Kalau kalian melihat dinding yang dilukis, itulah yang dinamakan mural. Masih suka bingung membedakan mural dan grafiti? Kalau mural biasanya berbentuk lukisan, lebih bebas dan luas penyampaiannya. Sedangkan grafiti lebih berupa tulisan atau rangkaian kata-kata dan umumnya menggunakan cat semprot.

Asal muasal kata mural ternyata berasal dari kata murus, yang merupakan Bahasa Latin dan memiliki arti dinding.

Setelah ditelusuri, ternyata seni mural sebenarnya telah ada sejak lama bahkan sejak masa prasejarah, meskipun dahulu menggunakan sari buah karena belum ada cat. Dalam perkembangannya, seni mural pada abad pertengahan atau zaman Renaissance lebih digunakan untuk menghias interior gereja oleh para seniman Italia. Seniman tersebut diantaranya adalah Michaelangelo, Leonardo da Vinci, dan Raphael yang menuangkan lukisan mereka yang diadaptasi dari kisah-kisah kitab suci.

Mural tidak melulu menggunakan media dinding dan tembok, tapi bisa dituangkan pada media kayu, keramik, ataupun kaca yang menjadi material interior atau eksterior suatu bangunan. Bukan hanya medianya yang semakin berkembang, fenomena mural juga semakin memperkaya tema yang dipilih oleh para seniman mural. Mulai dari tema politik, sosial, atau ekspresi seni biasanya menjadi inspirasi seniman untuk ide konsep muralnya.

Glasgow merupakan kota di Skotlandia yang terkenal dengan arsitektur klasik dan modernnya yang megah dan menakjubkan. Tidak hanya itu, ternyata seni mural yang dimiliki Glasgow juga akan membuat kalian takjub, dan mural bisa ditemukan bahkan hampir di setiap sudut ruang kota. Meskipun mungkin tidak setenar seni grafiti yang dimiliki London, Melbourne, atau New York, Glasgow memiliki beberapa titik-titik mural yang punya cerita sendiri dan menjadi identitas Kota Glasgow.

Mural menjadikan Glasgow sebagai kota dengan daya tarik yang unik karena mural dilukiskan pada bangunan–bangunan klasik. Jadi jangan heran kalau kalian menemukan jejak mural di dinding bangunan penting pada zaman dulu atau pada koridor jalan di pusat kota (coba bayangin kalau terjadi di Indonesia, pasti si seniman dapat hukuman berat). Karena ternyata, hasil karya seniman yang keren dan terlihat realistis menjadikan visual Kota Glasgow terlihat lebih vibrant dan scenic.

1. Mural A View from The Clyde

Gajahnya berenang di tengah Sungai Clyde

Gajahnya berenang di tengah Sungai Clyde via http://www.discoverglasgow.org

Mural yang dilukis oleh salah satu seniman jalanan Glasgow, Rogue One. Mural yang merupakan proyek kerjasama dengan galeri Art Pistol ini terinspirasi dari Sungai Clyde. Selera humor Rogue One diselipkan dalam muralnya ini, karena tidak mungkin dibawah Sungai Clyde ada gajah tersembunyi, kan? Oh ya, kamu bisa menemukan mural ini di Clyde Street.

2. Central Station Mural

Central Station Mural

Central Station Mural via http://www.discoverglasgow.org

Berbeda dengan mural yang menggunakan cat, di Central Station mural dibuat dengan menggunakan potongan keramik yang dirangkai sedemikian rupa. Mural ini menggambarkan sebuah kereta yang tiba di kota saat matahari terbenam, dimana Kota Glasgow digambarkan berdasar landmark-landmark yang menjadi ciri Glasgow (bisa dilihat gambaran ‘The dome of the Mitchell Library’, ‘Theatre Royale’, dan ‘City Chamber’ terdapat dalam mural). Jude Burkhauser adalah seorang seniman wanita dibalik pembuatan mural yang terletak di dalam Central Station ini pada Tahun 1989.

3. A Girl With Magnifying Glass

Mural yang paling ikonik di Glasgow

Mural yang paling ikonik di Glasgow via http://www.discoverglasgow.org

Advertisement

Mural ini dibuat oleh Sam Bates alias Smug, seorang seniman mural yang memiliki banyak karya mural yang tersebar di Kota Glasgow. Smug adalah seniman kelahiran Australia yang memiliki banyak karya luar biasa dengan ukuran yang sangat besar.

4. Cheapside Fire Memorial

Mural untuk mengenang suatu tragedi di Glasgow

Mural untuk mengenang suatu tragedi di Glasgow via http://www.discoverglasgow.org

Selain mural di Central Station, mural mozaik juga dapat ditemui di tepi River Clyde sebelah utara. Hasil karya para siswa yang bersekolah di sekitar Anderston dan St. Patrick ini dibuat dalam rangka mengenang tragedi meledaknya gudang anggur yang menewaskan regu penyelamat dan pemadam kebakaran sebanyak kurang lebih 19 nyawa.

5. Garnethill Urban Park

Mural di area taman kota

Mural di area taman kota via http://www.discoverglasgow.org

Dapat ditemui di pusat distrik Garnethill, taman ini bukanlah sekedar taman biasa. Pada tahun 1899, disamping lahan ini berdiri gudang dan pabrik yang dibangun oleh arsitek bernama George Walton. Sebenarnya mural ini merupakan bagian dinding dari gudang tersebut, namun seiring berjalannya waktu gudang tersebut dijadikan penginapan dan pada waktu hampir bersamaan, pemerintah daerah menjadikan taman disampingnya sebagai taman bermain. Sehingga kombinasi yang pas satu dan lainnya menjadikan taman ini salah satu visual Glasgow yang dapat menarik pengunjung.

6. Ingram Street Car Park

Mural di Ingram Street Car Park

Mural di Ingram Street Car Park via http://www.discoverglasgow.org

Advertisement

Bisa ditemui di Ingram Street, dekat dengan the Old Fruitmarket. Mural ini dibuat oleh Smug juga selama festival the Merchant City pada tahun 2013. Dimana mural menggambarkan empat musim dengan latar daerah Skotlandia yang dilengkapi dengan lukisan binatang.

7. Mural Taxi Baloons

Mural ini merupakan karya Rogue One yang lainnya, yang bisa ditemui di pusat Kota Glasgow. Kamu bisa melihat mural yang dibuat dengan artistik yang menggambarkan Black Cab-taksi ikonik Inggris, yang terbang karena diikat dengan balon dalam jumlah banyak. Gambar yang menggunakan teknik tiga dimensi ini terlihat begitu realistis. Lihat deh, Rogue One tidak lupa membubuhkan identitasnya di plat taksi ini!

Tadi adalah beberapa mural yang bisa kamu lihat di Glasgow. Masih banyak lagi mural lainnya yang menunggu untuk kamu kunjungi. Sudah siap kamera dan pose yang pas untuk ber-selfie di depan mural, guys? Yuk ke Glasgow!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya