#WisataFilipina-5 Destinasi Liburan Jelajah Waktu Anti-Mainstream di Ibu Kota Filipina

Wisata napak tilas sejarah peradaban sekaligus menikmati ikon kota Manila saat ini.

Sebelum pandemi Covid-19 menerjang tahun lalu, aku dan seorang teman berniat melakukan perjalanan napak tilas ke beberapa negara Asia Tenggara termasuk Filipina. Ibu kota Manila menjadi tujuan utama wisata ransel alias backpacker kami ke berbagai tempat bersejarah dan ikonik ketika menginjakkan kaki di Filipina.

Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat kami harus mengatur ulang jadwal liburan ke Filipina sembari mengumpulkan pundi-pundi tabungan.

Advertisement

1. Binondo Chinatown

Photo by Gian Marco from Pexels

Photo by Gian Marco from Pexels via https://www.pexels.com

Konon Binondo adalah kawasan pecinan tertua di dunia yang menyediakan berbagai pengalaman wisata napak tilas jejak lampau hingga kuliner yang menggugah selera.

Menyusuri jalan setapak kota lama Binondo sertamengunjungi tempat ibadah dengan arsitektur lawas seperti Seng Guan Temple dan Binondo Church adalah beberapa destinasi liburan seru idaman kami.

Advertisement

2. Masjid Al Dahab

Photo by PNA/Avito C. Dalan

Photo by PNA/Avito C. Dalan via https://files01.pna.gov.ph

Masjid Al Dahab alias Manila Golden Mosque and Cultural Center adalah salah satu saksi bisu peradaban Islam di Kota Manila, Filipina.

Mulai dibangun pada 4 Agustus 1976, Masjid Al Dahab adalah tempat ibadah umat Islam terbesar di Manila dan menjadi salah satu destinasi ziarah warga Muslim dari berbagai negara.

3. Intramorus Walled City

Advertisement
Photo by Wander Fleur on Unsplash

Photo by Wander Fleur on Unsplash via https://unsplash.com

Intramorus di Walled City menjadi destinasi sejarah berikutnya karena merupakan kawasan kuno di Manila yang dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan mulai dari era Majapahit, Kesultanan Brunei, hingga Spanyol.

Di sekitar area Intramorus ini juga berdiri tempat bersejarah lain seperti Fort Santiago dan Gereja San Agustin yang dibangun ketika era kedudukan Spanyol.

4. Manila Ocean Park

Photo by Manila Ocean Park on manilaoceanpark.com

Photo by Manila Ocean Park on manilaoceanpark.com via https://cmsapi.manilaoceanpark.com

Setelah napak tilas kisah lampau, kini saatnya untuk mengunjungi salah satu ikon kota Manila saat ini, yaitu wahana air terbesar di Asia Tenggara bernama Manila Ocean Park.

Manila Ocean Park adalah rumah bagi 14 ribu makhluk laut yang dilengkapi dengan tunnel sepanjang 25 meter yang membuat kami menikmati sensasi berjalan di bawah laut.

5. Manila Bay

Photo by Sebastian Voortman from Pexels

Photo by Sebastian Voortman from Pexels via https://www.pexels.com

Destinasi kami selanjutnya adalah Manila Bay. Area pinggir pantai yang menjadi saksi bisu interaksi para warga kota Manila dan juga pelancong dari berbagai negara dari masa ke masa.

Suasana terbaik menikmati Marina Bay adalah ketika senja diiringi jingga sang surya sembari ditemani es kelapa muda di pinggir pantai.

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. 

Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. 

Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE