Tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki diri,menjadi pribadi yang lebih baik tentu menjadi keinginan semua orang.

Tapi terkadang yang menghalangi diri untuk menjadi better than before adalah diri sendiri.

Kenapa? Karena kita terlalu memusingkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu kita pikirkan. Dan sebaliknya, kita justru mengabaikan apa yang seharusnya kita lakukan.

Waktu tak pernah berjalan mundur.  Sebelum menyesal, yuk  menjadi pribadi yang lebih baik dengan 5 hal berikut ini.

1. Menyayangi diri sendiri

art-beach-beautiful-clouds-269583/

art-beach-beautiful-clouds-269583/ via https://www.pexels.com

Tentunya pernah mendengar ungkapan “Sayangi diri sendiri, barulah kita bisa menyayangi orang lain”? ya, hal ini mutlak adanya. Karena kita pun pantas untuk mendapat yang terbaik. Pernahkah kamu berterima kasih pada diri sendiri yang tetap berdiri tegap saat badai menghantam ?, pada hati yang tetap tegar walau kenyataan menghancurkan impian ?, atau pada akal sehat yang tetap berfikir logis ketika hati mulai membara.

Advertisement

Tataplah cermin yang ada di depan mu, berkacalah bukan untuk bertanya siapa yang paling cantik, tapi untuk berkata “Terima kasih diriku, kamu luar biasa”.

Lakukan ini setiap kamu akan memulai hari.

Menyanyangi diri sendiri bukan berarti kamu egois, menyanyangi diri sendiri tandanya kamu tau apa yang pantas untuk diri. Jangan berpatokan pada standard yang dibuat khalayak ramai.

Advertisement

Pendapat orang lain boleh dijadikan masukan sebagai bahan pertimbangan, tapi bukan berarti menjadi suatu keharusan.

2. Selalu instropeksi diri

backlit-beach-clouds-dark-289998/

backlit-beach-clouds-dark-289998/ via https://www.pexels.com

Jangan selalu mau menang sendiri, taukah kamu betapa kekanakan kebiasaan itu ?.

Jadilah pribadi dewasa dengan selalu instropeksi diri terlebih dahulu ketika kamu menghadapi masalah. Orang lain belum tentu benar, tapi kamu pun bisa salah bukan ?.

Bila nyatanya kamu juga turut bersalah, meminta maaflah dengan cara yang benar.

Meminta maaf tidak menurunkan nilai mu kok, itu tanda kamu memiliki sifat ksatria yang dewasa ini semakin terkikis jumlahnya.

Ego mu mungkin akan tersentil awalnya, tapi percayalah ego tidak akan menyelesaikan masalah. Dia hanya akan memperuncing saja.

3. Berbahagialah!

photography-of-woman-surrounded-by-sunflowers-1263986/

photography-of-woman-surrounded-by-sunflowers-1263986/ via https://www.pexels.com

Jangan menggantungkan kebahagiaan mu pada orang lain. Karena kebahagiaan itu diri sendiri yang menentukan. Bahagia bersumber dari way of think, salah satu caranya tentu dengan memandang semua yang terjadi pada dirimu dari sisi positif.

Dan violaaaaa, semua akan terasa lebih menyenangkan dan tentu saja menjadi lebih ringan.

Be positive, and positive things will come to you J

4. Listen more

two-woman-chatting-1311518/

two-woman-chatting-1311518/ via https://www.pexels.com

Jadi bukan hanya “talk less, do more” tapi juga mulailah juga untuk “listen more”.  Dengan lebih banyak mendengarkan, kamu akan memiliki kepekaan sosial. Hal ini akan mempermudah kamu untuk menghindari masalah karena kamu bisa memberikan reaksi yang tepat atas suatu fenomena sosial yang terjadi.

Tentunya dengan lebih banyak mendengarkan akan menhindarkan kamu dari asumsi yang salah. Jangan main asumsi guys, karena asumsi lebih menyeramkan dari  tagihan kartu di akhir bulan.

5. Jangan lupa bersyukur

purple-petaled-flower-and-thank-you-card-2072169

purple-petaled-flower-and-thank-you-card-2072169 via https://www.pexels.com

Dari semuanya, tentu dengan bersyukur akan membuat diri mejadii pribadi yang rendah hati. Bersyukur untuk setiap helaan nafas yang ada. Bersyukur untuk hari – hari yang dijalani. Bersyukur untuk kesehatan yang hakiki. Bersyukur untuk semua kesempatan yang telah diberi.

Jangan pernah lupa untuk bersyukur bahkan untuk hal sekecil apapun, masalah serumit apapun, karena jauh disana selalu orang yang menginginkan kehidupan seperti yang kamu punya. Dengan segala jatuh bangun, naik turun, dan susah senangnya hidupmu J

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya