#WisataFilipina–5 Destinasi Wisata Muslim Friendly untuk Petualangan Seru yang Tak Terlupakan di Filipina

liburan seru di Filipina! it’s more fun in the Philippines

Selama ini, kamu mungkin berpikir bahwa Filipina hanya terkenal dengan keindahan pantainya. Namun, sebenarnya lebih dari itu. Negara ini memiliki beragam keelokan alam dan kearifan lokal yang wajib masuk daftar liburanmu setelah pandemi berakhir. Dengan kelezatan kuliner dan keramahan penduduknya, pengunjung akan dibuat jatuh hati dengan suasana negara tersebut. Selain itu, untuk menarik wisatawan muslim, Filipina telah mengembangkan konsep wisata halal dengan semakin banyaknya masjid dan makanan halal di berbagai tempat.

Berikut 5 lokasi liburan ramah muslim di Filipina dengan keindahan yang tiada duanya

Advertisement

1. Pesona Cebu City, The Queen City of South yang mencuri perhatian wisatawan asing

Photo by Hitoshi Namura

Photo by Hitoshi Namura via http://unsplash.com

Sebagai provinsi terbesar ke dua di Filipina, Cebu merupakan salah satu lokasi yang banyak diminati oleh wisatawan karena memiliki beragam pesona, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam. Menjadi pusat pelabuhan perdagangan, Cebu juga dipenuhi dengan pantai dan pemandangan bawah laut yang mencengangkan.

Tak heran, jika setiap tahunnya banyak wisatawan asing yang berkunjung untuk menikmati snorkeling dan diving. Mengunjungi Cebu tak lengkap tanpa mencicipi kulinernya, meski ada beberapa hidangan lokal non halal, kamu tetap bisa menikmati makanan halal yang disajikan di banyak tempat. Selain itu, Cebu memiliki beberapa akomodasi penginapan bersertifikat halal yang cocok untuk wisatawan muslim.

Advertisement

2. Saat traveling ke Davao, jangan lupa mengunjungi Taman Nasional Gunung Apo

Photo by @mountain_life34

Photo by @mountain_life34 via http://www.instagram.com

Meskipun dihuni oleh berbagai suku asli yang multikultural, masyarakat di kota ini sangat ramah dan hidup berdampingan dengan para pengunjung. Selain terkenal dengan wisata budayanya, lokasi ini juga dipenuhi dengan keindahan alam yang sangat sayang kamu lewatkan, salah satunya yaitu Gunung Apo yang menjadi puncak tertinggi di Filipina.

Kalau kamu pecinta flora dan fauna, kamu bisa mengagumi keindahan mereka secara langsung. Saat lapar, kamu tak perlu khawatir karena di Davao banyak restoran yang menyajikan makanan halal. Jika hendak beribadah, ada beberapa masjid yang mudah di akses di pusat kota seperti Davao City Islamic Center atau Mercy Islamic Foundation.

3. Menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan, Zamboanga menyuguhkan pantai indah berlatar pegunungan

Advertisement
Pink beach Zamboanga

Pink beach Zamboanga via http://seasia.co

Bila berkunjung ke kota ini jangan lewatkan kesempatanmu untuk mengunjungi Santa Cruz Island. Pantai unik ini memiliki pasir berwarna merah muda yang tidak jauh dari pusat kota Zamboanga.

Selain itu, dengan banyaknya jumlah populasi muslim di Zamboanga, kamu tidak akan kesulitan menemukan makana halal dan masjid di sana. Salah satu masjid terkenal di sana yaitu masjid Taluksangai yang dibangun tahun 1885. Memiliki kubah berwarna merah yang mencolok, masjid tertua di Zamboanga ini telah menarik banyak wisatawan.

4. Masjid Agung Sultan Haji Hasanal Bolkiah di Cotabato City menjadi simbol hubungan diplomatik antara Filipina dan Brunei Darussalam

Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mosque

Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mosque via http://wisatafilipina.com

Cotabato City yang terletak di provinsi Maguindanao ini wajib masuk ke daftar wisata yang ramah muslim di Filipina. Pasalnya, kota ini memiliki populasi masyarakat muslim yang cukup banyak dan merupakan pusat regional wilayah otonomi Mindanao Muslim. Dengan begitu, kamu akan mudah menemukan hidangan lokal yang disajikan di restoran yang bersertifikat halal.

Selain itu, kamu bisa menyambangi masjid Dimaukom yang unik dengan warna pink fuchsia atau menyaksikan kemegahan masjid Sultan Hassanal Bolkiah yang menjadi masjid terbesar di Filipina. Tak hanya itu, kamu juga dapat berkeliling kota dan mengunjungi berbagai bangunan dengan arsitektur yang yang menawan, seperti Old City Hall, Rio Grande, San Pedro, atau berbelanja berbagai jenis kerajinan menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Bagai surga tersembunyi, Bohol mempunyai beragam pemandangan yang eksotis

Photo by @saltontravel

Photo by @saltontravel via http://www.instagram.com

Mengunjungi Bohol tak akan lengkap tanpa mengunjungi Chocolate Hills, memiliki kecantikan menakjubkan dengan menyuguhkan lebih dari 1.268 kubah batu gamping yang diselimuti rumput berwarna cokelat saat musim kemarau. Bohol juga menjadi rumah bagi tarsius Filipina yang merupakan primata yang terancam punah.

Kamu dapat menyaksikan satwa menggemaskan bermata lebar ini secara langsung di habitatnya. Jika waktunya makan, kamu dapat mengunjungi Kota Tagbilaran yang menyajikan berbagai makanan halal atau mampir ke masjid Darussalam yang berlokasi strategis di pusat kota.

Itulah ulasan sejumlah tempat wisata muslim friendly di Filipina yang sayang kamu lewatkan ketika liburan. Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE