#WisataFilipina-Destinasi Impian Coron Island, Surga Tersembunyi di Filipina

Filipina adalah salah satu negara yang menjadi list liburan ku di masa depan nanti, yaitu Coron Island yang membuat diriku mengagumi keindahan tempat wisata tersebut dan menjadi destinasi impianku. Letak Coron Island sendiri berada di Kepulauan Calamian di utara Palawan di Filipina, pulau ini berada sekitar 170 mil laut (310 km) sebelah barat daya Manila, pulau ini juga dikenal masyarakat karena adanya beberapa rongsokan kapal perang Jepang yang ditinggalkan semenjak Perang Dunia II, bahkan pulau ini sendiri dilindungi oleh beberapa hukum.

Advertisement

1. Penduduk Asli Coron Island

Wilayah penangkapan ikan di kepulauan Coron sendiri mencangkup wilayah dari para leluhur, yaitu orang-orang Tagbanwa yang bisa dibilang penduduk asli Coron Island. Bahkan telah diresmikan pada tanggal 5 Juni 1998, dan orang-orang asli Coron Island mengenalnya dengan nama “Calis” diantaranya orang-orang Tagbanwa dan Coron.

2. Luas Pulau

Bentangan Coron Island

Bentangan Coron Island via http://www.cnnindonesia.com

Coron Island sendiri sendiri memiliki ukuran panjang pulau sekitar 20 kilometer (12 mil) dari utara ke selatan dan titik lebar Coron Island membentang 9 kilometer (5,6 mil). Coron Island juga bisa dibilang tempat indah yang hampir sama seperti “Raja Ampat”, dengan banyaknya tebing-tebing curam yang mengelilingi 11 danau yang terletak di medan yang cukup berat dan 3 diantaranya sendiri langsung terhubunga ke laut lepas. 

Advertisement

 

3. View Selam Permukaan

Hamparan Trumbu Karang

Hamparan Trumbu Karang via http://www.wisatafilipina.com

Bukan saja pemandangan hamparan tebing-tebinga saja yang membuat diriku memasukan Coron Island kedalam list ku tetapi, disekitar bangkai kapal rongsok bekas Jepang memiliki formasi batuan dan trumbu karang  yang sangat teramat  indah yang memungkinkan untuk menjadi tempat selam permukaan (snorkeling) dengan jarak pandang di bawah laut membentang hingga 80 kaki (24 m).

Bahkan Coron Island sudah sangat dikenal menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara sekalipun untuk penyelaman diantara puing kapal (Wreck Dicing).

Advertisement

4. Tempat Pilihan Bagi Penyelam Permukaan

Wisatawan Selam Permukaan

Wisatawan Selam Permukaan via http://www.wisatafilipina.com

Tempat penyelam yang paling terkanl di Coron Islan ialah, “Gua” Katedral karena pada saat tertentu siang hari, seberkas cahaya matahari masuk melalui sebuah lubang di langit-langit gua yang menerangi bagian dalam, sebongkah cahaya yang membjat suasana menjadi natural menambah keindahan sendiri bagi para wisatwan yang berkunjung untuk melepas penat di riuhnya perkotaan.

Para penyelam dimungkinkan untuk muncul di permukaan di dalam gua karena lubang di langit gua memungkinkan udara segar masuk. Nama gua ini berasal dari Günther Bernert, seseorang yang menjadi bagian dari kelompok penyelam pertama yang menjelajahi gua. 

5. Rute Terbaik Mneuju Coron Island

Rute Coron Island

Rute Coron Island via http://www.wiranurmansyah.com

Mungkin memang tidak mudah untuk mengunjungi tempat seindah Coron Island, tetapi mungkin bagi para wisatawan bisa menggunakan jalur yang sudah banyak berada di situs wisata. Untuk menuju Pulau Palawan, kamu bisa melakukan perjalanan terlebih dahulu ke Manila yang merupakan ibukota dari Filipina.

Dari Manila kemudian penerbangan dilanjutkan ke Puerto Princessa yang merupakan sebuah ibukota dari Propinsi Palawan. Berbagai maskapai seperti Tiger Air, Jetstar dan Air Asia bisa menjadi pilihanmu.

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Yang Menuntut Ilmu Di Universitas Nasional

CLOSE