Menikah adalah salah satu impian setiap manusia, di mana itu adalah hari yang sangat special untuk menuju kehidupan baru dan status yang berbeda. Namun taukah kamu, apa yang perlu di persipkan lebih dulu ketika ingin menikah? Calon dulu kah? Atau ilmunya?

Yup, yang benar adalah ilmunya terlebih dahulu. Karena sebenernya sebelum kita bertemu dengan sang jodoh pun harus memiliki pengetahuan agar tidak salah memilih ataupun menerima jodoh kita kelak. Kita harus persiapkannya dari sekarang, karena kita nggak tau kapan jodoh kita datang, supaya nanti ketika ia tiba, kita sudah siap dengan ilmunya.

Nah gaess, inilah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk menikah!

1. Mantapkan hati

Siap menikah

Siap menikah via https://images.pexels.com

Bagaimana kamu akan memasuki gerbang pernikahan jika hatimu belum mantap? Hal ini sangat penting jika kamu ingin menikah. Karena itu sebelum kamu memutuskan menikah, cobalah intropeksi diri. Dan jika kamu bimbang dengan keputusan yang akan kamu ambil, cobalah untuk salat istikarah, libatkan Tuhan dalam setiap keputusan yang kamu ambil agar di berikan petunjuk yang benar.

2. Persiapan mental dan fisik

masaak bareng

masaak bareng via https://images.pexels.com

Advertisement

Persiapan mental dan fisik adalah hal yang utama ketika kamu ingin menikah. Siap mental artinya kamu harus siap dalam mengarungi bahtera rumah tangga, siap menghadapi segala resikonya yang akan kamu jalani setelahnya. Sementara persiapan fisik, kamu harus siap lahir batin, sehat secara fisik sehingga cukup tangguh dalam membina rumah tangga.

3. Restu orang tua

Apa jadinya jika kamu menikah tanpa restu kedua orang tua? Pasti sangat tidak nyaman bukan? Gaess, jangan sepelekan restu orang tua ya. Karena dengan restu mereka pernikahan akan berjalan lancar, langgeng, bahagia serta berkah, insyaAllah. Karena, menikah bukan hanya menyatukan dua insan manusia yang saling mencintai tapi juga menyatukan dua keluarga sekaligus.

4. Siap menjalani kehidupan yang baru

membuka lembaran hidup baru

membuka lembaran hidup baru via https://images.pexels.com

Menikah berarti kamu akan menjalani kehidupan yang berbeda dengan kehidupanmu waktu ketika masih lajang. Untuk itu, kamu harus siap menghadapi semua hal yang tak terduga. karena menikah itu harus didasari kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi. Jika sebelumnya kamu bebas hangout bersama teman-teman, setelah menikah tentu semua harus atas dasar persetujuan suami. Apapun yang akan kamu putuskan hendaknya dibicarakan bersama suami.

5. Belajar dari nasihat orang tua

nasihat mama

nasihat mama via https://images.pexels.com

Advertisement

Dalam menjalani sebuah rumah tangga, ada kalanya kita dihadapkan pada situasi yang sulit. Pada situasi seperti ini nasihat orang tua, baik orang tua kandung maupun mertua akan sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan bagi kita untuk mengambil keputusan. Orang tua kita telah menjalani kehidupan terlebih dahulu, pengalamannya begitu banyak. Sering-seringlah berkunjung kepada beliau dan mintalah selalu doa dan nasihat dari mereka

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya