#WisataFilipina-5 Kuliner Filipina Ini Patut Kamu Coba Saat Berkunjung ke Filipina!

Kuliner khas Filipina yang patut kamu cicipi!

Filipina merupakan negara kepulauan yang terkenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan. Sehingga tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Filipina untuk menikmati ragam objek wisata alam tersebut.

Namun tidak hanya objek wisata saja, Filipina juga memiliki ragam kuliner yang lezat yang patut untuk dicoba ketika berkunjung ke Filipina. Sebelum berkunjung ke Filipina, intip dulu yuk, daftar kuliner berikut yang harus kamu cobain.

Advertisement

1. Sisig

Sisig merupakan hidangan daging berlemak dengan rasa pedas yang terbuat dari kepala dan hati babi. Bila kamu tidak bisa memakan daging babi, maka dapat diganti dengan menggunakan daging sapi, kambing, ayam, ataupun ikan sesuai dengan seleramu.

Sisig dibuat dengan cara direbus lalu dicincang. Sisig biasanya disajikan di atas hot plate dengan tambahan bawang bombay.

Advertisement

2. Kare-Kare

Kare-kare merupakan makanan asal Filipina yang terbuat dari saus kacang dan berisi sayuran, ekor sapi, babat, dan daging sapi. Sekilas memang hampir mirip dengan makanan Indonesa, ya.

Bedanya, Kare-kare ini kuahnya lebih kental dan terbuat dari kacang yang ditumbuk, serta sayuran yang digunakan juga lebih banyak, misalnya sawi, kacang panjang, kol, dan lainnya.

3. Sinigang

Advertisement

Hidangan sup yang cukup populer di Filipina ini berisi sayur dan daging dengan rasa kuah yang asam. Rasa asam tersebut berasal dari asam jawa, calamansi, jambu atau mangga hijau.

Hampir setiap daaerah di Filipina memiliki masakan Sinigang dengan versi yang berbeda-beda, sehingga Sinigang disebut sebagai salah satu makanan nasional Filipina.

4. Arroz Caldo

Arroz Caldo

Arroz Caldo via https://www.maggi.ph

Jika Indonesia memiliki bubur ayam, maka Filipina memiliki Arroz Caldo. Yap! Arroz Caldo merupakan makanan yang terbuat dari beras putih yang dimasak dengan cukup lama, sehingga teksturnya menyerupai bubur yang sering dijumpai di Indonesia.

Bedanya dengan Bubur asal Indonesia, Arroz Caldo menggunakan kaldu yang terbuat dari rebusan jahe. 

Biasanya, Arroz Caldo disajikan dengan suwiran daging ayam, kaldu jahe rebus, irisan daun bawang, serta bawang goereng.

5. Adobo

Jika Indonesia mempunyai ayam kecap, maka Filipina mempunyai Adobo. Adobo ialah makanan dengan bahan utama ayam yang direndam (marinate) dengan cuka, kecap asin, bawang putih, dan biji merica hitam. Namun, tidak hanya ayam, kamu juga dapat membuat Adobo dengan menggunakan daging babi, maupun seafood.

Adobo juga sering disebut sebagai makanan nasional Filipina, karena hampir semua warganya menyukai Adobo dan merekomendasikan Adobo kepada turis asing untuk mereka cicipi.

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Semoga setelah pandemi berakhir, kita semua dapat berkunjung dan liburan ke Filipina, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing with Sincere

CLOSE