Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah terbanyak dalam penggunaan koneksi internet. Tidak aneh karena saat ini perkembangan teknologi memang sangatlah pesat. Hampir semua orang dari berbagai kalangan bahkan anak kecil sekalipun, sudah aktif menggunakan smartphone dan internet terutama sosial media dan game online.

Hal ini pun memicu beberapa akibat mulai dari akibat positif dari penggunaan internet seperti mendapatkan berbagai informasi dan juga akibat negatif, yang terbaru, Indonesia sedang dihebohkan dengan pemberantasan berita hoax yang dilakukan pemerintah karena saat ini memang banyak sekali berita hoax yang sengaja disebar.

Untuk kamu netizen yang setiap harinya mengakses internet dan sosial media, ada beberapa hal yang wajib kamu pahami mulai dari etika dan bagaimana menggunakan akses internet dengan benar.

Mengetahui etika berselancar di internet dan media sosial sangatlah penting, apalagi saat ini pemerintah sudah gencar memberikan beberapa aturan ketat penggunaan sosial media seperti dilarangnya berkomentar tidak baik ke orang lain dan sebagainya. Bahkan sekarang pelanggaran lewat sosial media sudah bisa ditindak hukum.

Oleh karena itu, kamu sebagai netizen harus tetap waspada dalam menggunakan sosial media terutama, karena seperti yang kita tahu, sekarang banyak sekali sosial media yang dipakai oleh para pengguna smartphone mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, Instagram dan masih banyak lagi.

1. Ubahlah Mindset Bahwa Internet adalah Tempatnya Mencari Informasi, Bukan Hiburan Semata.

internet itu sumber informasi

internet itu sumber informasi via http://cekgratis.com

Pertama, kamu harus mengubah mindset atau cara berpikir kamu dulu. Pada dasarnya, internet diciptakan untuk memudahkan kita saling berkomunikasi dan mendapatkan berbagai macam informasi. Namun sekarang internet sudah beralih fungsinya, sekarang banyak yang menggunakan internet sebagai ajang curhat, share berita hoax dan hal-hal yang kurang baik.

Maka dari itu penting sekali mengubah mindset kita, karena kalau kita sudah berpikir bahwa internet merupakan sumber mencari informasi, kita akan lebih terkontrol penggunaan internet dan sosial medianya, tidak lagi mengakses suatu yang kurang penting.

2. Antisipasi Hoax, Jangan Mudah Terprovokasi Berita di Sosmed Meski Viral Sekalipun.

Jangan Mudah Terprovokasi

Jangan Mudah Terprovokasi via http://hipwee.com

Advertisement

Biasanya, saat ada berita atau postingan yang viral di sosial media, orang-orang langsung share berita tersebut tanpa pikir panjang apa itu isi berita di dalamnya dan apakah benar adanya. Hal ini pun membuat makin meluasnya berita hoax yang bertebaran di internet. Hal ini juga yang akhir akhir meresahkan pemerintah karena makin banyak netizen yang kurang cerdas, asal share berita tanpa memahami isi berita di dalamnya.

Maka dari itu, mulai sekarang, yuk jangan mudah terprovokasi dengan berita apapun itu di sosial media, apalagi yang sumbernya kurang jelas, cari tahu dulu kebenarannya.

3. Nggak Usah Debat di Sosial Media, Nggak Ada Untungnya!

Nggak Usah Debat di Sosial Media

Nggak Usah Debat di Sosial Media via http://hipwee.com

Advertisement

Bukan cuma berita hoax, kita sendiri sebagai pengguna internet dan sosial media pasti seringkali melihat ada perdebatan yang terjadi kan antar netizen satu dan yang lainnya? Hal ini juga menjadi masalah tersendiri, banyak pengguna sosial media dan internet yang suka debat di sosmed.

Padahal, untungnya apa sih? Sebisa mungkin hindari deh yang namanya debat di sosmed.

4. Jangan Suka Upload Data Pribadi ke Sosial Media Sembarangan.

jaga privasi

jaga privasi via http://hipwee.com

Salah satu akibat negatif penggunaan internet saat ini adalah mudahnya memanipulasi data. Oleh karena itu, kamu sebagai pengguna, berhati hatilah, jangan suka meng-upload data pribadi kamu entah itu foto dan lain sebagainya, apalagi data data penting seperti KTP, KK dan lain sebagainya.

Untuk foto, boleh-boleh saja asal tetap jaga privasi kamu. Contohnya dengan mengunci akun sosial media agar hanya orang yang mengenal kamu saja yang bisa melihat, dan lain sebagainya.

5. Untuk Kamu Orang Tua, Awasi Penggunaan Akses Internet dan Sosmed Sang Anak.

batasi penggunaan internet anak kecil

batasi penggunaan internet anak kecil via http://hipwee.com

Terakhir untuk kamu para orang tua yang sudah mempunyai anak, sebisa mungkin awasi dengan baik penggunaan internet dan sosial media anak kamu karena sekarang ini anak kecil saja sudah bisa mengakses situs-situs atau laman terlarang.

Tak jarang, banyak juga anak kecil yang sudah kecanduan gadget dan internet apalagi game online, kalau sudah seperti ini, akan sangat susah untuk mencegahnya, so, solusinya adalah dengan mengawasi penggunaan sosial media anak kamu mulai dari sekarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya