Hidup sebagai anak kost seringkali membuatmu bingung ketika dihadapkan pada pengeluaran yang banyak dengan pemasukan yang tidak seimbang. Belum lagi ketika ada keperluan mendadak yang tidak bisa ditunda. Boro-boro untuk menabung, rasanya uang yang kamu miliki cukup untuk menutupi semua kebutuhanmu dalam sebulan saja sudah untung. Dengan langkah-langkah sederhana ini kamu bisa mengontrol keuanganmu agar lebih baik dan tidak membengkak di ankhir bulan. Simak, ya!

1. Stop kebiasaanmu gaya di tanggal muda dan kere di tanggal tua sekarang juga !

jangan lakukan siklus ini, ya ! via http://keepo.me

Kalau kamu masih masuk ke deretan anak kost yang punya kebiasaan menghabiskan uang tanpa perhitungan di tanggal muda lalu hidup ngenes ditanggal tua, bahkan sampai hutang teman kostmu sekedar beli makanan, jangan diteruskan ya! Kamu perlu mengelola keuanganmu agar lebih sehat. Lebih baik kamu hidup dengan tingkat pertengahan sehingga pengeluaranmu juga normal sepanjang bulan. Tidak perlu menuruti gaya hidup berlebihan, sebab kamu perlu memperhitungkan keuanganmu untuk satu bulan ke depan. Sesekali membeli makanan enak dan mahal tak masalah, tapi jangan sampai keseringan dan over budget,ya!

2. Mulailah perhatian pada si receh

jangan memandang receh sebelah mata ! via http://maschun.com

Advertisement

Si recehan seringkali dipandang sebelah mata posisinya dari jajaran isi dompet. Padahal recehan ini berguna sekali lho saat kamu fotokopi selembar dua lembar atau saat kamu menggenapi uang belanjaan. Misalnya saat belanja di minimarket total belanjaanmu Rp 25.300,- seringkali kamu enggan membayar dengan uang pas. Akibatnya si kasir pun terkadang memberimu kembalian permen. Tentu kamu tahu kan kalo dua buah permen di kemudian hari tidak bisa kamu gunakan sebagai ganti uang saat kamu mebayar belanjaan. Jadi mulailah menyediakan space khusus untuk si receh di dompet kamu.

3. Selalu bawa air minum saat beraktivitas

Masih sering beli air mineral botol ketika beraktivitas di luar kost? Sebaiknya segera ganti kebiasaan kamu itu dengan telaten bawa botol air minum sendiri ya. Kebayang nggak sih berapa rupiah yang setiap hari harus kamu keluarkan sekedar untuk beli air putih? Belum lagi sampah botol yang kamu hasilkan, bikin bumi tambah sesak sama sampah plastik, guys!

4. Rajin-rajin lihat produk promo

Cek harga, barangkali ada promo ๐Ÿ˜€ via http://giladiskon.com

Saat pergi ke minimarket, sempatkan berkeliling ke rak-rak display, ya! Barangkali ada sabun cuci, shampo, sabun mandi, atau produk lain yang biasa kamu pakai dan sedang promo. Ini lumayan sekali,lho karena kadang produk promo bisa sampai setengah harga dari harga norma sehingga kamu bisa dapat produk yang sama dengan harga irit.

5. Tak perlu selalu mengikuti trend

ingat hemat,guys! via http://gaulgelaa.com

Advertisement

Kondisi keuanganmu adalah tanggung jawabmu. Kamu sendiri yang harus bisa mengontrol bagaimana caranya agar keuanganmu stabil sepanjang bulan. Kalau memang budgetmu tidak sebanyak mereka yang terbiasa hits dengan koleksi fashion dan gadget terbaru, tak perlu lah kamu mengikuti gaya hidup mereka. Tampilah sederhana dan apa adanya. Tak perlu membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Hal ini justru akan membuatmu lebih nyaman secara psikis dan kondisi keuangan tentunya.

Demikian lima tips buat kamu yang masih bingung tentang mengatur keuangan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ๐Ÿ™‚

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya