Saat ini, berbagai macam produk skincare yang dijual di pasaran. Mulai dari cleanser, exfoliating toner, essence, booster, serum, ampoule, masker, clay mask, moisturizer, dan lain sebagainya. Wajar banget kalau kalian masih bingung harus memulai dari mana, terutama bagi kalian yang masih pemula dalam merawat wajah. Tenang saja, tidak semua jenis-jenis produk yang saya sebutkan harus kamu pakai. Setidaknya, ada 4 tahap dalam merawat wajah yang harus kamu ketahui dan lakukan setiap hari. Empat tahap merawat wajah ini cocok banget bagi kalian para remaja ataupun anak kuliahan yang baru mulai banget dalam merawat kulit dan ingin telaten melakukannya demi mendapatkan kulit wajah yang sehat.

1. CLEANSING

membersihkan wajah

membersihkan wajah via http://haicantik.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah. Debu, polusi, kelebihan minyak, produk make up, bahkan sunscreen harus dibersihkan dari wajah agar tidak menyumbat pori-pori yang bisa memicu jerawat. Banyak sekali produk pembersih wajah di pasaran yang bisa kamu beli, nggak harus mahal kok untuk membeli pembersih wajah yang bagus, yang penting sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Jenisnya banyak sekali, mulai dari susu pembersih, facial foam/facial wash, bahkan sekarang ada micellar water, cleansing balm, cleansing cream, dan lainnya. Kalian harus membersihkan wajah pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Kalau pagi hari, kamu bisa menggunakan sabun wajah favoritmu saja cukup, sedangkan malam hari baru kamu lakukan double cleansing.

Double cleansing sepertinya menjadi hal yang 'tren' beberapa tahun belakangan ini. Nah, pasti beberapa diantara kalian yang bingung tentang Double Cleansing, Jadi, double cleansing itu menggunakan 2 produk pembersih wajah:

Advertisement


  • FIRST CLEANSER

First cleanser ini merupakan tahap awal dalam membersihkan wajah yang bertujuan untuk membersihkan make up (bagi para cewek) yang menempel di wajah, juga sunscreen. Gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak seperti cleansing balm atau cleansing oil untuk membersihkan make up yang tebal, atau kamu bisa menggunakan jenis pembersih seperti susu pembersih atau micellar water untuk membersihkan make up yang ringan, sunscreen, debu, kotoran, juga minyak berlebih pada wajah.


  • SECOND CLEANSER

Advertisement

Fungsi second cleanser ini adalah untuk membersihkan wajah yang sudah bebas dari kotoran-kotoran yang sudah dibersihkan dengan first cleanser agar lebih bersih maksimal. Kalau jenis produknya yaaa kamu bisa menggunakan sabun muka favoritmu aja sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

2. TONING

Menggunakan toner atau yang biasa kita sebut sebagai penyegar memiliki beberapa manfaat, seperti menutup pori-pori agar mencegah timbulnya jerawat, membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum sempat dibersihkan saat proses cleansing, dan menyeimbangkan pH dalam kulit setelah proses pembersihan.

3. MOISTURIZING

menggunakan pelembap

menggunakan pelembap via http://blogunik.com

Fungsi pelembap ini adalah memberikan kelembapan yang hilang setelah membersihkan wajah sebab minyak alami di wajah hilang setelah dibersihkan dengan sabun wajah. Pelembap pun sekarang ada yang digunakan untuk pagi (day cream) maupun malam hari (night cream). Kalau budgetmu tak cukup untuk membeli keduanya, pilih krim wajah yang tidak mengandung SPF agar bisa digunakan malam hari juga.

Pastikan juga untuk memilih pelembap sesuai jenis kulitmu ya! Kalau kalian memiliki kulit kering, pilihlah pelembap dengan tekstur yang agak 'berat' seperti krim, kalau kulit kalian berminyak, sebaiknya kalian memilih yang bertekstur ringan seperti lotion atau gel.

4. PROTECTION

menggunakan sunscreen

menggunakan sunscreen via http://lifestyle.okezone.com

Langkah yang wajib dilakukan tapi masih banyak yang melewatkannya, yaitu penggunaan SUNSCREEN. Tahap ini sangat penting loh untuk melindungi kulit kita dari pengaruh buruk sinar matahari seperti kulit menghitam, juga kanker kulit. Hiii, nggak mau kan? Yuk, mulai dari sekarang rajin menggunakan sunscreen! Pilih sunscreen yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang dapat menggelapkan kulit, dan juga mengandunng PA untuk membentengi kulit dari sinar UVA pemicu kanker kulit

5. PERAWATAN TAMBAHAN

menggunakan masker wajah

menggunakan masker wajah via http://kulitwajahterawat.blogspot.com

Bila kamu sudah menguasai 4 tahapan wajib yang dilakukan setiap hari, kalian bisa menambah perawatan wajah mingguan yang sebenarnya bisa dilakukan para pemula, seperti menggunakan masker dan juga eksfoliasi kulit wajah. Kalau maskernya sendiri, kalian bebas menggunakan masker apa saja yang kalian suka sesuai dengan fungsi, kebutuhan kulitmu, dan jenis kulitmu juga ya.

Ini dia 4 tahap perawatan kulit yang wajib kalian lakukan dan tidak boleh terlewatkan. Cukup mudah, bukan? Dan jangan lupa, kalian harus telaten karena kunci utama dalam mendapatkan kuulit yang sehat adalah ketelatenan dalam merawat kulit. Setelah kamu telaten dengan 4 tahap wajib, kamu bisa menambahkan produk lain seperti serum atau masker sesuai kebutuhan kulitmu secara pelan-pelan. Selamat merawat kulit!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya