#WisataFilipina – Beragam Festival di Filipina, Mulai dari Festival Mangga Hingga Festival Koboi Menggembala Sapi

Festival mana saja nih yang mau kamu datangi?

Banyak sekali faktor yang membuat para traveler memutuskan untuk menjelajahi suatu negara atau kota. Di antaranya, mencari tempat-tempat alam yang menarik seperti pantai dan pegunungan. Tapi, ada juga lho yang menjelajahi negara lain karena ingin melihat dan menikmati beragam pagelaran budayanya.

Seperti di Filipina, negara ini juga kaya akan wisata budaya yang menarik untuk dikulik. Hampir setiap provinsi melestarikan tradisinya melalui acara festival budaya. Kira-kira ada festival apa saja, ya? Let’s check this out!

Advertisement

1. Ritual Menari Pada Festival Pas’ungko Sorot Budaya Suku Subanen

Photo by @parangaldance on Instagram

Photo by @parangaldance on Instagram via https://www.instagram.com

Acara ini digelar sebagai rasa syukur atas berlimpahnya hasil panen dan untuk melestarikan budaya dari Suku Subanen. Festival ini juga merupakan sebuah upaya untuk mempromosikan berbagai acara dan destinasi pariwisata kebanggaan provinsi kepada wisatawan. Salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga setempat dan para wisatawan yaitu kompetisi tari jalanan.

Ratusan siswa dari berbagai sekolah di provinsi ini berlomba, bahkan siswa yang putus sekolah juga tetap ikut berpartisipasi. Mereka menunjukkan kemampuan menarinya di Subanen Ritual Dance Showdown Competition. Biasanya acara ini berlangsung dari siang hingga malam hari.

Advertisement

2. Ikuti Kemeriahan Festival Kaamulan di Bukidnon

Photo by @runner_earl on Instagram

Photo by @runner_earl on Instagram via https://www.instagram.com

Festival Kaamulan merupakan sebuah festival gabungan dari beberapa perayaan Suku Bukidnon seperti upacara pernikahan, festival rasa syukur saat musim panen, dan perjanjian damai. Pada perayaan ini kamu bisa melihat budaya asli Bukidnon. Kaamulan diadakan setiap pertengahan bulan Februari sampai 10 Maret setiap tahunnya.

Acara ini biasanya diadakan di Malaybalay City, ibukota Provinsi Bukidnon. Selain acara festival, kamu juga bisa mengamati gaya hidup Suku Taalandig dengan mengunjungi tanah leluhur mereka. Provinsi Bukidnon juga terkenal dengan tenun tradisionalnya, jadi kamu bisa membawa oleh-oleh berupa kain tenun setelah mengunjungi festival ini.

3. Saksikan Beragam Atraksi Saat Festival Maskara

Advertisement
Photo by @mark.marcelino on Instagram

Photo by @mark.marcelino on Instagram via https://www.instagram.com

Bacolod City merupakan sebuah kota yang bersahabat dan penuh beragam destinasi menarik. Saat ke sini, pastikan kamu mengunjungi Desa Kalbo Piña karena desa ini terkenal dengan tradisi menenun serat nanas yang sudah berlangsung selama delapan abad dan proses pembuatannya membutuhkan keterampilan yang luar biasa lho sohip.

Selain kain tenun, kamu juga bisa menyaksikan Festival yang terkenal di Bacolod City yaitu Maskara Festival. Festival ini diadakan setiap bulan Oktober dan kamu akan melihat beragam atraksi dan karnaval yang cantik.

4. Festival Moriones, Melestarikan Tradisi Saat Paskah

Photo by PDOT Indonesia

Photo by PDOT Indonesia via http://wisatafilipina.com

Marinduque merupakan provinsi yang berada di daerah Tagalog Barat Daya atau Mimaropa. Provinsi ini juga ditetapkan sebagai wilayah IV-B dan memiliki ibukota yang bernama Boac. Pulau yang memiliki bentuk jantung hati ini punya perairan berwarna biru jernih dan pantai yang indah sohip. Selain keindahan bentang alamnya, Marinduque juga punya Festival Moriones, yaitu tradisi Paskah yang menampilkan pria-pria bertopeng berpakaian prajurit Romawi pra-paskah dan menampilkan reka ulang masa menjelang penyaliban Yesus. Jangan sampai kamu melewatkannya ya, karena festival ini sangat terkenal!

5. Festival Cagayan De Oro Yang Sangat Colorful

Photo by Genaro Servín on Pexels

Photo by Genaro Servín on Pexels via https://www.pexels.com

Setiap bulan Agustus, Kota Cagayan de Oro selalu mengadakan Festival Kagay-an. Tidak tanggung-tanggung, acara ini berlangsung selama dua minggu lho sohip! Selain itu, festival ini juga merupakan sebuah momen untuk peringatan St. Augustine yang dianggap sebagai pelindung kota ini. Kamu bisa menyaksikan acara yang ditampilkan pada festival ini yaitu pameran pertanian dan parade serta lomba tarian di jalanan.

Saat puncak perayaan, terdapat arak-arakan Golden Float Parade. Pastikan kamu mengenakan kaca mata hitam ya, karena warna-warninya pasti sangat mencolok.

6. Kemeriahan Festival Sinulog Setiap Bulan Januari

Photo by PDOT Indonesia

Photo by PDOT Indonesia via http://wisatafilipina.com

Cebu adalah sebuah provinsi dengan jumlah penduduk kedua terpadat di Filipina. Provinsi ini terkenal dengan pantai pasir putih dan keindahan bawah lautnya yang selalu berhasil mengundang wisatawan. Kalau kamu punya hobi snorkeling, kamu wajib mendatangi Cebu karena tempat ini adalah salah satu surganya snorkeling dan diving di Filipina. Festival yang paling terkenal di Cebu adalah Festival Sinulog. Festival ini dirayakan atas nama Yesus sebagai Anak Kecil yang digelar setiap Hari Minggu ketiga di bulan Januari. Parade yang meriah dan penuh warna ini membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya.

7. Makan Mangga Sepuasnya di Mango Festival

Photo by Ricardo Esquivel on Pexels

Photo by Ricardo Esquivel on Pexels via https://www.pexels.com

Festival yang paling terkenal di Zambales adalah Mango Festival. Selama tiga hari kamu bisa makan mangga sepuasnya dengan mengikuti perlombaan makan mangga. Buah ini menjadi salah satu perlombaan utama karena Zambales memang terkenal dengan produksi mangga bahkan yang buah mangga termanis di dunia ada di sini lho sohip!

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

8. Perayaan Hari Jadi Kota di Festival Hinugyaw

Photo by PDOT Indonesia

Photo by PDOT Indonesia via http://wisatafilipina.com

Koronadal City merupakan kota yang berada di Mindanao, Filipina. Koronadal City dikenal juga dengan nama Marbel, kota kelas tiga di provinsi Cotabato Selatan. Koronadal City juga dikenal sebagai ‘Mahkota dari Selatan’ dengan lembah di antara pegunungan Roxas dan Quezon. Kota ini merupakan perpaduan antara kota modern dan gaya hidup pedesaan.  Koronadal City memiliki festival yang diadakan setiap bulan Januari yaitu Hinugyaw Festival. Festival ini merupakan perayaan untuk hari jadi kota. Selain itu, juga ada Koronadal International Folklore Festival.

9. Festival Gawagaway yan, Festival Filipina Yang Mirip Dengan Tradisi 17-an

Photo by PDOT Indonesia

Photo by PDOT Indonesia via http://wisatafilipina.com

Cauayan City berada di Provinsi Isabela dan merupakan salah satu objek wisata di Filipina yang menyediakan beragam kegiatan dan destinasi menarik. Cauayan City kaya akan tanah pertanian yang luas dengan warisan budaya yang melimpah. Penduduk asli Cauayan City adalah suku Gaddang. Kota ini merayakan tradisi atas panen yang melimpah dengan menggelar festival tahunan Gawagaway-yan yang biasa diselenggarakan pada tanggal 30 Maret-13 April. Perayaan ini menampilkan kompetisi tarian jalanan, pawai kendaraan hias, dan juga aneka kegiatan yang diikuti berbagai suku.

10. Menonton Atraksi Koboi dan Pesta Daging Sapi di Festival Rodeo

Photo by @jijodeguzman on Instagram

Photo by @jijodeguzman on Instagram via https://www.instagram.com

Provinsi Masbate merupakan sebuah provinsi kepulauan yang berada di tengah kepulauan Filipina. Masbate mempunyai julukan sebagai ‘Home of Philippine Rodeo’ karena terdapat peternakan sapi yang digembalai oleh koboi dan aksi berkuda mereka yang keren. Kalau kamu ke sini, kamu bisa coba merasakan hidup sebagai seorang koboi tentunya dengan arahan dari warga sekitar. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke Texas lagi nih sohip! Provinsi ini juga memiliki beragam festival dan masih berhubungan dengan dunia peternakan, salah satunya Festival Rodeo yang mempertontonkan koboi menggembala ratusan sapi mereka. Selain menonton pertunjukkan, kamu juga bisa mencicipi daging sapi segar selama festival berlangsung. Kalau begini, rasa jenuh terobati, nutrisi di perut juga terpenuhi, ya!

Itu dia sohip, festival di Filipina yang bisa kamu datangi! Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aquarian girl who loves read and write.

CLOSE