trauma via https://www.pexels.com

Pada orang yang mengalami vicarious trauma gejala yang terjadi bisa muncul dalam bentuk sering mengalami sakit kepala, sakit perut, merasa cepat lelah dan kondisi gangguan fisik lainnya.

4. Gejala Kognitif

Gejala Kognitif Dari Vicarious Trauma

Gejala Kognitif Dari Vicarious Trauma via https://www.pexels.com

Berupa perasaan negatif yang membuat orang yang mengalami menjadi sulit berkonsentrasi atau mengambil keputusan sehari-hari. Gejala ini juga dapat dialami oleh pekerja profesional yang membantu peyembuhan pasiennya. Mereka juga sulit berkonsentrasi ketika memikirkan kejadian yang dialami oleh pasiennya.

5. Gejala Spiritual

Advertisement
Gejala Spiritual Dari Vicarious Trauma

Gejala Spiritual Dari Vicarious Trauma via https://www.pexels.com

Gejala spiritual pada penderita vicarious trauma dapat mencakup hilangnya harapan, berkurangnya tujuan, perasaan terputus dari orang lain, dan hilangnya  kepercayaan kepada siapapun.

Jika kamu merasakan beberapa gejala diatas, mungkin saat ini kamu sedang mengalami vicarious trauma. Ada baiknya kamu membatasi penggunaan media sosial atau mencari hiburan sebagai pengalihan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I like to writing an article and hope my articles can be usefull for everyone.

CLOSE