6 Cara Keramas yang Baik dan Benar Agar Rambutmu Tetap Sehat!

Masih ada banyak orang yang menyepelekan perawatan rambut dan asal-asalan saat membersihkannya. Padahal, ketepatan teknik keramas menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambutmu, loh. Karena itu, memahami tata cara keramas yang benar dapat membantumu mewujudkan rambut sehat dengan akar kuat dan kilau alami.

Nah, berikut adalah cara keramas yang benar untuk membuat impian rambut sehatmu menjadi kenyataan. Simak selengkapnya yuk, Sobat Hipwee!

Advertisement

1. Sisir rambut sebelum keramas

Sisir rambut sebelum keramas

Sisir rambut sebelum keramas via https://www.pexels.com

Rutin menyisir rambut dan memastikannya tidak kusut sebelum keramas, akan memudahkanmu untuk membersihkan setiap helai rambut secara maksimal. Selain itu, menyisir rambut terlebih dahulu sebelum keramas membantumu untuk mengurangi risiko rambut patah ataupun rontok.

Rambut yang rapuh dan kusut biasanya rentan mengalami kerontokan apabila mendapat tekanan kecil saat kamu memijat kulit kepalamu. Karena itu, menyisir rambut sebelum ritual keramas menjadi langkah pertama yang wajib dipraktikkan dalam tata cara keramas yang benar. 

Advertisement

2. Basahi rambut secara menyeluruh

Basahi rambut secara menyeluruh

Basahi rambut secara menyeluruh via https://www.pexels.com

Salah satu kesalahan paling umum yang banyak dilakukan adalah membasahi rambut sekenanya sehingga tidak semua batang rambut terkena air. Lantas bagaimana cara keramas yang benar? 

Salah satu cara sederhana yang penting untuk dilakukan adalah memastikan rambutmu basah sempurna untuk membantu meluruhkan minyak dan kotoran pada rambut. Selain itu, tidak membasahi rambut secara merata akan mendorongmu untuk lebih banyak menggunakan sampo. Padahal penggunaan sampo berlebihan justru berisiko membuatmu rambut rontok dan berketombe apabila tidak dibilas dengan maksimal. 

3. Tuang sampo secukupnya dan ratakan terlebih dahulu pada telapak tangan

Advertisement
Tuang sampo secukupnya dan ratakan pada telapak tangan

Tuang sampo secukupnya dan ratakan pada telapak tangan via https://www.pexels.com

Pastikan untuk menggunakan sampo secukupnya dan sesuai dengan kondisi rambutmu. Sebagai contoh, apabila kulit kepalamu terasa gatal padahal tidak berketombe, gunakan produk yang mampu menghidrasi kulit kepala, sampo dengan kandungan hyaluronic acid misalnya. Sementara jika rambutmu cenderung berminyak, gunakan sampo dengan kandungan bahan yang dapat mengendalikan minyak berlebih seperti tea tree oil

Cara keramas yang benar berikutnya adalah dengan terlebih dahulu meratakan sampo atau membuat busa pada telapak tangan, baru baurkan secara merata dari atas dan depan kepala, lalu lanjut ke bagian belakang dan bawah kepala. 

4. Pijat kulit kepala dengan lembut

Pijat kulit kepala dengan lembut

Pijat kulit kepala dengan lembut via https://www.pexels.com

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menggosok rambut secara “brutal” dengan harapan dapat membersihkan kotoran di setiap sudut rambut. Padahal, justru sebaliknya, memijat kepala dengan kasar, apalagi dengan ujung kuku, justru dapat melukai kulit kepala dan menambah daftar permasalahan rambutmu.

Jadi, cara keramas yang benar adalah dengan memijat kulit kepala secara perlahan menggunakan ujung jari. Kamu dapat merentangkan jari-jari tanganmu dan pijat dari akar ke ujung rambut.

5. Bilas dan aplikasikan kondisioner untuk hasil maksimal

Bilas dan aplikasikan kondisioner untuk hasil maksimal

Bilas dan aplikasikan kondisioner untuk hasil maksimal via https://www.pexels.com

Pastikan untuk membersihkan seluruh sisa busa di setiap helai rambut. Akan lebih baik lagi jika kamu membilasnya dengan air dingin untuk membantu memperkuat akar rambutmu. Sisa busa pada rambut bisa membuat kulit kepala berketombe, loh. Karena itu, dalam tata cara keramas yang benar, kamu sangat diwajibkan untuk membersihkan busa sampo secara menyeluruh.

Setelahnya, kamu dapat menggunakan kondisioner untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan rambut. Aplikasikan kondisioner dari tengah batang rambut hingga ujung rambut. Hindari mengaplikasikan kondisioner pada pangkal rambut atau kulit kepala karena justru akan membuat rambutmu rentan berminyak. Ingat, jangan lupa bilas lagi hingga bersih ya!

6. Jangan sisir rambut sebelum kering

Jangan sisir rambut sebelum kering

Jangan sisir rambut sebelum kering via https://www.pexels.com

Langkah terakhir dalam tata cara keramas yang benar adalah keringkan rambut terlebih dahulu atau bersabarlah untuk menunggu rambut kering sebelum disisir. Hindari menyisir saat rambut masih basah karena justru bikin rambutmu rentan patah. 

Nah, demikianlah cara keramas yang benar untuk membantumu mewujudkan rambut sehat impianmu. Selamat mencoba, SoHip!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

hi, glad to see u!

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam