Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengapa harus berorganisasi saat kuliah dengan 5 alasan yang wajib kamu baca. Bukannya organisasi itu malah hanya bikin repot saja.

Tugas kuliah udah berat dan banyak banget ada tugas harian, mingguan, kelompok, review, kuis, UTS, UAS, magang inilah itulah serta berbagai macam lainya mengapa harus bersusah-susah organisasi kan tujuan kita kuliah kan untuk belajar lalu menggapai IPK tinggi! Dan ciat langsung sukses, asyiaappp.

Benar hidup itu adalah pilihan dan secara garis besar pilihan atau passion saat kuliah itu terbagi 2, ada yang kuliah sekaligus berorganisasi dan yang kedua hanya kuliah aja, ok sip itu aja.

Mungkin diantara kalian ada yang menyerang ane kan itu hak masing-masing, sesuai dengan kemauan orang lah. Benar broo benar banget ane nggak menyalahkan pilihan orang namun di sini ane menyarakan agar lebih baik sembari berkuliah marilah kita berorganisasi karena akan sangaaaat banyak manfaat yang kita dapatkan.

Tapi ada juga mahasiswa yang selain kuliah ia bekerja sambilan salah satu penyebabnya selain sebagai usaha dalam meringankan beban orang tua, juga sebagai usaha untuk menambah tabungan finansial dan karena itu terkadang ia terkendala berorganisasi. Untuk kalian yang bekerja sambil kuliah ane ucapkan salam hormat kepada kalian semua, karena kalian adalah orang yang luar biasa yang bekerja keras, dan ane doakan semoga sukses nantinya.

Yuk mari simak dulu 5 alasan mengapa kita harus berorganisasi selama kuliah check it out!

1. Menjadi Mahir dalam Manajemen Waktu

Akan ada berbagai program serta acara yang diadakan dan biasanya setiap anggota di masukkan dalam kepanitian acara.

Advertisement

Di sinilah kamu akan terlatih untuk membagi waktu dengan bijak, menentukan skala prioritas antara organisasi dan kuliah di sisi lain waktu mu akan menjadi lebih produktif tentunya.

Advertisement

Ada anggapan di luar sana bahwa dengan berorganisasi akan menghabiskan semua waktu kita sehingga tidak ada lagi waktu untuk membuat tugas kuliah dan sebagainya, dan akan ane terangkan bahwa itu hoax, mengapa?

Karena itu semua bukanlah organisasi penyebabnya melainkan motivasi dari diri sendiri, sebab banyak juga yang tidak berorganisasi malah sering keteteran membuat tugas hingga mengejar deadline. Karena, itu tadi tidak mampu memanajemen waktu dengan baik.

2. Bertemu dengan banyak orang dan beragam karakter dari berbagai kalangan

banyak orang

banyak orang via http://www.pexels.com

Siapa yang tidak senang kalau mempunyai banyak kenalan dan link, tentu ini akan membuat banyak hal yang menjadi mudah. Seperti ketika kita butuh referensi, mencari informasi berkunjung ke fakultas dan jurusan lain, nah dengan bertemu banyak orang maka bisa saja di setiap bagian atau urusan yang kita perlukan sudah ada teman yang bersedia membantu di sana.

Lalu kita dapat mengenal beragam karakter dan sifat dari masing masing orang sehingga kita terbiasa bertemu dengan orang baru yang sifatnya berlainan dari kita. Ouu iya bro terkait kenalan tadi tidak hanya kepada mahasiswa saja bro, tetapi kita juga mempunyai kenalan di kalangan dosen, birokrat kampus, pejabat, dan tokoh tokoh masyarakat yang ada.

Manfaatnya tentu sangat jelas sekali selain mempermudah kita apabila ada urusan dengan yang bersangkutan bisa juga menambah link untuk mencari pekerjaan nantinya, siyaaappp.

3. Berpetualang dengan berbagai pengalaman menarik

adventure

adventure via http://www.pexels.com

Pengalaman yang didapat dalam berorganisasi tentunya akan sangat banyak dan beragam. Karena setiap organisasi memiliki ciri khas tersendiri, apabila kita mengikuti lebih dari satu organisasi tentunya akan membuat petualangan pengalaman itu menjadi semakin banyak dan beragam.

Contoh sederhananya dengan berorganisasi kita bisa mengunjunggi banyak tempat, belajar membantu masyarakat yang kesusahan seperti agenda sosial, mengangkatkan beragam jenis acara, menjadi perwakilan pada agenda agenda di luar kampus dan banyak lagi hal lainya.

Namun intinya adalah dengan berorganisasi kita akan kaya dengan pengalaman menarik yang bisa kita ceritakan, lalu di sisi lain kalian dapat mengetahui jalur birokrasi kampus, dan ini penting.

4. Berani berbicara di depan Umum serta sanggup menerima kritik dan berani mengkritik

mengkritik cantik

mengkritik cantik via http://www.pexels.com

Survey yang di lakukan oleh Chapman University di tahun 2016 , ada sebanyak 25.9% warga amerika yang memiliki ketakutan terhadap public speaking. Mengapa 25,9 % itu mengejutkan karena ketakutan terhadap public speaking. Lebih besar dari ketakutan terhadap banjir bandang yang hanya 22,2%.

Mengejutkan bukan, dengan berorganisaasi kita akan dapat terlatih mengatasi ketakuan tersebut dan pada perkembangannya kita dapat memberikan kritik dan mampu melapangkan hati menerima kritikan dari rekan-rekan.

5. Berani menjadi pemimpin dan pemimpi

Pemimpin identik dengan pengaruh, maka dengan berorganisasi kita belajar untuk mampu memepengaruhi orang lain dalam mencapai tujuan bersama. Pemimpin dan pemimpi adalah dua hal yang tidak dapat di pisahkan seperti dua sisi mata uang karena sejatinya seorang pemimpin harus memiliki visi kedepan dan itulah makhsud dari mimpi itu.

Visi berawal dari mimpi, berani bermimpi besar dan berani memimpin diri dan orang lain dalam mencapai impian besar tersebut ialah salah satu manfaat dalam berorganisasi. Jadilah pemimpin besar dan berani bermimpi besar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya