Keindahan pantai Tanjung Bira sudah tidak dapat diragukan lagi, tidak hanya wisatawan lokal baik dari Sulawesi dan luar Sulawesi hendak datang dan menikmati keindahan alamnya namun juga banyak turis asing yang singgah ke pantai ini untuk sekedar menikmati keindahan pantai ini sebagai salah satu bucket list mereka.

Tidak hanya memiliki pantai dengan pasir putih yang cantik, pantai Tanjung Bira juga memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Jadi tempat ini bisa dijadikan untuk hoping island alias jelajah pulau buat kamu yang suka ber-snorkling ria dari atas laut ataupun bisa juga menyelami alam bawah lautnya. Menurut warga sekitar tanjung bira memiliki shark point yang menjadi salah satu spot unggulan menyelam di Tanjung Bira.

Sebagai destinasi wisata Tanjung Bira punya keindahan alam lainnya, berikut 9 destinasi di sekitar Tanjung Bira yang bisa kamu jelajahi selama kamu di sana.

1. Bersnokling ria di Pulau Kambing

Salah satu spot snorkling dan diving unggulan Tanjung Bira, shark point berada di sini. Namun untuk dapat melihat shark direkomendasikan untuk menyelam, untuk snorkling di spot ini beberapa spot karang pun bagus dan indah untuk dinikmati. Tapi harus berhati-hati untuk snorkling dan diving di spot ini karena spot ini di kenal memiliki arus yang kuat. Untuk mencapai spot ini kamu bisa menyewa kapal kayu atau kapal karbon dari pantai Tanjung Bira. Namun pulau ini tidak memiliki pantai untuk kapal bersandar

Berikut adalah destinasi yang bisa di jadikan referensi saat berkunjung ke Tanjung Bira Sulawesi Selatan. Karena Indonesia selalu punya alam yang indah untuk dikunjungi. Jelajahi sekitar tempat liburanmu siapa tahu bisa mendapat destinasi wisata yang bisa menarik perhatian dan juga instagramable. Sebenarnya di Bira masih ada beberapa spot hidden paradise yang bisa dinikmati, maka dari itu banyak-banyak berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

2. Beristirahat dan menikmati seafood di Pulau Liu Kang

Advertisement

Berbeda dengan Pulau Kambing, pulau Liu Kang memiliki pantai untuk kapal bisa bersandar. Di pantai ini kamu bisa beristirahat sembari menikmati pantai sambil dan juga menyantap makanan seafood yang berada di pulau ini. Di tempat bersandar kapal terdapat wisata penangkaran penyu yang di mana para pengunjung dapat berenang bersama penyu.

3. Bersantai sembari menikmati angin di Pantai Bara

Masih di dalam area pantai Tanjung Bira, pantai Bara juga memiliki pasir putih yang indah. Walaupun tidak seramai pantai Tanjung Bira, pantai Bara pun memiliki wisata permainan air laut seperti banana boat yang juga tersedia di Tanjung Bira. Selama perjalanan dari Tanjung Bira ke pantai Bara akan melewati penginapan dan resort-resort yang lumayan mewah di banding dari penginapan yang berada di tanjung bira dan juga sesekali monyet yang menyebrang atau berjalan di sisi jalan. Tenang bukan trekking, jalur dari tanjung bira ke bara sudah bisa di lalui kendaraan roda empat. Walaupun sesekali masih ada juga bule yang berjalan kaki menuju pantai Bara.

4. Menikmati pasir putih yang luas di Panra Luhu

Kapal Phinisi di Panra Luhu

Kapal Phinisi di Panra Luhu via https://www.facebook.com

Pantai ini terletak tidak jauh dari pantai Tanjung Bira namun untuk mencapainya harus keluar dari area wisata Tanjung Bira dan masuk ke arah pelabuhan Tanjung Bira tapi tidak masuk ke pelabuhannya melainkan masuk ke arah pinggir pantai yang berbatu namun bisa di lalui oleh satu kendaraaan roda dua. Di pantai ini selain pasir putih nya yang sangat luas dan panjang di ujung pantai ini ada perusahaan kecil yang sedang membangun phinisi. Di pantai ini juga sudah terdapat penginapan yang berhdapan langsung mengarah ke laut. Pantai ini masih relatif sepi jadi cocok buat yang mau ber bulan madu bersama pasangan di sini.

5. Melihat pembuatan kapal phinisi yang sudah mendunia di Bonto Bahari

Bonto Bahari

Bonto Bahari via https://www.facebook.com

Advertisement

Walaupun ada pembuatan kapan phinisi dia pantai Panra Luhu namun Bonto Bahari adalah pusatnya pembuat kapal phinis di Makassar, dari ujung ke ujung bibir pantai terdapat phinisi yang sedang di bangun mulai dari phinis kecil hingga phinisi besar yang nanti akan di gunakan untuk dijadikan wisata. Kehebatan masyarakat Makassar dalam membuat phinisi sudah di akui dunia sehingga banyak pemesan dari luar Indonesia. Ya memang masyarakat di sekitar tanjung bira dikenal sebagai pembuat kapal phinis yang sudah mendunia, untuk lebih lengkapnya adalah masyarakat desa Ara.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya