Entah karena alasan kuliah atau pekerjaan, beberapa dari kamu mungkin memutuskan untuk hijrah ke kota lain dan meninggalkan kampung halaman. Mau nggak mau kamu harus belajar mandiri dan bertanggung jawab, karena kamu nggak lagi tinggal satu atap dengan orang tua. Ada kalanya kamu merasa kangen dengan keluarga, teman-teman, dan suasana di kampung halaman. eits, kalau sudah dilanda kangen begini, jangan langsung mewek dulu, guys. Simak tips berikut ini untuk mengatasi rasa homesick kamu.

1. Masak makanan khas kampung halaman

kangen masakan ibu

kangen masakan ibu via http://resourcefulcook.com

Carilah resep masakan khas kampung halaman dari internet atau tanyakan pada ibumu resep masakan sederhana yang biasa Ia buat di rumah. Praktekkan resep tersebut dan ajak beberapa temanmu untuk ikut menikmati makanan yang kamu buat. Menikmati makanan rumah bisa cukup mengobati rasa rindumu akan kampung halaman. Ditambah lagi dengan kehadiran teman-teman bisa menciptakan suasana kebersamaan yang hangat seperti halnya kamu sedang makan bersama keluarga di rumah.

2. Sibukkan diri dan carilah hobi yang kamu sukai

melukis misalnya

melukis misalnya via https://www.thoughtco.com

Padati kegiatan kamu dengan hal-hal yang positif. Misal kamu bisa aktif di organisasi kampus, kepanitiaan, atau volunteer di komunitas tertentu. Nggak hanya itu, lakukan juga hobi yang sesuai dengan passion kamu. Semakin sibuk kegiatanmu, pikiran kamu tentang rumah juga akan teralihkan. Jadi kamu nggak bakal berlarut-larut dengan kerinduan akan kampung halaman.

3. Pajang foto keluarga kamu di kamar, atau simpan foto keluarga di dompetmu

foto keluarga

foto keluarga via http://pjpportraits.co.uk

Advertisement

Memandang foto keluarga bisa membantu mengobati rasa rindu juga, lho. Kamu tinggal menata foto keluarga mu dalam figura yang apik lalu memajangnya di dinding kamar, atau cukup letakkan saja di atas meja. Bisa juga kamu menyimpan foto keluarga berukuran kecil yang kamu selipkan dalam dompetmu. Foto keluarga dapat memberi kamu semangat untuk menjalani kegiatan kamu di tempat perantauan, guys. Sekaligus memotivasi kamu untuk melakukan yang terbaik agar kelak ketika kamu kembali ke rumah, kamu bisa membuat bangga keluarga tercinta.

4. Ciptakan wewangian yang familiar sehingga membuatmu merasa berada di rumah

jadi serasa di rumah

jadi serasa di rumah via http://www.1stclasscleaningnyc.com

Belilah parfum ruangan yang biasa digunakan di rumahmu. Semprotkan di kamarmu dan kamu akan merasa seperti berada di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan deterjen yang sering digunakan di rumah. Pakaian sehari-harimu akan berbau sama dengan baju-bajumu di rumah. Atau singkatnya, gunakan produk-produk yang wanginya mengingatkan kamu akan rumah. Tanpa kamu sangka-sangka ternyata the power of smell bisa mengobati kangen juga.

5. Telpon saja keluarga dan teman di kampung halaman

Ambil handphone mu dan hubungi keluarga atau teman-teman yang kamu kangenin. Ngobrol dengan orang-orang terdekat dijamin mengobati rasa kangen kamu. Kalimat yang diucapkan orang-orang terdekat kamu ini bisa bikin kamu merasa nyaman dan dijamin kamu nggak bakal homesick lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya