#WisataFilipina-5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berwisata Religi Ke Filipina, Jangan Sampai Dilewatkan Ya!

Jalan-jalan ke Filipina jangan sampai melewati wisata religi ~

Filipina, negara yang dijuluki sebagai Negara Lumbung Padi ini terdiri dari lebih dari 7.000 pulau dan memiliki berbagai wisata yang beragam. Baik itu wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi-nya. Untuk kamu pecinta traveling, selain menikmati keindahan alam suatu daerah, wisata religi mungkin menjadi list perjalanan yang ingin kamu kunjungi. Nah, berikut ini alasan kenapa kamu harus berwisata religi ke Filipina dan tidak boleh melewatkannya. Penasaran? Yuk, simak!

Advertisement

1. Hanya di Filipina kamu dapat melihat masjid berwarna pink

Photo by Kata Batam

Photo by Kata Batam via https://katabatam.com

Masjid berwarna pink ini berlokasi di Kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan. Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 2011 atas perintah Walikota Datu Saudi Ampatuan yaitu Samsodin Dimaukom. Dan taukah kamu, nama masjid Dimaukom itu sendiri diambil dari nama sang walikota, lho! Tidak hanya itu, ide untuk menjadikan masjid ini berwarna pink dikarenakan pink merupakan warna favorit sang walikota dan istrinya.

Menurut sang walikota, warna pink melambangkan kedamaian dan cinta. Cinta kepada Allah, cinta kepada sesama, dan juga cinta kepada negara. Selain sebagai tempat ibadah, masjid berwarna pink ini juga ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin melakukan wisata religi. Untuk mengetahui tentang sejarah, ataupun hanya sekedar ber-selfie ria. Gimana, tertarik untuk liburan ke Filipina dan menjadikan masjid ini sebagai wisata religi? Syaratnya kamu harus berpakaian serba pink saat berwisata ke masjid ini, lho!

Advertisement

2. Terdapat bangunan kuno nan bersejarah, salah satunya Katedral di Manila

Photo by Kiss FM Medan

Photo by Kiss FM Medan via https://kissfmmedan.com

Bangunan Katedral Manila ini terletak di kawasan Intramuros. Dibangun tahun 1571 oleh Juan de Vivero, bangunan ini juga kerap disebut sebagai kota tua. Pada tahun 1583 gereja ini sempat hancur karena terbakar. Dan pada tahun 1592 katedral ini dibangun dari batu, namun harus kembali hancur karena gempa. Meskipun sempat beberapa kali mengalami kehancuran, kini Gereja Katedral Manila berdiri kokoh di distrik Intramuros, Filipina.

Nah, untuk kamu yang menyukai wisata sejarah dan religi, gereja ini wajib banget kamu kunjungi ketika berada di Manila. Desain arsitektur bergaya Neo-Romanesque dan pesona yang tak lekang dimakan zaman ini membuat gereja ini banyak dikunjungi wisatawan yang tidak hanya sekedar untuk beribadah namun juga untuk menelusuri jejak sejarah. Tertarik untuk mengunjunginya?

3. Terdapat masjid yang dilindungi sebagai Warisan Budaya Nasional, yaitu Masjid Sheik Karim al Makdum

Advertisement
Photo by My Mindanao

Photo by My Mindanao via https://www.mymindanao.com

Masjid Sheik Karim al Makdum ini merupakan masjid tertua di Filipina. Masjid yang terletak di Tubig Indangan, Simunul, Tawi-Tawi ini dibangun oleh saudagar arab yang bernama Sheik Karim al Makdum yang datang dan berdakwah di daerah tersebut.

Berdasarkan sejarah, Masjid ini merupakan pusat penyebaran Islam pertama di tanah Filipina. Kebayang dong kan sudah berapa tahun masjid ini berdiri? Satu lagi yang menarik dari masjid ini yaitu, masjid ini ditetapkan sebagai Landmark Sejarah Nasional oleh Komisi Sejarah Nasional Filipina. Dan tidak hanya itu, masjid ini juga dilindungi sebagai Warisan Budaya Nasional. Gimana, tertarik untuk mengunjungi masjid tertua di Filipina?

4. Landmark bersejarah dan harta karun budaya terdapat pada Sebastian Church

Photo by Travel to Philippines

Photo by Travel to Philippines via http://www.traveltothephilippines.info

Stuktur bangunan Gereja San Sebastian terbuat dari baja yang didatangkan dari Belgia dan di didesain oleh seorang arsitek bernama Genaro Palacios. Di dalam Gereja Terdapat beberapa lukisan tua yang sudah pudar karena korosi serta jendela horizontal warna-warni yang semakin menambah kemegahan gereja.

Melihat unsur historisnya yang kuat, maka pada tahun 1973 pemerintah Filipina menunjuk Gereja San Sebastian sebagai National Historical Landmark. Penasaran gak ni sama arsitektur dan pesona dalam gerejanya seperti apa?

5. Di Filipina terdapat Masjid Grande Bacolod atau yang disebut sebagai Mekah Kecil Lanao Del Sur

Photo by My Mindanao

Photo by My Mindanao via https://www.mymindanao.com

Masjid Grande Bacolod terletak di Desa Bacolod Grande, Kota Bacolod-Kalawi, Provinsi Lanao del Sur, Filipina. Masjid ini berdiri dengan megahnya di tepian danau Lanao, salah satu Danau di pulau Mindanao di selatan Filipina. Pada Pertengahan 1900-an, masjid yang luar biasa indah ini disebut sebagai “Mekah Kecil Lanao Del Sur”. Arsitektur masjid yang menawan ini, serta cat berwarna hijau gelap semakin menambah keindahan masjid ini. Jadi tidak heran juga jika masjid ini dijadikan salah satu tujuan wisata religi bagi mereka yang mengunjungi Filipina.

Nah, itu dia alasan kenapa kamu harus berwisata religi ke Filipina. Selain bentuk arsitektur yang menawan, beberapa bentuk keunikan bangunan tersebut hanya dapat kamu temui di Filipina.

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Amateur yang menjadikan menulis sebagai kesibukan yang dibuat-buat ✌️

CLOSE