Terkadang entah itu dari diri sendiri yang seorang intovert berlebihan atau memang dasarnya seorang pendiam, akan ada saat-saat tertentu dimana merasa canggung berlebihan saat melakukan pembicaraan dengan orang atau grup-grup yang tidak terlalu dikenal olehmu. Perasaan panik pun bisa muncul seketika sehingga kamu pun jadi sulit untuk berkata-kata, yang pada akhirnya ketika kamu sedang berada disana, kamu tidak sedikitpun berbicara, padahal disana ada banyak orang yang sedang bercanda dan tertawa bersama.

Mengapa sih itu bisa terjadi? Yah walaupun kamu seorang introvert, setidaknya selalu ada kata-kata yang bisa kamu ucapkan dan jadi bahan obrolan dengan orang-orang yang baru kamu kenal. Ketika kamu datang ke acara tertentu dan bertemu banyak orang-orang baru, jangan langsung berdiam diri saja, cobalah membaur dan mulailah melakukan percakapan dengan orang lain. Kalau terlihat susah, begini cara mengatasinya.

1. Diawal, jangan terlalu mendominasi dalam percakapan yang baru kamu lakukan dengan mereka, santai saja

Santai saja saat mengobrol

Santai saja saat mengobrol via http://www.wokeeh.com

Ketika kamu mau memulai berbicara dengan orang baru, di pikiranmu pasti memikirikan kamu harus mendominasi di dalam orbolanmu dengan mereka, entah itu obrolan yang menarik ataupun lucu. Memang kesan pertama itu akan selalu diingat oleh orang yang baru dikenal, tapi tidak juga baru kenalan langsung memulai obrolan yang berbobot atau terlalu penting, santai saja.

Advertisement

Orang pada umumnya tidak mengingat apa yang telah dikatakan oleh orang yang baru mereka kenal, mereka hanya mengingat momen pertama mereka berbicara denganmu. Jadi kalau kamu ingin bisa membuat mereka mengingatmu, maka buatlah obrolan pertama yang santai dengan ciri khas diri sendiri.

2. Jangan terlalu sering berbicara tentang diri sendiri, biarkan mereka yang berbicara dan bercerita

Biarkan mereka yang bercerita

Biarkan mereka yang bercerita via http://yim778.com

Pada umumnya, setiap orang suka berbicara tentang diri sendiri atau hal-hal lain yang berada di dekatnya. Bukan mereka merasa ingin sombong atau ingin pamer dan sebagainya, tapi memang kenyataanya berbicara tentang diri sendiri selalu lebih nyaman dibandingkan berbicara tentang orang lain.

Nah, awal waktu ketika kamu berbicara dengan orang baru, jangan buat dirimu terlalu mendominasi percakapan dengan cerita-cerita pribadimu. Buatlah mereka yang bercerita tentang mereka sendiri, tugasmu hanya membuat pertanyaan dari cerita yang mereka ceritakan. Kalau kamu seorang introvert dan tidak punya bahan obrolan, kenapa kamu tidak membuat bahan pertanyaan saja dari cerita yang mereka katakan. Dari sana kan kamu bisa dapat bahan orbolan.

3. Kalau topik biasa sulit untuk ditemukan, kenapa gak coba topik makanan? Lagipula semua orang pasti tertarik kalau bicara tentang makanan

Bicarakan tentang makanan juga bisa

Bicarakan tentang makanan juga bisa via http://catering-newcastle-upon-tyne.co.uk

Advertisement

Setiap ada acara, entah itu acara dari teman, kumpul bersama grup baru, dan kumpul-kumpul lainnya, disana pasti terdapat makanan. Kalau kamu yang seorang intovert yang kesulilitan untuk membaur dan berbincang dengan orang baru karena persoalan memilih topik pembicaraan, kenapa gak dimulai dari bicarakan tentang makanan?

Tidak semua orang memang mengetahui topik kemajuan teknologi, fashion, atau hal lainnya yang spesifik, tapi kalau soal makanan terlebih bicarakan makanan yang ada di acara tersebut, sudah pasti setiap orang suka mendengarnya. Topik ini juga yang bisa membantumu untuk mudah membaur dan berbincang-bincang dengan orang yang baru kamu kenal. Biar kamu juga gak terus-terusan berdiam diri ketika datang ke acara yang ramai pengunjungnya.

4. Jangan biarkan satu topik cepat mereda, ulangi saja apa yang mereka tadi katakan

Jangan biarkan cepat mereda

Jangan biarkan cepat mereda via http://www.whattosaytogirls.com

Ketika sedang asyiknya berbincang-bincang dengan kenalan baru, tiba-tiba topiknya habis, dan kamu pun tidak punya bahan obrolan lagi. Apa yang akan kamu lakukan? Langsung menyudahi perkenalannya? Seperti orang yang dilihat sebentar lalu dilupakan setelahnya? Kalau bisa sih jangan seperti itu ya.

Kamu bisa mengulangi topik-topik yang sebelumnya mereka sampaikan kepadamu untuk jadi bahan obrolan baru. Seperti ketika mereka membicarakan tentang pekerjaannya atau kegiatan perkuliahannya, maka kamu bisa menggunakan topik tersebut untuk dijadikan bahan obrolan baru dengan menanyakan hal yang sama seperti bagaimana pekerjaan/perkuliahan mereka hari ini atau kemarin. Mudah kok.

5. Kalau ada hal yang kamu kuasai di topik yang sedang dibicarakan, bagikan dan sampaikan saja, tak usah malu

Sampaikan saja kalau kamu menguasai topiknya

Sampaikan saja kalau kamu menguasai topiknya via http://www.meetechno.com

Anggap saja kamu sedang berada di perkumpulan moge yang baru kamu datangi, dan disana kamu masih malu untuk berkenalan dengan orang-orang baru di grup tersebut, tapi kamu mendengar ada yang berbicara tentang sesuatu yang kamu kuasai, contoh saja mesin-mesin motor gede, atau yang lainnya.

Nah, dari situ kenapa kamu gak mendekat dan membaur saja dengan percakapan mereka, sampaikan ide-ide atau ilmu yang kamu kuasai dan mengerti dipercakapan tersebut, dari sana kamu akan mudah menemukan kenalan yang bisa diajak mengobrol, karena topiknya pun juga sudah kamu kuasai dan senangi, sama halnya seperti mereka.

Nah itu tadi beberapa cara mudah untukmu yang introvert atau yang suka masih malu-malu untuk berbicara kalau ketemu orang baru. Semoga tipsnya membantu ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya