Untuk menjadi negara maju, Indonesia membutuhkan sekitar 2% dari populasi penduduknya menjadi seorang wirausaha, atau entrepreneur, dan anda sebagai seorang Fisioterapi bisa mengambil bagian menjadi seorang Wirausaha. Akan sangat menyenangkan bukan, jika anda bisa ikut berpartisipasi memperbaiki pergerakan fungsi tubuh manusia, dan pergerakan ekonomi negara. Berikut merupakan segelintir prospek mendirikan klinik fisioterapi di Indonesia.

Ilmu anda tetap akan bermanfaat, bisa membantu orang yang membutuhkan layanan anda, dan anda bisa mengumpulkan pundi-pundi keuangan dengan menjadi seorang pengusaha.

 

1. Fokus pada Masalah Olahraga

Tidak hanya di Indonesia, hampir diseluruh bagian dunia, fisioterapi olahraga cepat sekali menjamur, tentunya momentum ini menjadi peluang yang diidamkan bagi Fisioterapi yang memiliki passion di bidang olahraga. Dunia olahraga memang sangat riskan dengan yang namanya cedera, sehingga harus selalu ada ahli fisioterapis untuk membantu segala penyembuhan untuk cedera yang di alami. Baik atlit ataupun tim olahraga biasanya memiliki fisioterapis tersendiri. 

Advertisement

Fisioterapi bukan hanya berperan saat cedera terjadi, namun pasca cedera Fisioterapi juga turut berperan, mengembalikan gerak dan fungsi pasienya (Atlit ataupun tim olahraga) serta mempersiapkan mereka agar bisa kembali lagi ke lapangan dengan performa yang prima.

Tips bagi Fisoterapi yang ingin mengembangkan usaha di bidang olahraga:

  1. Bekerja dengan tim atau klub olahraga tertentu
  2. Rajin mengikuti event olahraga
  3. Ikut komunitas PFOI (Persatuan Fisioterapi Olahraga Indonesia)
  4. Perbarui fasilitas klinik, sesuai kebutuhan atlit saat ini

    2. Fokus pada Masalah Muskuloskeletal

    Advertisement

    Kurangnya tenaga Fisioterapis juga berdampak pada penanganan Fisioterapi yang dapat diberikan pada masyarakat belum memenuhi, tentunya jika dibandingkan dengan angka kejadian gangguan musculoskeletal sendiri. Uniknya kasus Musculoskeletal disorder banyak dialami oleh para pekerja. Keberadaan klinik ini mampu menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan target pasar yang luas khususnya yang mengalami gangguan Muskuloskeletal seperti Low Back Pain (LBP) Nyeri punggung bawah atau yang banyak kita sebut sebagai “boyoken” di dareah jawa ini. Masalah kesehatan ini menjadi serius, karena masyarakat memukul rata bahwa semua nyeri punggung penyebabnya sama, karena masalah otot, padahl penyebab penyakit ini sangat beragam. dan beda jenis penyebabnya, beda pula penanganannya.

    Ayo para Fisioterapi, waktunya bergerak, ambil peran!

    Saya rasa untuk membangun klinik dengan basis menangani masalah utama berupa otot, tulang dan sendi, tidak perlu peralatan yang terlalu “wah” , cukup pengetahuan yang selalu update, Hati yang tulus, dan tangan ajaib saat handling pasien. 

    3. Fokus pada Problematika Wanita

    Women Wellness

    Women Wellness via https://www.expatwoman.com

    Menilik wanita, selalu menemui sisi menarik yang perlu diperhatikan dari mulai kesehatan, sampai dengan penampilan. YA….Kesehatan wanita menjadi sangat penting karena tugas besarnya di rumah dalam mengurus keluarga dan mendidik anak-anaknya. Namun belakngan banyak wanita yang tidak punya waktu untuk “me time” lebih intens memperhatikan kesehatan, kebugaran, serta penampilannya. Oleh karenannya ini menjadi peluang bagi para Fisioterapi yang tertarik di bidang kesehatan wanita.

    Selain itu pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh wanita sangatlah kompleks, misalkan saat hamil, wanita perlu melakukan senam hamil  agar  para wanita hamil ini tetap bugar dan fit sampai saatnya melahirkan nanti, merekapun masih membutuhkan treatment dari fisioterapi agar cepat pulih dan kembali fit. 

    Hal ini yang membuat potensi pasar usaha klinik kesehatan wanita terus meningkat dari waktu ke waktu, karena klinik ini sangat penting khususnya bagi wanita, ibu hamil, ibu nifas atau yang mengalami gangguan kesehatan wanita.

    Tidak perlu muluk-muluk saat akan merintis klinik di bidang ini. anda bisa prioritiskan kebutuhan alat dan fasilitas yang paling dibutuhkan. Syukur-syukur kedepannya anda bisa bekerja sama atau mencari sponsorship. Mulai saja, karena bisnis tidak selalu menunggu semuanya sempurna, tapi melalui proses perbaikan dan peningkatan dari masa ke masa.

    jika klinik anda sudah berkembang, anda bisa merambah ke dunia kecantikan, yang memadukan konsep Fisioterapi.

    4. Fokus pada Tumbuh Kembang Anak

    Klinik Pediatri (anak-anak) akan mendapatkan peluang pasar yang besar, karena jumlah anak-anak yang menderita gangguan kesehatan sangat banyak khusus nya anak ADHD, Down Syndrom, Bell’s Palsy, Autis dan gangguan perkembangan lain. Banyak orang tua yang masih bingung, harus di beri pengobatan apa untuk buah hatinya. Sedangkan menimbang pemberian obat pada anak-anak juga berdampak kurang baik untuk jangka panjang.

    Maka klinik Pediatri menjadi pilihan yang pas. Tugas utama Fisioterapi pada bidang ini adalah memberi program, agar anak bisa melakukan kegiatan sehari-harinya dengan mandiri.

    Namun seiring perkembangan zaman, program perawatan anak tidak sebatas kebutuhan pokok seperti masalah kesehatan, kebutuhan perawatan pada anak seperti baby spa, dan massage stimulasi mulai meningkat kalangan masyarakat. Ini merupakan peluang bagi seorang Fisioterapi membuka usaha di bidang Spa, anda bisa memberikan nilai plus bagi treatment spa yang anda miliki, karena mengerti anatomi fisiologi anak-anak, tahu bagaimana cara menstimulasi, dan meningkatka perkembangan gerak dan fungsi pada anak-anak.

    Jadi tunggu apalagi? 

    5. Fokus pada Masalah Neuromuskular

    Masalah neuromuscular atau sistem saraf adalah masalah yang sangat penting, karena sangat berkenaan dengan kualitas hidup pasien di masa depan. Saking pentingnya, tidak jarang pasien yang mempunyai problem di sistem sarafnya mengalami depresi dan kehilangan motivasi, karena masa recovery yang bisa dibilang memakan waktu lama.

    Klinik Neuromuskular akan mendapatkan peluang pasar yang besar, karena jumlah orang yang menderita Stroke sangat banyak dikalangan masyarakat dan keluarga mereka sendiri tidak mempunyai waktu untuk mengurus mereka sendiri dan peluang ini akan semakin besar.

    Kunci agar pelayanan Fisioterapi di Neuromuskular agar maximal adalah dengan memantau perkembangan gerak dan fungsi para pasien, sampai pasien mampu untuk mandiri. Setidaknya Fisioterapi memiliki program aagr pasien bisa mandiri untuk aktifitas sehari-harinya. Selain itu diperlukan ketelatenan, kesabaran, dan kemampuan untuk memotivasi pasien agar bisa semangat menjalani program terapinya.

    6. Fokus pada Kasus Kardiovaskulopulmonal

    Bagaimana tidak?

    Klinik Kardiovaskulopulmonal akan mendapatkan peluang pasar yang besar, karena masih sedikit klinik pelayanan medis yang berfokus pada masalah kardiovaskularpulmonal. Namun yang perlu menjadi pertimbangan saat akan mendirikan klinik seperti ini, dibutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang organ-organ vital ini, ketelitian extra dan selektif dalam memilih treatment yang akan diberikan pada pasien mengingat masalah yang ditangani menyangkut dengan organ yang sangat vital. Namun tak perlu khawatir, pasien pada kasus ini tidak melulu mengenai problem yang berat, pasien lain misalnya orang yang menderita Asma, PPOK, PJK atau masalah sepele seperti batuk dan pilek.

    Advertisement

    Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya